Kamis, 08 Desember 2011

Blessing EA

Pak Ary,

Terima kasih untuk balasannya beberapa waktu lalu. Membaca istilah 'turun gunung' tersebut membuat saya terbahak-bahak. Semoga persepsinya saya 'turun gunung' dalam wujud manusia yah, pak.. kalau dalam wujud si tukang maling pisang... wah, bisa repot.. :)

Sebelum saya kembali 'naik gunung' untuk bermeditasi lagi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan terlebih dulu. Beberapa hari belakangan ini saya perhatikan Pak Ary mulai fokus pada uji coba beberapa Expert Advisors dan yang paling menjadi fokus utama saat ini adalah EA Blessing.

Jika saya melihat sepintas dari gambar Screenshot, sepertinya cara kerja robot ini menggunakan metode Breakout. Apakah benar seperti itu, Pak? Jika bukan menggunakan metode breakout, bisakah Pak Ary menjelaskan bagaimana robot ini beroperasi?

Apakah ada link khusus myfxbook.com untuk account yang menggunakan EA Blessing yang bisa di-share bersama-sama supaya pembaca lainnya juga bisa ikut memantau lebih detail lagi, Pak? Jika tidak keberatan, apakah mungkin saya bisa mendapatkan info tentang setting EA tersebut?

Mengenai broker, tidak perlu kuatir dengan tanggapan miring dari pembaca yang 'kepedasan', Pak Ary. Justru disini kami yang benar-benar butuh pengetahuan sangat mengharapkan komentar sebenarnya tentang kualitas dan performa broker yang digunakan.

Seperti yang pernah saya sampaikan, jikalau Pak Ary menyampaikannya secara subyektif pun itu sangat dimaklumi mengingat ini adalah blog pribadi Pak Ary. Seandainya blog Andromeda adalah media publik seperti ka$ku$.com maka sudah jelas berbagai macam tanggapan atau komentar yang normal sampai abnormal pun akan dianggap wajar.

Sampai sejauh ini saya malah tidak menemukan artikel manapun yang mengulas tentang broker dalam bentuk yang subyektif. Semuanya tersampaikan secara obyektif. Jadi tidak perlu kuatir tentang tanggapan-tanggapan atau komentar-komentar yang sifatnya 'pedas'.

Jika diperlukan maka saya akan 'turun gunung' langsung untuk menghadapi hal-hal semacam itu jika terjadi lagi. Jadi, ceritakan saja apa yang Pak Ary ingin sampaikan tentang apapun di Forex ini dengan tenang. ;)


Regards,
Aras



Pak Aras,

Maklum saja, kalau dahulu Pak Aras paling tidak sebulan sekali menulis untuk blog ini, tetapi dalam beberapa bulan terakhir ini tidak. Karena itu saya pikir Pak Aras sedang sibuk "bersemedi". Hanya saja akibat adanya komentar pedas kemarin, akhirnya "semedi" Pak Aras menjadi terganggu dan terpaksa "turun gunung" untuk turut membantu :)

EA Blessing adalah EA yang sangat kompleks dimana ukuran filenya saja sampai 140 kilobyte. Jarang-jarang EA yang memiliki ukuran file sebesar ini. Fitur yang disediakan EA ini sangat banyak, mulai dari equity protection sampai holiday protection.

Pak Aras dapat membaca perihal cara kerja, fitur yang disediakan, maupun mendownloadnya disini: Blessing 3. Sedangkan untuk setting dan panduan penggunaannya dapat dibaca disini: Blessing Manual & Setting

EA ini kinerjanya lumayan baik, hanya saja diperlukan modal yang cukup untuk menahan floating loss apabila tidak ingin terkena margin call. Kelemahan Blessing adalah cenderung menahan floating loss yang cukup besar. Sepanjang trend masih naik turun normal maka kemungkinan besar floating loss tersebut dapat berubah menjadi profit.

Kelemahan lain, bila terdapat kejadian luar biasa yang mengakibatkan trend naik turun tajam maka dapat mengakibatkan margin call. Hal ini dapat Pak Aras baca disini: Blessing Real Account

Perihal pantauan myfxbook.com, Pak Aras dapat memantau uji coba berbagai broker dengan menggunakan EA Blessing di alamat ini: Multi Broker Test. Sedangkan untuk uji coba berbagai EA Blessing yang ditampilkan di myfxbook.com dapat dilihat disini: Blessing Search Result dan kemudian klik System tab yang terletak pada atas halaman tersebut.


Oleh karena itu maka pembuatnya membuat beberapa robot baru yang jauh lebih aman daripada Blessing. Hanya saja robot-robot lain tersebut adalah robot berbayar dan tidak gratis seperti Blessing.

Mohon doa dan partisipasinya Pak Aras, semoga banyak dari para pembaca bersedia memberikan dukungan berupa klik iklan. Bila nantinya jumlah penghasilan iklan telah mencukupi maka rencananya akan dibeli EA berbayar tersebut sehingga bisa diuji coba disini.

Sebenarnya saya tidaklah fokus ke EA, masih lebih merasa nyaman dan aman menggunakan manual daripada EA :)

Hanya saja daripada EA lain yang pernah di uji coba, Blessing ini yang terbaik (meskipun dapat mengakibatkan margin call). Blessing memerlukan waktu yang lebih lama untuk margin call dikarenakan adanya equity protection dimana bila equity drop ke level tertentu maka trading akan dihentikan. Sedangkan EA lain tidak dilengkapi fitur ini, akibatnya modal langsung amblas.

Fokus utama saat ini bukanlah untuk menguji Blessing, tetapi lebih tertuju kepada menguji broker. Blessing dari hasil pengujian sebelumnya sudah diketahui kelemahan dan kelebihannya. Hanya saja dikarenakan waktu itu Pak Robby masih belum puas, maka dilakukan pengujian ulang terhadap Blessing sekaligus untuk menguji broker. Sambil menyelam, minum air :)

Maklum saja Pak Aras, banyak yang menanyakan broker A bagus tidak Pak? Broker B gimana Pak? Meskipun sebenarnya saya sendiri malas untuk mnguji broker, terutama broker-broker lokal atau broker luar yang memiliki IB disini. Tetapi dikarenakan banyak yang menanyakan dan juga untuk menolong agar yang menanyakan tidak sampai kejeblos karena hanya tertarik mengejar bonus, maka akhirnya digunakan Blessing untuk melakukan pengujian broker.

Tentunya pengujian akan lebih obyektif bila yang melakukan pengujian adalah EA yang tidak memiliki emosi maupun kepentingan apapun. Dengan cara ini, yang membuktikan broker tersebut bagus atau tidak bukanlah komentar atau pendapat saya pribadi (yang katanya subyektif dan terlalu memaksakan :) ), tetapi kinerja EA tersebut.

Hasil dari EA Blessing yang nantinya akan menunjukkan broker tersebut baik atau tidak.

Meskipun hasil uji coba masih jauh dari valid dikarenakan uji coba dilakukan di demo account dan bukan di live account, tetapi paling tidak sudah dapat memberikan gambaran sekilas bagaimana broker tersebut.

Pada broker market maker, umumnya demo account cenderung lebih baik daripada live account. Sehingga belum tentu bila pada uji coba demo menghasilkan profit kemudian nantinya di live account akan menghasilkan profit juga.

Dengan menggunakan prinsip bahwa demo account memiliki kondisi yang lebih baik daripada live account, bila dari hasil uji coba tersebut EA sudah menunjukkan kinerja yang buruk, bayangkan bagaimana di live account nanti. Sudah jelas kinerjanya akan lebih buruk lagi :)

Satu hal yang pasti, blog ini adalah satu-satunya sumber informasi yang mengulas broker secara mendalam. Silahkan coba lakukan Googling, tidak ada satupun situs web atau blog, baik dari dalam atau luar negeri, yang pernah melakukan pengujian broker secara mendalam sebagaimana dilakukan di blog ini.

Kebanyakan situs hanyalah mengumpulkan dan menampilkan komentar-komentar pengalaman users saat menggunakan broker tertentu. Sehingga komentar-komentar tersebut cenderung bersifat subyektif. Maklum saja, tidak semua yang pernah menggunakan sebuah broker kemudian dapat disebut trader professional yang memiliki pengetahuan yang mendalam sehingga kadang kala komentarnya juga ngawur :)

Karena itu, saya selalu menghindari berkomentar atau berpendapat yang tidak memiliki dasar sama sekali. Tiap kali menulis artikel perihal broker atau apapun, selalu disertakan screenshot yang menunjukkan keadaan saat dilakukan pengujian. Screenshot tersebutlah yang dijadikan dasar untuk berpendapat dan berkomentar dikarenakan memang seperti itu fakta yang terjadi pada saat dilakukan pengujian.

Tetapi sekarang, dengan adanya EA Blessing maka pengujian dapat dilakukan dengan lebih obyektif daripada sebelumnya. Kalau pengujian sebelumnya saya yang selalu memberikan pendapat, tetapi kali ini yang berpendapat adalah EA Blessing dengan menunjukkan angka-angka yang dihasilkannya.

Oleh karenanya, sebelumnya saya tulis artikel berjudul Multi Broker Test 1 - 3 dimana isi artikel-artikel tersebut ditujukan agar para pembaca dapat lebih memahami bagaimana cara membaca angka-angka yang diberikan oleh EA Blessing.

Dengan memahami angka-angka tersebut maka para pembaca akan bisa berpendapat sendiri perihal broker tertentu (seperti yang dilakukan oleh Pak Fitra dengan memberikan komentar), tanpa saya harus berpendapat atau berkomentar yang nantinya malah dapat dianggap subyektif :)

Saya bukannya khawatir bila memberikan pendapat, hanya malas saja menanggapi hal-hal yang tidak enak seperti itu, buang waktu dan energi :)

Kebanyakan dari kita, pada umumnya selalu marah dan ngotot kalau belangnya ketahuan. Meskipun cara ini tidaklah baik, tetapi herannya banyak yang melakukan hal seperti ini :)

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dibangun untuk saling menguntungkan. Bisnis seperti inilah yang akan langgeng sepanjang masa meskipun badai menerjang. Sebodoh-bodohnya orang, kalau ditipu terus menerus tentunya lama kelamaan akan sadar juga dan akan pergi meninggalkannya.

Tujuan blog ini hanya satu, yaitu untuk menolong yang awam agar paham betul hitam putihnya dunia trading sehingga tidak mudah tertipu atau kejeblos seperti yang pernah saya alami sendiri dahulu di kala awal-awal mengenal dunia ini.

Tidak ada keuntungan apapun yang saya peroleh, paling-paling keuntungan yang dapat diperoleh adalah dari hasil iklan, itupun kalau ada yang bersedia mengklik :)

Oleh karenanya blog ini sangat independent, obyektif, dan tidak berpihak pada broker manapun.

Perihal VantageFX yang bannernya ditampilkan disini, dikarenakan saat ini memang yang terbaik. Hasil uji coba sebelumnya sudah membuktikan hal tersebut dan masih ditambah lagi dengan hasil uji coba broker saat ini. Tetapi bila suatu hari nanti VantageFX berbuat curang, tentunya akan segera ditinggalkan seperti yang saya lakukan terhadap GoMarkets.

Karena itu, bila ada yang sudah gatal ingin berkomentar "pedas", silahkan saja

Tulis saja yang panjang dan kalau perlu yang "extra pedas" :)

Bukan saya yang akan turun tangan menanggapi, Pak Aras saja sudah bersedia "turun gunung"

Itupun masih ada tambahannya, Anda akan dikeroyok beramai-ramai oleh Pak Agus, Pak Irfansyah, Pak Mahadi, Pak Mahfud, Pak Samuti, Pak Fitra, Pak Hadi, Pak Yulianto, Pak Robby, dan para pembaca lain yang namanya tidak dapat disebut satu persatu.

Terima kasih sebesar-besarnya atas pembelaan dan dukungan yang diberikan.

12 komentar:

  1. pak apakah ada perbedaan revenue yg didapat jika kita hanya mengklik iklan tsb trus langsung exit, dengan klik + jelajah iklan tsb? Kyanya kalo cuma klik doank kasian juga tu iklannya, hahaha

    BalasHapus
  2. Saya sendiri juga tidak begitu paham cara Google melakukan deteksi.

    Tetapi tentunya lebih baik tiap kali membuka blog ini cukup maksimal 3 kali klik menjaga agar tidak di banned dan kemudian setelah situs iklan terbuka, disana lakukan 1-2 klik pada link sembarang yang ada di situs iklan tersebut.

    Sehingga robot Google akan mendeteksi seolah-olah iklan tersebut dibaca. Cara ini mungkin lebih baik daripada begitu situs klik iklan tersebut terbuka, langsung ditutup lagi.

    Perbedaan revenue sepertinya dihitung dari lokasi asal pengunjung dimana yang berasal dari US, revenue kliknya dihitung lebih tinggi.

    Pak Irfansyah tentunya membaca artikel beberapa hari lalu dimana penghasilan mencapai $10 dalam sehari. Pada hari itu yang terbanyak klik berasal dari US yaitu sekali klik bisa mencapai $2-$3 sedangkan klik yang berasal dari sini sekali klik sangat rendah hanya $0,03

    Curang ya, bedanya 100x lipat :)

    Asal Pak Irfansyah tahu, yang melakukan klik pada hari itu sebenarnya saya sendiri dengan menggunakan VPS yang berlokasi di US :)

    Sehingga oleh Google dianggap klik pengunjung US padahal saya sendiri yang mengklik dengan menggunakan VPS :)

    Kalau tidak dengan cara ini, kapan penghasilan iklan dapat meningkat dan bisa beli EA :)

    Semoga saja hal ini dapat dilakukan terus, tetapi saya pun tidak dapat mengklik banyak-banyak, kalau sampai di banned malah repot :)

    Oleh karenanya bagi pembaca yang memiliki VPS di luar negeri, bila tidak merasa keberatan mohon lakukan klik iklan dari VPS tersebut dikarenakan hasilnya jauh lebih besar.

    BalasHapus
  3. Misalkan kita browsing blog bapak melalui situs penyedia proxy anonymous kaya flyproxy.com atau unblock-web.com kira2 bisa membantu gak pak?

    BalasHapus
  4. Bisa, yang penting ip address berubah dan semoga saja dianggap berlokasi di US

    BalasHapus
  5. yah moga saja ya pak, karena kan byk situs pnyedia proxy anonymous,,tadi barusan test,,kalau malam hari suka eror, maklum aksesny pake t-sel!

    BalasHapus
  6. Coba pakai CDMA seperti sm*rtfr*nd atau bakrie ah*, saat ini justru lebih baik daripada GSM.

    Sebelumnya saya menggunakan GSM untuk koneksi cadangan, tetapi ternyata lebih lamban dan akhirnya beralih ke sm*rt.

    Koneksi CDMA atau GSM sangat tergantung kuatnya sinyal di lokasi, karena itu beli simcard CDMA tersebut yang murah dengan pulsa minimal untuk uji coba terlebih dahulu, jangan langsung beli paket yang mahal.

    Nantinya bila terbukti lebih kencang, barulah gunakan paket supaya lebih hemat.

    BalasHapus
  7. Selain itu, paket CDMA juga jauh lebih murah dan hemat daripada GSM. Silahkan dicoba dan buktikan sendiri :)

    BalasHapus
  8. hahaha,jadi lucu setelah tau pak ary ngeklik sendiri pakai vps :D

    BalasHapus
  9. Hehehe...sebenarnya awalnya gak sengaja, cuma coba-coba klik dan ternyata hasilnya besar.

    Kemarin sewa 1 buah VPS murah, hanya $9,99 untuk iseng-iseng belajar Linux. Maklum selama ini saya pengguna Windows dan sama sekali tidak mengenal Linux.

    https://my.vpslime.com/cart.php

    Daripada capek install Linux sendiri dan setelahnya kalau bingung juga tidak ada yang bantuin, mending sewa, toh murah dan kalau bingung tinggal email ke support untuk minta bantuan :)

    Dan ternyata Linux memang bikin bingung :)

    Untung ada support sehingga lumayan terbantu, sekarang VPS tersebut hanya saya gunakan sekedar untuk utak-atik belajar Linux dan untuk klik 3-5 kali. Lumayan, dalam 2-3 hari biaya sewa VPS Linux sudah ketutup :)

    Semoga saja hasilnya bisa konsisten, bila sewa VPS Linux ini maupun VPS EA sudah ketutup dan ternyata masih ada lebihnya yang cukup maka dapat digunakan untuk membeli EA sehingga dapat diuji coba bersama.

    BalasHapus
  10. Sebenarnya kalau ada beberapa pembaca yang bersedia dan tidak merasa keberatan, sewa saja VPS disitu.

    Cuma sejak awal sudah harus bilang ke suppot agar minta diinstall browser Firefox dan VNC untuk akses remote sehingga tidak perlu bingung-bingung lagi install sendiri dengan Linux (yang sulit dikarenakan segalanya serba diketik manual seperti layaknya menggunakan MS-DOS di PC x386 jaman dahulu :) ) dan langsung tinggal pakai VPS tersebut.

    Misalnya dengan cara ini akhirnya bisa dihasilkan konsisten minimal $10 saja tiap hari, tentunya pembiayaan VPS dan juga membeli EA tidak akan menjadi masalah lagi dikarenakan pembiayaan mencukupi.

    Hanya saja untuk menghindari deteksi, pengguna VPS dibagi beberapa grup dimana tiap grup hanya melakukan klik 2 hari sekali dan tidak tiap hari. Klik pun dilakukan bergantian di halaman berbahasa Inggris saja yaitu di alamat EA, ENG, BOOKS, VIDEO sehingga seolah-olah bule asli :)

    Tetapi hal ini hanyalah sekedar ide, bila merasa berat juga tidak apa-apa.

    Alternatif lain, seandainya merasa berat dengan biaya sewa VPS $9,99 tersebut, bisa kirim no rekening BCA dimana nantinya dari hasil yang diperoleh akan saya transfer pengganti $9,99.

    Hanya saja hal ini masih beresiko karena belum diketahui apakah cara ini dapat bertahan lama atau tidak. Bila bisa bertahan lama dan tidak terdeteksi maka penggantian biaya dapat dilakukan.

    Tetapi kalau tidak bertahan lama, resikonya akan kehilangan hanya $9,99 :)

    BalasHapus
  11. Alternatif lain, menggunakan Windows VPS yang murah dengan harga sekitar $10 dan bukan Linux sehingga dapat digunakan juga untuk uji coba EA pribadi masing-masing.

    Hanya saja VPS tersebut harus berlokasi di USA supaya nilai kliknya tinggi.

    BalasHapus
  12. http://www.ucvhost.com/VPS/EntryLevelVps/EntryLevelVps.aspx

    Pilih yang VPS Lite, cukup untuk browsing dengan FireFox atau Chrome sehingga klik dapat dilakukan. Dan sekaligus juga bisa menjalankan berbarengan sampai maksimal 5 EA di 5 buah Metatrader berbeda.

    VPS juga berlokasi di Dallas, USA dan harganya malah lebih murah hanya $8,49.

    Siapa berminat? :)

    BalasHapus