Minggu, 22 Mei 2011

How to Big Profit? #2

Hello pak ary,

Bagaimana kabarnya, semoga sehat-sehat aja ya.

Semalam iseng-iseng saya kepikiran untuk memantau hasil trading pak ary di myfxbook.com. ternyata setelah dibuka, kelihatan ada yang berbeda. saya melihat 2 nama baru di list system,yaitu Aggressive_ManualTrading dan Conservative_ManualTrading, ternyata dilakukan trading manual dengan hasil yang tentunya "fantastis" dan memang sangat Aggresive,.

Saya heran kok tiba-tiba pak ary melakukan trading manual, saya terpikir untuk bertanya kepada pak ary, ada apa gerangan, tiba-tiba trading manual. Tapi saat tadi saya coba buka blog ini, ternyata yang mau saya tanyakan sudah terjawab.

Tetapi saya masih bingung saat melihat history trading manual tersebut, pak ary bisa open position sampai 3-4 atau lebih dalam waktu yang bersamaan? Padahal trading dilakukan secara manual.

Apakah ada script untuk order position seperti itu?

Saat saya melihat hasil trading manual dari pak ary yang sangat bagus, muncul rasa ingin bertanya saya kepada pak ary, kenapa pak ary tidak mencoba untuk ikut dalam Trading Contest? Karena menurut saya, jika pak ary ikut serta, saya yakin pasti bisa masuk posisi 10 besar terus.

Saya setuju pendapat pak ary tentang "Long term trading" karena kemarin saya juga telah mencoba untuk menggunakan sistem trading Long Term saat mengikuti kontes trading, tetapi hasil yang didapat tidak sebaik scalping.

Memang benar jika tidak ada yang bisa menebak arah market dengan sangat akurat dan kita tidak bisa tahu persis kapan terjadi retrace dan kapan pembalikan trend sehingga entry yang semulanya profit pun, bisa dengan cepat berubah menjadi loss (ini yang sering saya alami saat menggunakan sistem long term)

Selama ini saya sangat terkagum-kagum dengan pak ary, tidak ada dan belum pernah ada saya temukan trader seperti anda, sangat menarik bagi saya untuk selalu mengikuti artikel demi artikel yang anda posting, menurut saya artikel yang anda tulis sangat banyak membantu semua trader (baik yang sedang putus asa dalam trading maupun yang baru belajar dan yang sedang belajar).

Anda selalu menemukan hal yang baru dan menarik tentang dunia trading yang belum pernah saya temukan di situs atau forum-forum lainnya.

Terima kasih Pak Ary

Salam,
Agus Marianto




Pak Agus,

Wah, terima kasih banyak atas pujiannya, hidung saya tiba-tiba jadi tambah besar akibat pujian Pak Agus yang setinggi langit :)

Artikel-artikel yang saya tulis sebenarnya bukanlah hal baru, tetapi karena dunia trading, terutama dalam forex adalah dunia tertutup dimana informasi yang benar sangat sedikit (yang banyak justru informasi menyesatkan), akhirnya menjadikan apa yang ditulis disini menjadi menarik.

Trading selalu dipersepsikan dan banyak ditulis sebagai jalan menuju kaya raya dengan mudah. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, kenyataannya trading adalah jalan cepat untuk kehilangan uang :)

Trading juga dipersepsikan sebagai upaya mudah untuk mencari uang. Cukup duduk di depan komputer (darimanapun, dari rumah, kantor bahkan di jalan) dan tinggal klik sana sini, tiba-tiba dalam 15 menit profit 50 pip sudah diperoleh. Di forum sendiri banyak sekali trader-trader pemula yang membanggakan diri berhasil profit 20 - 30 pip dengan mudahnya. Tetapi jarang sekali yang menceritakan loss yang dialaminya.

Broker pun juga demikian, mempromosikan spread-nya paling rendah, agresif menelpon agar segera membuka live account. Padahal faktanya begitu Anda berhasil konsisten profit maka broker akan melakukan berbagai cara agar Anda mengalami loss. Karena profit yang Anda peroleh sebenarnya berasal dari kantong broker, tentunya mereka berusaha dengan berbagai cara agar Anda jangan sampai profit. Justru semakin banyak Anda mengalami loss, maka semakin senang broker tersebut karena kantong mereka akan semakin tebal.

Penjual robot dan indikator juga sama saja, mempromosikan robotnya dengan hanya bermodalkan hasil backtest agar mereka yang masih awam tertarik. Kenyataannya apabila robot tersebut diuji dengan demo forward test atau bahkan dengan modal uang sebenarnya, bukan cepat kaya raya yang diperoleh tetapi modal amblas.

Hal-hal tersebut saya ketahui berkat bekecimpung di dunia ini selama bertahun-tahun. Oleh karenanya saya tulis disini agar dapat membantu yang masih awam supaya tidak tersesat dan kehilangan uang.

Dunia trading sebenarnya adalah dunia impian dimana kebanyakan orang cenderung mencari cara tercepat (shortcut) untuk meraihnya. Akibat hal ini, semua hal yang dapat menjanjikan shortcut akhirnya bisa dijual. Mulai dari robot, indikator, managed funds, seminar dan workshop, software trading, e-book dan buku, dan masih banyak lagi hal lainnya yang berkaitan dengan trading yang bisa dijual.

Hebatnya, seluruhnya laris seperti kacang goreng dikarenakan lebih banyak yang berminat mencari shorcut daripada melatih diri (earn it).

Satu hal yang sangat saya yakini, shortcut tidaklah abadi. Shortcut hanyalah dapat bertahan sebentar tetapi nantinya waktu yang akan membuatnya hancur lebur. Cepat atau lambat, waktu yang akan membuktikan bahwa shorcut adalah hal yang tidak akan bertahan lama.

Tetapi bila Anda melatih diri dengan tekun sehingga nantinya pengalaman dan keahlian akhirnya diperoleh (earn it), hal inilah yang akan abadi. Market selalu berubah tiap saat, tetapi dengan pengalaman dan keahlian yang telah dimiliki tentunya perubahan tersebut telah dapat diantisipasi dengan baik.

Hal ini sama saja dengan membandingkan yang kaya karena berusaha dan yang kaya karena menang undian. Perhatikan saja yang memang benar-benar pengusaha sejati meskipun jatuh bangun tetapi pada akhirnya selalu mampu bangkit kembali akibat keuletan dan pengalamannya. Tetapi coba perhatikan yang kaya karena menang undian, merampok, korupsi, dan berbagai hal buruk lainnya, begitu sekali jatuh pada umumnya sangat sulit untuk dapat bangkit kembali.

Satu hal yang pasti, dunia trading bukanlah untuk mereka yang malas, tidak tekun, tidak fokus, dan tidak matang emosionalnya. Perbedaan utama antara trader gagal dan sukses bukan terletak pada karena yang sukses lebh jenius daripada yang gagal. Tetapi terletak pada kemampuan melewati ratusan bahkan ribuan kegagalan. Anda harus mampu melewati kegagalan demi kegagalan agar kemudian dapat meraihnya (earn it).

Agar dapat mencapainya, harus dimiliki kematangan emosional dan pola pikir yang selalu positif. Tidak apa-apa dicemooh karena gagal terus, sepanjang rajin dan tekun, tidak putus asa mencoba dari satu cara ke cara lain, tetap fokus kepada tujuan akhir, tidak pernah bosan, maka suatu hari nanti Tuhan akan bosan sendiri dengan Anda dan akhirnya membukakan pintu-Nya.

Tuhan lama kelamaan akan bosan sendiri, kok orang ini gak ada kapok-kapoknya mencoba terus padahal sudah diberi ribuan kegagalan :)

Kematangan emosional, pola pikir positif, dan keyakinan di hati adalah modal utama untuk dapat melampaui kegagalan tersebut. Bayangkan kalau hal tersebut tidak dimiliki, begitu sekali dicemooh atau dihina teman maka sakit hati dan putus asa yang melanda sehingga tidak fokus lagi ke tujuan semula.

Tetap fokus ke tujuan, tidak apa-apa dicemooh dan dihina karena gagal terus, toh pertempuran belum berakhir (sepanjang masih bisa bernafas). Score bukan dihitung sekarang, tetapi nanti. Buktikan bahwa Andalah yang tertawa pada titik akhir nanti. Bukankah kata orang, siapa yang tertawa paling akhir dialah pemenangnya?

Ilmu trading adalah ilmu sulit, jadi wajar saja kalau mengalami banyak kegagalan dan tidak bisa-bisa, meskipun sudah bertahun-tahun :)

Bayangkan kalau ilmu trading itu mudah, tentunya saat ini sudah banyak milyuner yang bertebaran. Hukum alam memang membuatnya seperti itu, makin sulit sesuatu maka makin besar juga potensinya.

Meskipun kadang bagi yang awam agak sulit dipahami, masa begitu saja gak bisa-bisa dan gagal melulu sih. Tetapi coba bandingkan dengan sekolah, berapa lama kita harus bersekolah kemudian baru bisa menghasilkan uang. SD sampai SMA ditambah kuliah 4 tahun, hampir 20 tahun sekolah baru bisa menghasilkan uang.

Tentunya sebuah prestasi yang hebat kalau dalam waktu 4-5 tahun belajar trading kemudian dapat konsisten profit, bila dibandingkan harus bersekolah 20 tahun. Apalagi profit dari trading tentunya jauh lebih besar daripada gaji yang kita terima tiap bulannya (padahal sudah capek 20 tahun sekolah :) )

Itulah berbagai kenyataan dari dunia trading yang selama ini saya tulis di blog ini.

Menjadi menarik dikarenakan yang diungkapkan adalah hal yang sesungguhnya. Hal yang tidak pernah ditulis di forum atau di blog lain. Yang berkaitan dengan kegagalan pun juga ditulis disini, karena memang sesungguhnya seperti itu.

Saya melakukan manual trading untuk menguji system trading baru setelah EA terakhir yaitu Vito ternyata gagal total. Sebelum dapat membuat robot yang baru, tentunya harus dilakukan uji coba manual terlebih dahulu, sampai pada akhirnya diperoleh konsistensi profit, paham betul entry exit-nya, paham betul perhitungannya, dan paham betul logic-nya.




Meskipun hasilnya terlihat "fantastis" tetapi sebenarnya masih banyak kesalahan yang terjadi. Entry exit yang kadang masih terlalu cepat atau terlalu lamban, tidak disiplin dengan stoploss, salah membaca arah trend tetapi beruntung akhirnya bisa profit, dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan pemahaman akan system trading ini belum sepenuhnya diperoleh, masih perlu banyak-banyak berlatih.

Hasil "fantastis" tersebut terjadi bukan dikarenakan karena keahlian pemahaman system, tetapi lebih banyak karena keberuntungan :)

Nanti kalau pemahaman telah diperoleh sepenuhnya dan tingkat kesalahan sudah minimal, saya akan coba untuk ikut trading contest dan akan saya publish hasilnya disini.

Meskipun manual trading, tetapi untuk entry exit digunakan script dan EA. EA sepenuhnya digunakan hanya untuk exit dengan trailing stop pada saat diperkirakan arah akan berbelok, hal ini lebih cepat tentunya daripada melakukan trailing secara manual yang harus meng-klik order satu persatu, apalagi dengan jumlah order sebanyak itu.

Untuk entry atau instant exit (langsung close tanpa trailing), sepenuhnya digunakan script. Forex adalah timing precission, lebih cepat digunakan script daripada harus melakukan entry exit secara manual.

Script maupun EA tersebut saya buat sendiri, tetapi bila Pak Agus berminat silahkan melakukan searching di codebase.mql4.com, forex-tsd.com, dan forexfactory.com. Di tiga situs tersebut banyak sekali script atau EA yang ditujukan untuk memudahkan entry exit order.

Semoga nantinya hasil trading Pak Agus dapat menjadi lebih baik lagi dengan digunakan script dan EA.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar