Selasa, 07 September 2010

Abuse

Broker kembali memberi peringatan pada hari Kamis minggu lalu, sehingga robot Andromeda live untuk sementara waktu dihentikan.



Peringatan ini terjadi akibat robot terlalu agresif sehingga dianggap membebani server broker. Ya sudah, sejak Kamis pagi dengan sangat terpaksa robot dihentikan. Mau tidak mau harus bongkar ulang kerangka robot untuk meminimalkan keagresifan agar tidak melanggar aturan broker.

Yang tidak disangka-sangka, ternyata broker juga complain ke perusahaan penyewaan server.



Akibatnya, server dedicated terblokir dan menyewa VPS baru pun tidak diperbolehkan.

Apes.... :)

Biasanya orang dilaporkan karena melakukan sexual abuse, yg ini lain... Trading abuse :)

Itulah kata sahabat saya begitu mengetahui hal ini.

Tetapi 6 buah VPS yang digunakan untuk demo forward masih aman karena berada di perusahaan penyewaan server lain. Yang terblokir hanyalah server untuk live account saja.

Kejadian ini memang merupakan kemunduran, tetapi bukankah untuk maju selalu ada saja hambatan?

Jadi... ya harus tetap maju terus, apapun hambatannya.

Rencana selanjutnya adalah bongkar ulang robot, minimalkan agresifitas, dan lakukan demo forward test dengan VPS yang tidak terblokir.

Semoga hikmah kejadian ini, akhirnya dapat diciptakan robot yang lebih baik.


MENJAWAB PERTANYAAN BOB:

MyFxBook.com menampilkan transaksi robot yang sudah terfilter, dimana yang ditampilkan hanyalah transaksi yang benar-benar terjadi saja (market order). Sedangkan pending order yang expired atau cancel, tidak ditampilkan.

Oleh karenanya yang tampak di MyFXBook.com hanya 45 transaksi.

Padahal yang sebenarnya terjadi adalah seperti dibawah ini:



Robot menggunakan pending order sebagai upaya untuk meminimalkan resiko. Hal ini dilakukan agar tidak terjebak dalam sideways (meskipun kenyataannya kadang kala masih terjebak dan akhirnya loss).

Terlalu banyak pending order inilah yang dipermasalahkan oleh broker.

Ibarat seorang pembeli masuk ke dalam toko, robot hanya mondar mandir keluar masuk toko tanpa membeli barang satupun. Seandainya akhirnya membeli, itupun dilakukan setelah berkali-kali keluar masuk toko tersebut. Tentunya lama kelamaan si pemilik toko akhirnya jengkel dan marah, seperti itulah yang terjadi :)

Modar mandir tersebut dilakukan untuk mengikuti arah trend, karena dengan demikian robot akan selalu fleksibel, kemanapun arah trend bergerak akan selalu dapat diikuti.

Tetapi, akibat mondar mandir, kalkulasi robot dalam menentukan arah trend akhirnya berada pada server broker, sehingga akan menguras sumber daya server tersebut. Inilah yang tidak diperkenankan broker, kalkulasi harus dilakukan menggunakan sumber daya server robot sendiri dan tidak boleh menggunakan server broker.

Dalam bahasa sederhana, kalau sudah masuk toko ya harus langsung membeli, jangan hanya mondar mandir saja, yang kemungkinan dapat mengganggu pembeli lainnya.

Solusi masalah ini adalah membuat teleskop di server robot, dimana fungsi teleskop ini dipergunakan untuk memilih barang mana yang ingin dibeli, sehingga begitu masuk toko langsung membeli tanpa harus mondar mandir. Artinya, kalkulasi penentuan barang dilakukan pada server robot dan bukan lagi di server broker.

Bila dipikir matang, peringatan broker sebenarnya tidak mengandung sisi negatif saja, tetapi ada juga sisi positifnya.

Coba pikir, kalau jelas robot ini jelek kinerjanya sehingga account dalam waktu tidak lama akhirnya amblas, buat apa repot-repot memperingatkan untuk menghentikan robot. Toh tidak lama lagi akan berhenti dengan sendirinya kalau modal sudah habis.

Robot ini tidak membuka pending order sampai ribuan, paling hanya puluhan dalam sehari, tentunya tidak akan terlalu mengganggu, tetapi kenapa sudah diperingatkan?

Jawabannya, karena broker tahu robot ini akan profitable.

Nah, repot bukan kalau kemudian teman saya ramai-ramai membuka account dan menggunakan robot ini. Yang semula hanya puluhan transaksi, akhirnya bisa sampai ribuan, oleh karenanya sejak awal sudah diperingatkan.

Yang pasti, tidak mungkin bagi kita melawan aturan broker. Oleh karenanya, sejak kamis kemarin robot dihentikan daripada nanti malah broker marah dan kemudian memblokir account karena dianggap bandel.

Lebih baik membuat robot yang memenuhi aturan broker.

Tetapi paling tidak, sudah selangkah lebih maju, berhasil membuat broker khawatir :)

2 komentar:

  1. Aduh...Padahal robot livenya sudah mulai menunjukan trend positive...
    Maaf mas mau tanya apa sih yang dimaksud dengan "Robot terlalu agresive " ?
    Apa terlalu banyak trade buy and sell ? Sebab kalau dilihat history baru 45 trade masak dibilang mengganggu ?

    BalasHapus
  2. Silahkan baca disini penjelasan kenapa sampai diperingatkan oleh broker:
    http://andromeda-trading.blogspot.com/2010/09/abuse.html

    BalasHapus