Minggu, 19 Desember 2010

Demo Expired

Uji coba forward test kali ini sedikit lebih lama daripada sebelumnya. Pada umumnya forward test dilakukan tidak sampai 2 bulan, biasanya hanya berkisar antara 5 atau 6 minggu saja.

Biasanya pada 4 minggu pertama kinerja robot sangat baik, profit langsung melesat. Tetapi begitu memasuki minggu ke 5 atau ke 6, kinerja robot memburuk dimana modal mulai termakan kerugian, bahkan kadang kala modal menjadi nihil karena seluruh tergerus kerugian.

Baru kali ini robot mampu bertahan lebih dari 6 minggu. Akan tetapi, batas waktu maksimal demo account ternyata hanya 2 bulan dimana kemudian account secara otomatis akan dihapus oleh broker (expired).



Hal inilah yang terjadi pada seluruh demo account untuk uji coba forward test robot, demo account expired tepat 2 bulan, yaitu pada tanggal 17 Desember kemarin. Seluruh account demo tidak ada koneksi lagi dengan error message "INVALID ACCOUNT" karena broker secara otomatis menghapus nomor-nomor account tersebut setelah 2 bulan digunakan.

Ehm... ya sudah kalau begitu, uji coba forward test di demo account terpaksa tidak dapat dilanjutkan untuk waktu yang lebih lama lagi.

Sebagai gambaran, uji coba forward test selama 2 bulan dilakukan untuk 3 versi robot berbeda (W3, W4, dan W5) dimana seluruh robot hanya menggunakan 5% dari total saldo sebagai modal untuk melakukan trading. Berikut adalah robot-robot terbaik dari 3 versi tersebut:

Robot W3:




Selama 2 bulan robot EURUSD,W3.13 mampu menghasilkan profit 60,89% dengan akurasi (profit trades) 82% dan drawdown 10,15%. Robot EURUSD,W3.14 menghasilkan profit 43,97% dengan akurasi 100% dan drawdown 0%.

Robot W4:




Robot EURUSD,W4.09 menghasilkan profit 47,69% dengan akurasi 100% dan drawdown 0%. Robot EURUSD,W4.16 menghasilkan profit 51,09% dengan akurasi 90% dan drawdown 21,72%.

Robot W5:





Robot EURUSD,W5.12 menghasilkan profit 116,60% dengan akurasi 94% dan drawdown 8,45%. Robot EURUSD,W5.14 menghasilkan profit 52,60% dengan akurasi 96% dan drawdown 7,76%. Robot EURUSD,W5.22 menghasilkan profit 87,45% dengan akurasi 100% dan drawdown 0%.

Dari hasil uji coba forward test diatas, dapat disimpulkan bahwa robot terbaik adalah W5 dimana pencapaian perolehan profit lebih tinggi, akurasinya lebih baik, dan drawdown lebih rendah daripada robot-robot lainnya.

Akan tetapi, karena dari uji coba sebelumnya diketahui bahwa terdapat perbedaan data feed antara demo dan live, sehingga belum tentu robot yang baik di demo, akan baik juga di live. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya hanyalah dengan langsung mencobanya di live account.

Oleh karenanya, 7 robot terbaik diatas akan digabungkan menjadi satu robot untuk kemudian di uji coba di live account. Untuk meminimalkan resiko, tidak digunakan modal 5% dari total saldo untuk melakukan trading, tetapi hanya 0,5% saja.

Dengan cara seperti ini, nantinya akan terseleksi dari 7 buah robot tersebut mana robot terbaik dan cocok untuk digunakan di live account. Oleh karenanya, hanya digunakan 0,5% dari total saldo sampai diketahui robot mana yang terbaik.

Mulai senin besok akan dicoba penggabungan 7 buah robot tersebut di live account, kita lihat saja bagaimana hasilnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar