Selasa, 06 Desember 2011

Multi Brokers Test #2

Saat market mulai berjalan pada Senin pagi kemarin, baru diketahui bahwa ECN account pada broker ECNProFX menggunakan 0,1 lot sebagai lot minimal. Padahal modal tidak dapat diubah-ubah dan dibatasi hanya 1000. Akibat hal ini maka account ini berkali-kali mengalami loss dikarenakan modal tidak lagi mencukupi untuk menahan floating loss yang terjadi.


Hal ini telah diprediksi sebelumnya, jangankan menggunakan 0,1 lot, menggunakan lot yang lebih kecil yaitu 0,01 lot dengan modal hanya 1000 sudah dapat mengakibatkan margin call dikarenakan EA Blessing ini memiliki kecenderungan menahan floating loss yang cukup besar sehingga diperlukan modal yang memadai agar terhindar dari margin call.

Broker lain yang modalnya tidak dapat diubah-ubah adalah FigFX dimana modal telah ditentukan nilainya yaitu harus 50 ribu dan lot terkecil adalah 0,1 lot.


Broker lain yang menggunakan lot terkecil 0,1 lot adalah FXPro. Hanya saja pada FXPro, nilai modal dapat diubah-ubah sesuai keinginan pengguna dan tidak sejak awal ditentukan oleh broker seperti halnya pada ECN account broker ECNProFX dan FigFX diatas.


Akibat adanya perbedaan nilai lot dan nilai modal maka perbandingan dengan menggunakan nilai USD akan sedikit menyulitkan dimana jumlah USD profit harus disamakan terlebih dahulu agar dapat diperoleh hasil yang sebanding pada seluruh broker.

Sebagai contoh, dibawah ini adalah ikhtisar perolehan EA Blessing pada pagi ini di berbagai broker:


Broker yang menggunakan 0,1 lot tentunya akan cenderung memiliki jumlah USD profit atau loss yang lebih tinggi dibanding broker yang menggunakan 0,01 lot. Agar diperoleh hasil pembandingan yang sama dengan broker lain maka pada broker yang menggunakan 0,1 lot, jumlah USD perolehan profit harus dibagi dengan 10 terlebih dahulu.

Sedangkan untuk ECN account pada broker ECNProFX tidak akan dilakukan pembandingan dikarenakan adanya batasan modal 1000 dan akibat hal ini berkali-kali mengalami loss. Sehingga kinerja EA Blessing menjadi kacau dan hasilnya tidak dapat dibandingkan dengan broker lain.


FXPro dan FigFX pada gambar diatas perolehan profit adalah sebesar 580 dan 535. Agar dapat dibandingkan maka perolehan profit tersebut dibagi terlebih dahulu dengan 10 sehingga diperoleh profit pada FXPro adalah sebesar 58 dan profit pada FigFX adalah sebesar 53,5

Dengan cara dibagi terlebih dahulu dengan 10 maka pembandingan dapat dilakukan meskipun terdapat perbedaan penggunaan nilai lot.

Sedangkan untuk perolehan Total Pip tidak perlu dibagi dengan 10 dikarenakan berapapun nilai lot yang digunakan, nilai pip akan tetap sama saja dan tidak akan terpengaruh. Perbedaan lot hanya mempengaruhi nilai perolehan profit atau loss dalam USD.

Sehingga berdasarkan perhitungan diatas bahwa profit pada FXPro adalah sebesar 58 dan pada FigFX adalah sebesar 53,5 maka peringkat pertama perolehan profit terbesar dalam USD dari gambar diatas adalah VantageFX yaitu 73,69, disusul kemudian oleh Pepperstone ECN 61,82, dan FXpro yaitu 58,04.

Sedangkan peringkat pertama perolehan profit terbesar dalam Pip adalah VantageFX sebesar 273, kemudian disusul Pepperstone ECN sebesar 224,2 dan kemudian FXPro 213,9.

Hanya saja nilai perolehan Pip tidak dapat dibandingkan langsung dengan nilai perolehan USD. Sebagai contoh VantageFX memperoleh 273 pip, bila 1 pip = USD 1 tentunya profit yang diperoleh adalah USD 273. Akan tetapi kenyataannya, profit yang diperoleh hanyalah sebesar USD 73,69.

Hal ini dikarenakan myfxbook melakukan perhitungan pip tidak berdasarkan nilai lot. Misalnya 1 kali entry dengan 5 lot dan berhasil profit 10 pip maka oleh myfxbook perolehan pip akan dihitung 10 pip. Tetapi bila dilakukan 5 kali entry dengan masing-masing 1 lot dan berhasil profit 10 pip maka oleh myfxbook akan dihitung 50 pip. Akibat hal ini maka nilai Pip menjadi tidak sebanding dengan nilai USD.

Kita lihat bersama pada akhir minggu nanti bagaimana hasil keseluruhan dari pembandingan broker ini.

Uji coba perbandingan broker ini dapat dipantau disini : ea.andromeda-trading.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar