Jumat, 16 Desember 2011

Knowledge

pak ary ,

mohon maaf sekali ,kayaknya saya tidak ikutan dulu kontesnya dikarenakan saya sedang sibuk dengan adanya tambahan kegiatan baru,sekarang saya kantornya 2 pak jadi harus bagi waktu siang malam,jadi saya yakin pasti gak akan sempat untuk trading manual.

Sedangkan kalau pakai robot modal segitu terlalu kecil,dipastikan DDnya akan lebih dari 50% ,karena sudah saya BT beberapa kali. daripada maksain mendingan jadi penonton aja deh :D

selain itu januari kemungkinan besar istri saya akan lahiran ,jadi saya harus standby siaga pak,namun saya pastikan untuk selalu membaca blog pak ary sesempatnya.

dan kalau berkenan pak ary mungkin bersedia untuk forward tes lagi dua EA ini,yaitu magic (yg terakhir kok gak jalan ya pak,ada error apa? ) dan Orachimaru

set filenya saya sertakan di attachment.

untuk magic di TF daily pak ,untuk orachimaru memakai set sejuta umat di TF 5

MMnya per 1000 usd dengan 0,01 lot untuk standar account
kalau mini account 100 usd per 0,01 (learner account di gomarkets ya pak CMIIW)

maaf ya pak kalau jadi repot ngetesnya bisa dipending dulu,mungkin VPSnya pak ary mau dipakai buat kontes,silahkan saja pak saya tidak keberatan,tapi rencana saya antara kedua robot ini yg kelak akan saya coba buat account saya yg masih ada sekitar 140 usd saat ini (sisa yg kemarin MC )

saya ucapkan terimakasih pak atas segala kemurahan hati pak ary,

semoga Tuhan yang membalas segala kebaikan pak ary berbagi ilmu di blog dengan kita,karena ilmu jika dibagi maka tak akan berkurang,namun malah bertambah,berbeda dengan harta,semakin dibagi semakin habis.

untuk itu saya doakan ilmu pak ary juga terus bertambah,dan tentunya dengan ilmu mudah mencari harta :)

Salam,
Hadi



Pak Hadi,

Wah, selamat ya Pak Hadi. Sebentar lagi punya momongan baru selain EA :)

Semoga proses persalinan nantinya lancar serta bayinya pun sehat tidak kekurangan apapun. Bila besar nanti semoga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua dan berguna untuk nusa bangsa serta semoga juga menyukai EA seperti ayahnya :)

Tidak apa-apa bila Pak Hadi tidak dapat mengikuti trading contest. Saya maklum dengan kesibukan seperti itu, jangankan dapat melakukan trading dengan baik, untuk konsentrasi saja sudah sulit karena dikejar sana sini :)

Sudah cukup senang bila Pak Hadi diantara kesibukan ternyata masih dapat meluangkan waktu untuk membaca blog ini. Paling tidak, agar saya tidak sia-sia menulis. Bayangkan saja, sudah capek menulis panjang lebar, eh... tidak ada yang mau baca :)

Saya pun memiliki situasi yang sama seperti Pak Hadi. Kantor saya tidak hanya 2, malah saat ini ada 4 kantor. Pertama kantor yang beneran, kantor kedua adalah trading di Metatrader, kantor ketiga adalah menulis artikel dan mengawasi EA untuk blog ini, dan kantor yang terbaru adalah melakukan klik dari VPS di US untuk pendanaan blog ini :)

Hanya saja saya sedikit lebih beruntung dibandingkan Pak Hadi dikarenakan 3 dari 4 kantor tersebut berlokasi yang sama yaitu dapat dilakukan di komputer manapun yang terkoneksi ke internet. Sehingga untuk melakukan pekerjaan di 3 kantor tersebut dapat dilakukan dimana saja, kadang di kantor yang beneran, kadang di rumah, malah kadang di jalan :)

Yang sama seperti Pak Hadi, saya juga harus bagi waktu siang malam :)

Perihal EA yang baru, tidaklah merepotkan bila Pak Hadi meminta untuk dilakukan forward test. Hanya saja kalau malam ini dipasang di VPS, rasanya sudah tanggung dikarenakan besok sudah hari Jumat yang merupakan hari terakhir market.

Oleh karenanya, EA tersebut baru akan saya pasang di VPS pada hari Minggu sehingga hari Senin nanti Pak Hadi sudah dapat mulai memantaunya. Saat ini VPS tetap dapat digunakan untuk melakukan uji coba EA. Hanya nanti saat 2 hari sebelum trading contest maka seluruh uji coba EA akan dihentikan dan VPS sepenuhnya akan digunakan untuk memantau kegiatan trading para peserta kontes.

EA terakhir yang sebelumnya dikirimkan Pak Hadi, sama sekali tidak error. Dapat berjalan baik di VPS dan sudah saya pastikan tidak ada error message apapun. Hanya saja, EA tersebut diam ditempat dan tidak melakukan entry exit sama sekali.

Rencananya saat itu saya akan coba untuk lakukan uji coba di Strategy Tester. Dengan cara seperti itu maka dapat diketahui penyebab kenapa sama sekali tidak melakukan entry exit. Hanya saja dikarenakan kesibukan di 4 kantor, akhirnya sampai hari ini belum sempat dilakukan :(

Yang dikatakan Pak Hadi benar adanya, membagi ilmu tidaklah membuatnya berkurang tetapi justru bertambah. Heran ya, kok bisa?

Dahulu saya pun tidak paham akan hal ini. Tetapi setelah menulis untuk blog ini dan kemudian mulai terjadi tanya jawab, akhirnya saya pun paham. Sebenarnya tidak hanya para pembaca saja yang bertambah pengetahuannya dari artikel-artikel blog ini, tetapi pengetahuan saya pun juga bertambah dengan adanya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para pembaca.

Meskipun hal ini sebenarnya rahasia dapur, tetapi saya buka saja disini agar diketahui. Saya tidaklah lebih pintar atau lebih genius daripada para pembaca. Saya hanyalah mengetahui beberapa hal sedikit lebih banyak dari para pembaca. Terkadang ada hal-hal tertentu yang saya pun tidak tahu.

Jujur saja, kadang terdapat pertanyaan yang saya pun juga tidak mengetahui jawabannya apa :)

Salah satunya adalah pertanyaan Pak Hadi dan Pak Aras perihal HYIP. Terus terang saja, kepanjangan HYIP itu apa, saat itu saya pun juga tidak tahu :)

Untungnya ada Google, setelah membaca ke berbagai penjuru akhirnya mengetahui bahwa HYIP adalah kepanjangan dari High Yield Investment Program dimana biasanya tipu. Dengan bekal bacaan tersebut akhirnya saya dapat menulis artikel untuk menjawab pertanyaan Pak Hadi maupun Pak Aras.

Atau pertanyaan Pak Irfansyah, yang rata-rata pertanyaannya cukup berbobot dikarenakan suka sekali bertanya yang "aneh-aneh" :)

Sebagai contoh adalah pertanyaan di artikel Trading Style yang pertanyaannya seperti ini: "gaya trading manakah (scalping/daily/longterm) yg sesuai untuk saya yang waktu tradingnya hanya dari jam 19.00-22.00/23.00 pada pair EurUsd"

Silahkan para pembaca coba sendiri untuk menjawab pertanyaan diatas. Bingung khan :)

Saya sendiri pun juga harus berpikir keras, bagaimana caranya agar dapat menjawab dengan baik. Bayangkan saja, saya diminta untuk menentukan trading style orang lain. Padahal dalam buku atau artikel manapun serta dari pengalaman pribadi, trading style adalah tergantung pilihan masing-masing. Nah, sekarang kok saya yang diminta untuk menentukannya. Bagaimana tidak bingung :)

Hal diatas adalah sebagian kecil dimana akhirnya saya harus belajar sesuatu yang baru maupun harus berpikir keras untuk menemukan ide agar jawaban dapat disampaikan dengan baik sehingga mudah dipahami.

Oleh karenanya, akhirnya saya pun menjadi paham. Dengan membagi ilmu, bukannya ilmu yang kita miliki menjadi berkurang tetapi sebaliknya justru bertambah. Hal tersebut benar adanya dan sudah saya buktikan sendiri di blog ini.

Oleh karenanya, jangan segan-segan untuk membagi ilmu bila ingin lebih maju daripada saat ini. Semakin banyak yang dibagi, maka semakin banyak juga yang diperoleh.

Dan apa yang selanjutnya dikatakan oleh Pak Hadi juga benar adanya, dengan banyak ilmu maka akan lebih mudah dalam mencari harta :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar