Rabu, 14 Desember 2011

Idea: Andromeda Trading Contest

Sebuah kalimat yang pernah ditulis oleh Pak Irfansyah mengganggu pikiran saya, kalimat tersebut adalah:

tapi bukannya saya tidak ingin meluangkan waktu banyak untuk trading pak, karena memang saya hanya bisa pada waktu tersebut (19-22/23.00), dan pagi - sore saya habiskan untuk ngantor buat cari modal trading sendiri pak nantinya

Kemudian pada tulisan berikutnya dipertegas dengan kalimat berikut ini:

Walaupun saya masih lama untuk memulai akun real

Sebelumnya mohon maaf sebesar-besarnya kepada Pak Irfansyah, akan tetapi dari 2 kalimat diatas sudah dapat dengan jelas disimpulkan bahwa problem utama Pak Irfansyah adalah modal.

Saya rasa problem modal tidak hanya terjadi pada Pak Irfansyah, tetapi mungkin problem dari banyak trader Indonesia. Hal inilah yang kemudian mengganggu pikiran saya berhari-hari sehingga akhirnya timbul sebuah ide baru sebagai solusi permasalahan tersebut.

Ide baru ini disamping untuk memajukan blog ini, juga untuk memajukan para trader Indonesia yang kekurangan modal. Selain itu nantinya juga dapat diperuntukkan sebagai sarana untuk mempertemukan antara trader dengan yang memerlukan jasanya.

Oleh karenanya, kenapa tidak kita buat saja trading contest?

Toh masalah pendanaan dapat diperoleh dari iklan, kemarin Pak Mahadi sudah menunjukkan caranya pada kolom komentar untuk kita semua bagaimana agar klik dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Seandainya ternyata nantinya tidak banyak yang memberikan dukungan partipasi klik sehingga pendanaan tidak mencukupi, maka akan saya tanggung sendiri kekurangannya :(

Tentunya ide ini lebih baik dan lebih bermanfaat daripada dana tersebut digunakan untuk membeli EA Komersial. Yang pasti, penjual EA Komersial pada umumnya adalah situs luar negeri. Sehingga apabila dana tersebut dibelikan EA maka devisa (meskipun nilainya tidak seberapa :) ) akan lari ke luar negeri.

Kita sendiri tidak akan pernah maju, justru yang maju penjual robot tersebut.

Itupun kalau EA tersebut sesuai dengan promosinya. Kalau hasil forward test nantinya ternyata jeblok, ya hanya buang uang sia-sia. Harus mengumpulkan dana lagi, membeli EA Komersial lain, kemudian melakukan forward test ulang berbulan-bulan bahkan mungkin sampai tahunan, sampai nantinya dapat ditemukan EA Komersial yang benar-benar baik kinerjanya.

Salah satu contoh adalah EA Million Dollar Pips yang promosinya gencar dan banyak yang membelinya. Faktanya ternyata tidaklah sebaik yang dipromosikan. Belum lagi ditambah informasi dari Pak Abudiva dimana EA yang dijual saat ini rata-rata menggunakan proteksi Guardian sehingga tidak bisa di crack maupun dicopy.

Kenapa tidak potong kompas dengan mengadakan trading kontes sendiri? Siapa tahu diantara pembaca atau dari forum-forum tetangga ternyata terdapat trader jagoan tetapi kurang modal seperti halnya Pak Irfansyah :)

Kegiatan ini dapat diperumpamakan seperti memberi beasiswa untuk murid teladan. Kalau tidak diadakan kegiatan seperti ini dimana kita harus bersedia sedikit berkorban untuk memajukan yang lain, kapan bangsa ini bisa maju.

Andaikan nanti kegiatan ini dapat dilangsungkan terus menerus tentunya suatu hari nanti akan makin banyak trader professional di tanah air kita ini.

Selain itu bila memperhatikan yang terjadi selama ini, yang menyelenggarakan trading contest pada umumnya adalah broker. Perhatikan saja trading contest yang diselenggarakan oleh myfxbook.com, sponsornya adalah broker sedangkan myfxbook.com hanyalah sekedar penyelenggara yang berfungsi sebagai penyedia tempat dilaksanakannya trading contest tersebut. Hadiah tetap saja berasal dari broker sponsor dan bukan dari myfxbook.com.

Trading contest lokal pun sama saja, rata-rata penyelenggaranya adalah broker dimana ditujukan untuk faktor komersial yaitu untuk mempromosikan broker tersebut agar lebih dikenal sehingga nantinya makin banyak klien yang mendaftarkan diri.

Nah, kalau kemudian blog ini melakukan trading contest, disamping blog ini menjadi lebih maju selangkah, juga akan banyak manfaat lain yang diperoleh dari kegiatan ini.

Kalau selama ini dikenal sebagai satu-satunya blog yang membahas dan menguji broker secara mendalam, nantinya akan mendapat predikat tambahan yaitu menjadi blog pertama kali di dunia yang menyelenggarakan live trading contest :)

Bosan dong bila blog ini isinya hanya tanya jawab melulu, membahas broker melulu, atau menguji coba EA. Sekali-kali dibuat lain daripada yang lain agar dapat menjadi lebih menarik dengan mengadakan trading contest sendiri :)

Tujuan trading contest ini pun bukanlah untuk tujuan komersial seperti halnya yang diselenggarakan oleh para broker, tetapi untuk lebih menggugah semangat agar dapat tercipta trader-trader baru yang jagoan. Selain itu juga sebagai jembatan untuk mempertemukan mereka yang professional dengan mereka yang membutuhkan.

Kontes akan dilakukan 2 tahap yaitu tahap pertama adalah demo trading dengan modal $100 selama 5 minggu dan kemudian peringkat 3 besar yang lolos tahap pertama akan melanjutkan babak selanjutnya yaitu live trading dengan modal sama yang juga akan berlangsung selama 5 minggu.

Kedua tahapan tersebut, demo maupun live, akan menggunakan broker GoMarkets dikarenakan pada broker ini tidak terdapat batasan modal minimal seperti halnya pada VantageFX dan Pepperstone. Selain itu, dari hasil uji coba broker minggu lalu telah diketahui bahwa perbedaan antara GoMarkets, VantageFX, dan Pepperstone hanya beda tipis. Sehingga tidak masalah apabila digunakan GoMarkets sebagai broker yang digunakan untuk trading contest.

Peraturan kontes pun sangat sederhana yaitu dipersilahkan menggunakan cara apapun agar profit sebesar-besarnya dapat diperoleh dan modal $100 menjadi berlipat ganda. Trading boleh dilakukan secara manual maupun menggunakan EA.

Hanya saja, peserta diperkenankan mengalami drawdown maksimal sampai dengan setengah dari modal. Bila drawdown yang terjadi lebih dari setengah maka peserta akan dianggap gagal.

Sebagai contoh, modal yang digunakan adalah 100. Bila peserta tersebut mengalami loss terus menerus sampai akhirnya jumlah Balance mencapai 49 maka akan dianggap gagal. Atau, bila peserta tidak menggunakan SL sehingga entry mengalami floating loss cukup besar yang mencapai lebih dari 50 (setengah dari modal) dimana akibat hal ini jumlah Equity menjadi kurang dari separuh modal, maka akan dianggap gagal.

Oleh karenanya, harus digunakan SL dan akurasi pun harus cukup baik agar nilai Balance maupun Equity tidak sampai menjadi separuh modal.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka nantinya seluruh account peserta dipantau oleh EA di VPS. Fungsi dari EA ini adalah memantau jumlah Balance maupun jumlah Equity. Bila jumlah Balance mencapai kurang dari separuh modal maka tiap kali trading dilakukan akan otomatis di close oleh EA sehingga trading berikutnya tidak dapat dilakukan lagi.

Atau bila entry dibiarkan floating loss tidak menggunakan SL sehingga Equity mencapai kurang dari separuh modal, maka EA tersebut juga akan secara otomatis melakukan close dan trading selanjutnya tidak dapat dilakukan lagi.

Hal ini perlu dilakukan agar nantinya yang menjadi juara adalah trader yang benar-benar terbukti jagoan dan bukan menjadi juara karena keberuntungan dimana yang semula floating loss besar kemudian karena trend berbalik arah akhirnya berubah menjadi profit :)

Selain itu, bila nantinya dapat terwujud kegiatan jasa managed account, agar sejak awal sudah terbiasanya disiplin mengusahakan drawdown seminimal mungkin. Sehingga nantinya bila sudah menggunakan dana klien maka drawdown maksimal hanya sampai separuh dari modal dan bukan habis sama sekali.

Kalau sampai habis sama sekali, itu namanya bukan drawdown tetapi bangkrut :)

Oleh karenanya untuk menjaga kedisplinan dan juga untuk menghindari perbuatan curang, maka nantinya akan disiapkan VPS khusus yang memantau seluruh account yang digunakan untuk kontes.

Nantinya saat dilakukan kontes tahap kedua pun akan dilakukan hal yang sama. Dengan demikian maka loss yang terjadi pada live account hanya sampai maksimal separuh dari modal.

Oleh karenanya untuk trading contest kali ini dibatasi maksimal hanya 50 peserta. Hal ini dikarenakan harus disesuaikan dengan kapasitas VPS. Akan tetapi bila kontes ini berhasil sukses, maka pada kontes-kontes selanjutnya jumlah maksimal peserta akan ditingkatkan.

Seluruh account kontes akan saya buatkan login-nya dimana peserta yang telah mendaftar akan memperoleh Password beserta Username Gomarkets Demo Account pada 2 hari sebelum kontes tahap pertama dilangsungkan. Seluruh account akan ditampilkan dan dapat dipantau di blog ini.

Sedangkan 3 peringkat teratas yang dapat melanjutkan ke tahap kedua diwajibkan mengirimkan via email hasil scan KTP beserta nomor rekening BCA untuk transfer hadiah cash. Nama yang tertera di KTP harus sama dengan nama yang tertera pada rekening BCA. Bila tidak sama maka hadiah tidak akan ditransfer.

Untuk tahap kedua, akan saya buatkan 3 buah live account di GoMarkets dengan modal masing-masing $100. Password beserta Username Gomarkets Live Account juga akan diterima oleh peserta pada 2 hari sebelum kontes dilangsungkan.

Nah, tahap berikutnya membahas hal yang paling menarik, yaitu hadiahnya :)

Hadiahnya adalah modal $100 tersebut beserta seluruh profit yang diperoleh selama live trading 5 minggu dapat diambil seluruhnya sebagai hadiah. Withdrawal dari GoMarkets akan dilakukan oleh saya sendiri sebagai pemilik account dan kemudian dana tersebut akan ditransfer ke pemenangnya via BCA.

Dana yang di withdrawal tidak akan dipotong sepeserpun. Jumlah berapapun yang ditransfer dari GoMarkets, nantinya akan langsung ditransfer utuh ke pemenangnya. Hanya saja perlu dipahami bahwa untuk proses transfer dari GoMarkets ke rekening BCA milik saya, biasanya GoMarkets memotong biaya transfer. Akan tetapi, selain pemotongan biaya transfer, tidak akan ada pemotongan biaya lain.

Pemenang tahap kedua bukanlah hanya 1 orang tetapi bisa saja pemenangnya adalah ketiga-tiganya. Sepanjang dapat bertahan drawdown tidak kurang dari 50% modal dan mampu memperoleh profit maka berhak menerima hadiahnya yaitu berupa modal $100 ditambah dengan seluruh profit yang diperoleh.

Yang tidak diperkenankan melanjutkan tahap kedua hanyalah peserta yang mengalami drawdown sampai dibawah 50% modal dimana tradingnya akan dihentikan oleh EA di VPS. Peserta ini tidak akan mendapatkan hadiah apapun.

Tujuan trading contest adalah bagaimana caranya mengubah yang kecil menjadi besar dan bukan sebaliknya :)

Oleh karenanya digunakan modal hanya $100 dikarenakan apabila nantinya dapat berkembang menjadi jasa managed account, tentunya peminat yang menginginkan modal kecil jauh lebih banyak daripada yang bermodal besar. Dengan pertimbangan tersebut maka kontes ini hanya menggunakan modal $100.

Jangan sepelekan modal yang hanya $100.

Dari berbagai trading contest yang saya amati selama ini, rata-rata juara 1 s.d. 3 mampu menghasilkan 10 s.d. 40 kali lipat modal dalam sebulan. Oleh karenanya, seluruh profit yang dihasilkan tentunya akan lebih adil bila diberikan seluruhnya kepada pemenangnya, toh dia yang telah kerja keras untuk memperoleh profit tersebut.

Seperti diketahui, sulit menemukan jasa managed account yang dapat dipercaya. Kebanyakan tipu dikarenakan mereka sebelumnya telah bekerja sama dengan broker sehingga kalau modal milik klien habis pun maka penyedia jasa managed account tetap saja untung dikarenakan mendapat komisi dari broker.

Demikian pula untuk menemukan EA yang baik kinerjanya, juga sangat sulit ditemukan. Padahal saya yakin di tanah air kita ini sangat banyak trader-trader yang jagoan. Oleh karenanya, kenapa tidak digali saja dan ditemukan dengan cara mengadakan trading contest.

Tentunya dengan diselenggarakan trading contest ini nantinya akan diketahui trader mana saja yang benar-benar jagoan. Nah, trader-trader inilah yang akan melakukan managed account dan sebagai klien pertamanya adalah modal saya, yang digunakan sebagai kelinci percobaan terlebih dahulu :)

Bila nantinya modal saya aman-aman saja dan justru profit barulah nantinya menyusul account-account lain bila diantara para pembaca ternyata juga berminat untuk menggunakan jasa managed funds tersebut.

Sehingga bila hal ini dapat terlaksana dengan baik, tentunya hasilnya akan sama saja dengan membeli EA Komersial. Yang berminat menggunakan jasa trader tersebut dapat menitipkan accountnya dan nantinya dilakukan bagi hasil.

Dengan demikian, blog ini nantinya akan menjadi jembatan penghubung antara trader dan yang membutuhkan jasa tersebut. Tidak perlu lagi pusing-pusing berburu EA atau jasa managed account. Tidak perlu lagi takut ditipu atau takut modal amblas. Dikarenakan nantinya yang melakukan trading atas account-account tersebut adalah trader yang terbukti jagoan dimana saya pun akan turut mengaawasi serta memantau trading yang dilakukannya agar tetap terjamin aman.

Bila trading contest ini dapat berlangsung sukses maka nantinya rutin setiap 10 minggu sekali akan dilangsungkan trading contest.

Kalau hal ini sukses dilakukan maka hasilnya adalah untuk kita sendiri dan bukan untuk bule diluar sana. Paling-paling yang masih dapat diambil oleh si bule hanyalah spread dikarenakan masih digunakan GoMarkets sebagai brokernya :)

Kita dapat makin maju dikarenakan trader yang tidak memiliki modal akhirnya terfasilitasi dengan menggunakan modal klien. Klien pun akan tetap merasa aman dan terjamin dikarenakan trading dilakukan oleh mereka yang terbukti professional dan itupun masih ditambah dengan saya awasi langsung dikarenakan semua account akan dipantau oleh VPS khusus.

Tidak hanya trader yang dilakukan pengawasan, klien pun yang menggunakan jasa trader juga akan dilakukan pengawasan dimana harus membuka joint account. Hal ini untuk menjaga agar jangan sampai profit sudah terkumpul, si klien melakukan withdraw tanpa persetujuan trader dan setelahnya menghilang. Dengan adanya joint account maka withdraw tidak dapat dilakukan seenaknya. Dengan demikian maka kepentingan trader terhadap bagi hasil atas jerih payahnya akan tetap terlindungi.

Dengan cara seperti ini maka semua pihak akan diuntungkan dan terjamin aman.

Masa bule saja yang bisa maju, sedangkan kita tidak :)

Prinsip dasar kegiatan ini adalah menguntungkan semua pihak dan bukan seperti halnya broker, penjual EA, atau jasa managed account lainnya dimana yang diuntungkan adalah dirinya sendiri.

Selama ini bila terdapat trading contest, pada umumnya setelah kontes selesai diselenggarakan maka juaranya hanya menerima hadiah dan setelahnya tidak ada lagi hubungan jangka panjang lebih lanjut.

Trading contest ini tidak akan seperti yang lainnya, hubungan jangka panjang akan dibangun dan diusahakan tetap langgeng. Andaikan nantinya tidak ada klien sama sekali, sayalah yang menjadi kliennya :)

Dengan cara ini maka trader yang berbakat akan selalu memperoleh penghasilan dari bagi hasil dan tidak dilupakan begitu saja. Oleh karenanya bagi trader yang merasa profesional, jangan dilihat hadiahnya cuma $100 tetapi lihat jangka panjangnya nanti. Segala sesuatu haruslah dimulai dari yang kecil, tidak ada sesuatupun yang langsung besar.

Selain itu, nantinya saya juga mohon kesediaan para pembaca yang menjadi member di forum-forum tetangga untuk menyebarkan pengumuman akan dilaksakannya trading contest. Sehingga dapat diketahui oleh banyak orang dan yang mendaftarkan diri pun dapat mencapai 50 orang.

Berikut dibawah ini adalah draft dari pengumuman trading contest ini:


Andromeda Trading Contest
Kontes trading gratis, berhadiah uang beneran
 
Pendaftaran : sekarang s.d. 12 Januari 2012 pukul 23:59 WIB
Biaya : Gratis
Kontes Tahap I : 16 Januari 2012 s.d. 11 Februari 2012 (Demo)
Kontes Tahap II : 13 Februari 2012 s.d. 17 Maret 2012 (Real)
Peserta : Maksimal 50 orang
Trading : Manual maupun pakai EA diperbolehkan
Info : www.andromeda-trading.com
Hadiah : GoMarkets Real Account $100 plus seluruh profit yang berhasil diperoleh selama 5 minggu real trading Kontes Tahap II
Batasan : Maksimal Drawdown (Balance atau Equity) tidak kurang dari 50% modal awal
Cara Mendaftar : Kirim nama lengkap dan username yang diinginkan ke andromeda.trading.blog@gmail.com


Hanya saja hal ini masih berupa sekedar ide atau wacana dikarenakan saya terlebih dahulu ingin mengetahui tanggapan dari para pembaca. Bila terdapat kata atau kalimat dari pengumuman diatas yang dirasa masih kurang pas atau masih ada hal lain yang perlu ditambahkan, silahkan berikan tanggapan agar nantinya dapat diedit.

Silahkan berikan tanggapan, komentar, atau saran

18 komentar:

  1. Terima kasih Pak Ary, saya terharu ngebacanya.
    Tapi Maaf Pak Ary, gak tau saya juga bingung, tapi memang itu hanya rencana jikalau saya sudah kerja untuk kerja sambi trading, namun kenyataannya skarang saya belum dapetin kerja yg co2k slama 6 bln ni, hanya bantu usaha catering ortu aja dirumah. Malah saya berpikiran karena udah capek cari kerja dan banyak omongan yg gak enak dari orang rumah maupun luar gara2 nganggur, cpek dngerny, saya pengen cabut dari rumah (jkt), karena usaha trading ini, keluarga gak ada yg support pak dan byk omongan kurang enak, oleh karna itu saya ingin pergi ke semarang (t4 saya kuliah) bulan februari (klo jadi) dan mulai real trading, dengan modal seadanya,,mungkin saya akan menggunakan broker market maker karena modal saya terbatas, dan juga saya perlu cashflow (sehingga diperlukan lokal transfer) dari hasil trading untuk bertahan hidup disana, karena ini keputusan saya, jd saya tidak ingin minta ortu. Broker yg saya ingin gunakan Nordfx (moga aja gak licik), jikalau hasil trading sudah stabil dan modal udah ckup, baru saya hijrah ke vantage nanti. Mungkin menurut bapak ini tergolong usaha nekat, tapi mau gak mau harus saya ambil jika memang keadaan udah memaksa. Mengenai risiko trading, saya sudah paham pak, karna sebelumnya saya juga udah pernah real trading pada bulan juli di broker nordfx dengan modal 70 $ (sisa tabungan kuliah) dan saya loss sampe kena MC (setau saya ini memang kesalahan saya, gak tau apa brokernya ikut bikin loss juga) dan kebayang terus 2-3 hari, tapi anehnya saya terasa benar2 kehilangan tuh pada saat benar2 modal habis gak bisa trading lagi, namun pada saat loss 50 pip atau lebih tuh kaya gak kerasa apa2, tapi pas semua modal habis baru kpikiran trus, gak mood mau ngapa2in, dari situlah saya mulai belajar tentang analisis teknikal dan psikologi. Seiring berjalannya waktu, saya mulai mengerti bahwa trading penuh ketidakpastian, so saya harus control penuh trading saya dan fokus bgmna meminimalisasi loss (karena nanti saya akan mulai modal kecil) sehingga ktemulah scalping pada tf m1 dengan acuan m15 & h1 seperti chart yg pernah saya lampirkan.
    Saya sendiri sebenarnya tidak ingin menceritakan hal ini ke pak ary, namun pada saat saya baca thread Pak Ary saya terdorong, yaudah saya keluarin aja semua uneg2 saya biar lega,,perihal usul pak ary, sangat mulia skali, semoga dapat membantu para trader indonesia yang mengalami masalah yang sama seperti saya, namun mohon maaf spertinya saya tidak bisa ikut berpartisipasi pak, karena memang waktu saya dihabiskan buat catering terus, dan memang dari situ saya hidup. Jadi mau latihan trading ja gak sempet, hanya sabtu atau minggu yg mungkin luang.
    Terima kasih pak ary karna udah mau ngebaca uneg2 saya, sampe ketiduran nulisny dari jam 1 malem..

    Atas niat baik dan keinginan Pak Ary yang ingin memajukan para trader indonesia, semoga Tuhan melimpahkan rizki yang banyak, umur yang panjang, dan keharmonisan untuk Pak Ary dan keluarga. Amin,,

    BalasHapus
  2. Sugeng harijadi14 Desember 2011 11.22

    Setubuh pak Ary....
    Saya mendukung dan mendaftar pertama kali sebagai peserta contest trading....

    Btw, knp di blog ini ga disediakan chatting room yah? Khan enak, kita bisa say hello pada pak Ary dan teman-teman disini...curhat masalah trading dsb... biar blognya tambah rame... getoooooo

    BalasHapus
  3. Usulan Pak Sugeng akan saya pertimbangkan.

    BalasHapus
  4. Email pendaftaran Pak Sugeng juga sudah saya terima, terima kasih.

    Hanya saja sekarang ide ini masih berupa wacana, bila nantinya banyak yang mendukung maka pada minggu depan akan disebarkan pengumumannya ke berbagai forum tetangga agar diketahui sehingga nantinya banyak yang tertarik untuk mengikutinya.

    BalasHapus
  5. Hello pak ary,.
    Saya sangat setuju dengan ide tersebut dan saya juga berminat untuk turut serta,.
    Tetapi jika seandainya sudah benar-benar terealisasi, saya ingin sedikit menambahkan saran untuk contest ini.

    Biar trading contest ini lebih berbeda lagi dari yang lainnya, bagaimana jika semua peserta
    Dalam contest ini(bagi yang berminat),bisa meminta masukan dari hasil trading nya dan bisa berkonsultasi perihal trading dengan pak ary,contohnya:
    setelah contest trading berakhir, bagi contestant yang berminat untuk direview hasil tradingnya (baik yg loss,yg mc,at yg profit), bisa meminta pak ary selaku panpel dan yang kami anggap sebagai guru kami disini, untuk mereview hasil trading para contestant.
    Dari situ nanti bisa ditampilkan di blog ini untuk dibaca oleh semua pembaca blog ini,dengan begitu ilmu yang diserap juga semakin bertambah..
    karena setahu saya selama ini belum pernah ada trading contest yang mau mereview hasil trading para contestant.

    Saya harap blog andromeda semakin maju dengan adanya contest trading seperti ini :)

    Salam

    Agus

    BalasHapus
  6. Usul yang sangat baik Pak Agus.

    Saya tidak keberatan untuk melakukan trading review, justru sangat suka :)

    Selain hobi menulis dapat tersalurkan, artikel blog dapat bertambah, dan juga para pembaca blog ini dapat belajar dari hasil review tersebut.

    Minggu depan baru akan disebarkan pengumuman trading contest ini ke berbagai forum tetangga. Beberapa hari ini sengaja digunakan untuk menunggu tanggapan dari para pembaca, siapa tahu dapat memberikan ide atau saran yang baik seperti halnya Pak Agus.

    Dengan demikian saat nantinya disebarkan ke situs lain, pengumuman trading contest tersebut sudah pasti dan tidak akan berubah-ubah lagi.

    BalasHapus
  7. saya dah kirim email daftar duluan he..he.. untuk ambil kuota ini, karena menurut saya pasti dapat antusias dan dukungan yang amat besar....

    BalasHapus
  8. Pak Samuti, terima kasih dikarenakan email pendaftaran telah diterima.

    Tidak usah pikirkan harus berhasil.

    Kontes ini disamping untuk membandingkan performance trading diri sendiri dengan yang lain agar nantinya tidak over confidence, juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melatih disiplin agar nantinya dapat lebih konsisten dalam melakukan trading.

    BalasHapus
  9. Ide yang bagus Pak Ary, saya mendukung wacana ini dan berharap dapat terealisasi. Selain itu saya juga mendukung blog ini untuk tetap eksis agar blog ini dapat dijadikan sumber informasi yang obyektif bagi pengunjung yang ingin mencari informasi dunia trading. Bagi saya yang substansi bukan modal $100 tetapi kemampuan kita dalam trading, berapapun besarnya modal kalau kita belum ahli ya tetap bangkrut.
    Seperti pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, semoga banyak yang mendukung kegiatan ini dan juga usulan Pak Sugeng ada baiknya agar terjadi interaksi blog ini.

    BalasHapus
  10. Pak Subagiyo, email pendaftaran telah diterima, terima kasih.

    BalasHapus
  11. Pak Ibnu dan Pak Agus, email pendaftaran telah diterima, terima kasih.

    BalasHapus
  12. Cuma mau kasih pendapat Pak Ary, kontesnya hanya boleh menggunakan ketetapan misal 1 lot, jadi kan hasilny benar2 memang poin murni bukan menggandakan lot,, dan tahap 1 apakah ada semacam eliminasi untuk ke tahap 2 gtu. Udah gtu aja pak ary

    BalasHapus
  13. Lot tidak akan dibatasi dikarenakan hal ini tergantung trading style masing-masing. Menggandakan lot pun dipersilahkan, karena bila salah arah maka drawdown akan besar.

    Bukan lot yang utama dalam trading, tetapi prediksi arah trend. Kalau prediksinya salah terus, menggandakan lot akan beresiko modal cepat habis dan terkena batasan 50% balance/equity.

    Tahap I adalah eliminasi untuk masuk Tahap II. Hanya 3 peringkat teratas Tahap I yang dapat mengikuti Tahap II.

    Hanya saja, mungkin Tahap I tidak 5 minggu, tetapi hanya 4 minggu dikarenakan demo GoMarkets dibatasi hanya sebulan. Sedangkan Tahap II tetap seperti jadwal semula yaitu 5 minggu.

    BalasHapus
  14. brillian!

    saya ikut pak!

    BalasHapus
  15. Pak David, email pendaftaran telah diterima, terima kasih.

    BalasHapus
  16. Pak Irfansyah, email pendaftaran telah diterima, terima kasih.

    BalasHapus
  17. Ide Pak Ary ingin memajukan trader di Indonesia sungguh Mulia.Rizki daftar Pak Ary.Buat para trader ayo semangat kita test kemampuan kita agar kita bisa mengukur sampai dimana kemajuan trading kita, Buat Pak Irfansyah Tetap Semangat ingat kata- kata sy Anda Jangan Mudah MENYERAH sama keadaan.KALAU ANDA SABAR PASTI SUBUR HANYA DENGAN FOREX DENGAN MODAL RELATIF KECIL ANDA BISA menjadi MULTIMILLIONARE!Go...Profit.Be...MASTER TRADER!!!

    BalasHapus
  18. Pak Farrel, email pendaftaran telah diterima, terima kasih.

    BalasHapus