Senin, 05 Desember 2011

Newbie #2

Salam,

saya ingin banyak bertanya, tapi terus terang mau tanya soal trading mulai dari awal mana saya bertanya?
Terima kasih

Salam
Purwanto



Pak Purwanto,

Trading pada prinsipnya adalah melakukan jual beli dimana akibat hal tersebut akan timbul laba atau rugi.
Trading dapat dilakukan di berbagai jenis market.

Seperti trading saham maka yang diperjualbelikan adalah saham-saham perusahaan. Trading forex maka yang diperjualbelikan adalah mata uang suatu negara. Trading komoditas maka yang diperjualbelikan adalah komoditas seperti minyak, emas, kapas, gandum, dan lain sebagainya.

Silahkan Pak Purwanto membaca artikel yang pernah ditulis sebelumnya, terutama artikel-artikel sekitar Juni 2010 dimana dijelaskan perihal prinsip dasar trading.

Cara tercepat untuk belajar trading adalah dengan melakukan praktek trading di demo account dan kemudian baru belajar berusaha memahaminya. Oleh karenanya silahkan Pak Purwanto terlebih dahulu mendownload dan menginstall demo Metatrader pada komputernya. Download demo Metatrader dapat Pak Purwanto lakukan dengan cara mengklik banner VantageFX di bagian paling atas halaman ini.

Dengan langsung menggunakan Metatrader maka dapat diibaratkan Pak Purwanto langsung mengendarai mobil dan baru kemudian belajar mengemudikannya. Akan lebih cepat dipahami daripada cara sebaliknya yaitu Pak Purwanto terlebih dahulu membaca artikel atau buku dan kemudian baru belajar mengenal mobil yang akan dikendarai. Tidak usah khawatir dengan masalah biaya, trading dapat dipelajari dengan gratis dikarenakan seluruhnya tersedia di internet.

Demikian pula dengan demo Metatrader, dapat gratis di download dan digunakan. Demo Metatrader pada prinsipnya adalah sebuah simulasi dimana Pak Purwanto dapat melakukan trading dalam kondisi market yang sebenarnya tetapi tidak beresiko rugi dikarenakan yang digunakan adalah modal uang bohongan. Tiap kali modal tersebut habis, Pak Purwanto dapat membuat modal baru dalam jumlah berapapun.

Bila nantinya Metatrader telah terinstall di komputer milik Pak Purwanto, barulah pelan-pelan belajar cara kerja Metatrader tersebut, belajar cara kerja market, dan bagaimana cara melakukan trading yang hasilnya profit.

Dengan menggunakan Metatrader maka Pak Purwanto langsung dihadapkan dengan kondisi market yang sebenarnya sehingga akan lebih cepat paham daripada dimulai dari membaca buku. Nanti bila terdapat sesuatu yang tidak dipahami, barulah baca buku atau cari artikel yang membahas hal tidak dipahami tersebut.

Yang pasti, trading bukanlah hal yang mudah. Perlu proses dan waktu bertahun-tahun untuk dapat memahami dan kemudian dapat menguasainya. Selama proses tersebut berlangsung, jangan pernah lakukan trading dengan modal uang sebenarnya dikarenakan pasti ujung-ujungnya habis. Belajar saja dari demo account yang tidak beresiko dan murah meriah. Tidak ada bedanya antara demo account dan live account, sama saja.

Nanti bila Pak Purwanto sudah dapat melakukan trading di demo account dengan hasil profit yang konsisten selama 2-3 bulan terus menerus, barulah coba lakukan trading dengan menggunakan modal uang sebenarnya. Itupun jangan banyak-banyak modalnya, maksimal cukup USD 100 saja.

Yang perlu dipahami, trading bukanlah jalan menuju cepat kaya raya seperti yang banyak dipromosikan diluar sana. Trading sebenarnya adalah jalan menuju cepat bangkrut dan cepat miskin :)

Pak Purwanto baru dapat menjadi kaya raya suatu hari nanti bila terus menerus tekun belajar dimana jalannya tidaklah mudah dan mulus. Pak Purwanto harus siap merasa putus asa, merasa sangat bodoh dikarenakan sulit memahaminya, dan berbagai perasaan lain yang menjatuhkan mental. Hal tersebut tidak hanya akan dialami oleh Pak Purwanto, tetapi oleh siapapun yang berusaha belajar trading termasuk saya sendiri saat dulu awal-awal belajar.

Oleh karenanya, terdapat mitos bahwa yang mampu sukses menjadi trader professional hanya 5% sedangkan 95% lainnya gagal total.

Artikel ini tidak dimaksudkan untuk menakut-nakuti Pak Purwanto atau pembaca lain yang baru dalam proses belajar :)

Artikel ini lebih ditujukan agar tidak tersesat, agar tidak menganggap trading adalah mudah dan jalan cepat menuju kaya raya seperti yang banyak digembar-gemborkan diluar sana. Kebanyakan yang menganggap trading adalah mudah, pada umumnya akan cepat bangkrut dikarenakan menyepelekan.

Trading adalah hal yang sulit dan beresiko tinggi. Bila kita melakukannya dengan waspada dan hati-hati tentunya akan memiliki kemungkinan untuk selamat dan sukses lebih besar dibandingkan dengan yang menyepelekan. Oleh karenanya, jangan sekali-kali terpikir untuk melakukan trading dengan modal uang sebenarnya bila trading di demo account saja masih kacau.

Yang pasti, trading memiliki potensi tidak terbatas. Bila mampu menguasainya maka suatu saat dapat menjadikan kaya raya dikarenakan jumlah berapapun dapat diciptakan. Seperti contohnya adalah indrafx yang hanya dalam 7 jam mampu mengubah modal awal USD 1000 menjadi USD 13 juta.

Demikian Pak Purwanto, semoga artikel ini dapat mencerahkan dan dapat membuat Pak Purwanto lebih bersemangat untuk belajar trading.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar