Sabtu, 14 Mei 2011

VPS for EA Testing #2

Pak Ary,

Terima kasih untuk balasannya. Penjelasan mengenai AutoAdminLogon sangat menarik. Walaupun saya belum mencobanya tapi ini adalah info yang benar-benar membantu nantinya saat VPS mulai dijalankan.

Saya dulu pernah menyewa VPS saat pernah memiliki robot EA hasil beli.

Commercial Network Service memang termasuk dalam kategori VPS yang baik dalam memberikan layanan. Saya tidak pernah mengalami unscheduled restart sama sekali (selama lebih kurang 4 bulan pemakaian). Walaupun demikian, hampir tiap dua minggu sekali saat weekend selalu diberi info akan dilakukan restart.

Untuk mendapatkan layanan tersebut kita harus merogoh kocek agak dalam karena dengan paket yang paling basic saja sudah mencapai $30 (sekitar tahun 2008). Sudah lama saya gak berkunjung ke CNS apakah pengalaman saya tersebut masih valid atau tidak saat ini.

VPS tersebut saya pilih sama seperti SWVPS dikarenakan proses pembayarannya dapat dilakukan menggunakan jasa LR.

Mengenai jasa LR yang dimaksud adalah jasa pembayaran elektronik Liberty Reserve yang berkedudukan di Costa Rica. Tentunya bagi mereka termasuk saya yang tidak memiliki kartu kredit sangat terbantu dengan adanya fasilitas ini.

Ditambah lagi dengan pengalaman Pak Ary yang puas dengan jasa SWVPS tersebut maka saya berani memutuskan ikut menggunakannya. :) Plus, Pak Ary juga memberikan bonus info tambahan berkenaan dengan technical error (dan penanganannya) yang tidak saya duga dan ketahui sebelumnya.

Sebelum pada akhirnya saya mengaktifkan VPS, saya telah mencoba terlebih dulu apa yang disarankan oleh Pak Ary tentang otomatisasi VPS jika terjadi unscheduled restart.

Saya telah membuat VBScript sederhana yang dapat membuka program. Hal ini sudah saya uji setelah melakukan restart dan hasilnya seperti yang diinginkan. Pertanyaan saya yang tiba-tiba muncul adalah, jika VBScript diletakkan di folder Startup, mengapa tidak menggunakan shortcut MetaTrader pada folder tersebut saja?

Saya sudah mencoba untuk meletakkan shortcut pada folder tersebut dan hasilnya sama dengan VBScript yang saya buat. MetaTrader yang dijalankan ulang pada dasarnya toh akan langsung menjalankan EA kembali selama setting terakhir pada tombol EA tidak ada yang berubah. Saya memang belum sanggup membuat algoritma bagaimana maximize window, namun dalam shortcut sudah terdapat pilihan untuk maximize juga.

Adakah hal khusus yang diterapkan dalam VBScript yang tidak bisa dijalankan melalui cara Startup biasa? ataukah cara saya tersebut sudah dapat digunakan layaknya pada VBScript? Mohon konfirmasi dan penjelasannya.

Demikian pertanyaan kilat saya, Pak. Trims untuk bantuannya.

Regards,
Aras




Pak Aras,

Commercial Network Service (CNS) memang sangat populer sebagai persewaan VPS untuk keperluan EA. Tetapi kelemahannya adalah pada pilihan VPS-nya yang paling rendah berbiaya $30 dengan 1GB RAM. Sebenarnya ini sama saja dengan SWVPS Paket 2 yang berbiaya $29 dengan 1,2GB RAM.

Kelebihan SWVPS adalah memberikan Paket 1 yang berbiaya $18 dengan 700MB RAM. Paket inilah yang membuat SWVPS lebih menarik daripada CNS.

Dengan menggunakan Paket 1 SWVPS maka jumlah Metatrader yang dapat dijalankan secara bersamaan sekitar 10-15 buah, sedangkan untuk Paket 2 sekitar 20-25 buah. Agar tidak terlalu banyak menggunakan memory, Max Bars in History dan Max Bars in Chart pada Metatrader di-set agar menggunakan nilai sekecil mungkin (5000).

Nah, kalau sekedar menguji 1 s.d. 5 buah EA, buat apa menyewa VPS Paket 2 atau CNS? Tidak efisien dan terlalu mahal.

SWVPS Paket 1 yang murah meriah saja sudah lebih dari cukup.

Akan tetapi apabila Pak Aras berniat memaksimalkan VPS tersebut dengan menjalankan banyak Metatrader sekaligus, mohon agar perhatikan nilai Memory Usage pada Virtuozzo Power Panel. Usahakan maksimal Memory Usage selalu dibawah 85% (lebih baik lagi dibawah 80%) untuk menghindari terjadinya freezing atau restart.

Freezing terjadi karena tidak tersisa lagi memory untuk menjalankan Remote Desktop. Sehingga pada saat user menjalankan Remote Desktop, VPS tidak dapat merespons akibat tidak ada lagi memory yang tersisa. Sedangkan restart akan terjadi kalau Memory Usage dan CPU Usage telah melebihi batasan maksimal.

Nilai Memory Usage pada saat market close (sabtu minggu) mencapai 80%, tetapi nantinya pada saat market sudah berjalan maka nilai tersebut dapat melonjak mencapai 90% s.d. 95% tergantung pada EA yang digunakan, Max Bars in History, Max Bars in Chart, dan berapa banyak Metatrader yang dijalankan sekaligus.

Bila EA yang digunakan menggunakan banyak indikator, membaca banyak bar, atau menggunakan sedikit indikator tetapi indikator tersebut mengalami kebocoran memory akibat prmprogramannya tidak efisien, maka lonjakan Memory Usage akan semakin besar. Oleh karenanya untuk menjaga agar tidak terjadi freezing atau restart, diupayakan agar Memory Usage selalu dibawah 80%.

Saya tidak menggunakan Remote Desktop dikarenakan cenderung menggunakan memory lebih banyak akibat adanya 2 buah session. Kebanyakan VPS selalu memberikan 2 buah session untuk Remote Desktop, yang artinya 2 orang pengguna bisa menggunakan VPS tersebut untuk menjalankan aplikasi berlainan dengan menggunakan Remote Desktop.

Contoh sederhananya seperti ini, saya menjalankan 5 buah Metatrader dengan Remote Desktop dari PC di rumah. Setelahnya di kantor saya melakukan Remote Desktop lagi ke VPS dan akan dtampilkan Desktop kosong dimana saya dapat menjalankan aplikasi lain. Hal ini cenderung membingungkan, karena yang saya perlukan hanyalah 1 buah session saja yaitu session yang menjalankan Metatrader dari PC di rumah. Disamping itu, memory yang digunakan juga akan lebih banyak karena VPS harus menangani 2 buah session yang berbeda.

Oleh karenanya, saya tidak lagi menggunakan Remote Desktop tetapi menggunakan Ultra VNC (free open source software) sebagai penggantinya. Ultra VNC hanya menggunakan 1 buah session sehingga dari manapun saya melakukan akses ke VPS maka yang ditampilkan adalah session yang sama.

Perihal AutoAdminLogon, berikut kode registry-nya:

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon]
"AutoAdminLogon"="1"
"DefaultUserName"="your_username"
"DefaultPassword"="your_password"


Kadang kala SWVPS memberikan VPS dengan Windows 2003 32 bit, oleh karenanya mohon pada saat pertama kali menyewa VPS minta kepada customer support-nya agar diberikan versi 64 bit. Windows 64 bit menggunakan management memory yang lebih baik daripada 32 bit. Windows 32 bit memiliki keterbatasan jumlah aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan, sedangkan pada versi 64 bit tidak ada batasan tersebut.

Apabila sudah terlanjur menggunakan versi 32 bit, tidak perlu khawatir, selalu ada solusinya meskipun agak sedikit ribet karena harus melakukan editing pada registry. Solusi ini jarang yang tahu karena jarang juga yang menjalankan aplikasi yang sama dalam jumlah banyak :)

Silahkan membaca solusi Windows 32 bit apabila timbul error message "failed to create empty document" saat menjalankan Metarader dalam jumlah banyak sekaligus pada artikel ini: Forex Server

Mohon maaf karena saya tidak tahu kepanjangan dari LR, maklum saja tidak pernah menggunakannya. Selama ini yang saya gunakan adalah PayPal :)

Menggunakan VBScript atau menggunakan shortcut MetaTrader yang diletakkan pada menu StartUp sebenarnya sama saja. Perbedaannya hanyalah terletak pada berapa jumlah Metatrader yang akan dijalankan.

Tentunya lebih efisien menggunakan VBScript bila menjalankan 25 Metatrader sekaligus yang letak foldernya berlainan daripada capek meng-copy paste shorcut ke menu StartUp. Tetapi bila hanya menjalankan hanya 1 s.d. 5 Metatrader tentunya lebih mudah dilakukan copy paste shortcut daripada puyeng memikirkan logaritma VBScript-nya :)

Dari penjelasan diatas, Pak Aras dapat mengetahui bahwa tidaklah hanya dengan sekedar menyewa VPS kemudian EA berjalan sempurna, perlu pemahaman teknis komputer agar seluruhnya dapat berjalan sempurna.

Oleh karenanya mohon dimaklumi saja kenapa banyak komentar negatif saat melakukan searching Google perihal SWVPS. Komentar negatif tersebut timbul dikarenakan harapannya menadapatkan VPS yang sempurna. Padahal faktanya tidak ada VPS yang sempurna, perlu dilakukan utak-atik lagi agar bisa menjadi sempurna.

Demikian Pak Aras, semoga dapat menjadi lebih jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar