Minggu, 11 September 2011

StopLoss Hunting

Pak Andro,

Perhatikan gambar yang saya lampirkan:

- Manakah yang broker Scam?
- Saya mencoba pada FXDD dan IBFX, Time Frame M5

Terima kasih

Salam,
Yulianto Hardana






Pak Yulianto,

Dari gambar yang dikirimkan terlihat bahwa FXDD melakukan Stop Loss Hunting dengan cara melakukan sedikit perubahan pada data feed harga yang menyebabkan candlestick-nya menjadi lebih panjang daripada broker lain.

Trader yang menggunakan nilai stoploss kecil akan cenderung mengalami loss bila melakukan entry pada candlestick tersebut. Dikarenakan begitu entry dilakukan dan stoploss dengan nilai kecil (misalnya hanya 10 - 15 pip) terpasang, candle tiba-tiba berbalik arah sehingga stoploss terpicu.

Sebagai contoh, bayangkan bila melakukan entry BUY di tengah candlestick panjang pada Gambar 1. Entry sudah benar dikarenakan telah sesuai dengan arah trend. Akan tetapi akan berubah menjadi loss dikarenakan candlestick ternyata masih menuju ke bawah terlebih dahulu sehingga menyebabkan terpicunya stoploss.

Bayangkan kalau entry BUY dilakukan di IBFX, maka entry tersebut adalah entry yang menghasilkan profit. Dikarenakan pada IBFX, perjalanan candlestick ke bawah tidaklah sejauh perjalanan candlestick FXDD.

Terima kasih atas kiriman gambar-gambar tersebut.

Semoga adanya gambar-gambar tersebut dapat mencerahkan para trader di Indonesia agar waspada dan selalu teliti memperhatikan perbedaan candlestick dari broker yang digunakannya.

Broker bukanlah pacar atau istri atau suami, sehingga janganlah terlalu setia dan segeralah pindah bila jelas-jelas terbukti telah dihianati :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar