Minggu, 11 September 2011

Spike #2

Bukan spike seperti itu yg saya maksudkan pak.

Harga gold terjun sampe titik $18.29 bukan 1818.29 sangat tidak masuk akal. Hal ini terjadi pada demo account VantageFX pak. Saya juga sudah kirimkan permasalahan ini pada account manager Vantagefx yg menghandel saya.

Karena baru saja saya buka real account disana. Saya lagi menunggu juga, penjelasan dari Vantagefx kenapa spikenya gila gilaan seperti itu. Saya liat pada MT4 real account pada Vantagefx harga gold juga sama anjlok ke 18.29.

Bisa dibayangkan pak klo sell 1 lot aja pada saat itu. Udah profit $576.000. Mungkin yg buy gold pada real account vantagefx jumat kemarin saya yakin equitynya hangus apabila tidak diisi SL. Sudah beberapa account demo saya coba, baru kali ini saya menemukan hal yg mengerikan pak.

Belajar dari ini, pengisian Stop Loss begitu penting dalam dunia trading. Sambil menunggu jawaban resmi dari VantageFx akan hal ini, saya belum berani funding dana. Sangat-sangat mengerikan.

Sebelumnya saya menggunakan Fxpro pak, baru saja ada niat pindah broker eh menemukan hal seperti ini. GoMarket saya sudah coba demo accountnya pak, masih belum memuaskan perihal kecepatan eksekusinya pak. Masih ada jeda beberapa detik dibandingkan VantageFX.

Salam
I Gede Muliawan




Pak Gede Muliawan,

Mohon maaf sebesar-besarnya bila saya salah dalam mengartikan.

Spike adalah lonjakan harga yang tiba-tiba terjadi tetapi tidak jauh dari harga sebenarnya. Sedangkan yang dialami oleh Pak Gede Muliawan bukanlah spike, tetapi adanya kesalahan data feed harga pada broker tersebut. Sangat tidak masuk akal bila harga Gold "terjun bebas" dari 1829,94 menjadi hanya $18.29.

Hasil pengecekan yang saya lakukan via demo Metatrader GoMarkets di daily chart menunjukkan sebagai berikut:



Jumat kemarin, tanggal 9 September 2011, harga Gold terendah (Low) sebesar $1823,10 dan sangat tidak mungkin menjadi hanya $18,29. Karena kalau sampai terjadi seperti itu, tentunya akan banyak trader yang menjadi kaya atau bangkrut seketika :)

Biasanya bila terjadi kesalahan data feed seperti ini, broker akan mengakui kesalahan tersebut (bila brokernya beritikad baik) dan melakukan adjustment agar account kembali ke posisi semula sehingga klien tidak dirugikan akibat adanya kesalahan tersebut.

Oleh karenanya, ditunggu saja jawaban resmi VantageFx. Bila mereka melakukan seperti itu berarti dapat dikategorikan merupakan broker yang beritikad baik dimana selalu menjaga agar klien tidak dirugikan.

Akan tetapi, bila yang dilakukan adalah sebaliknya yaitu berkilah dan berkelit sehingga klien dirugikan maka sebaiknya jangan deposit apapun dan segera berpindah ke broker lain. Sudah jelas broker tersebut itikadnya tidak baik.

Bila Pak Gede Muliawan lebih menyukai VantageFX dibandingkan GoMarkets, silahkan saja. Pemilihan broker adalah masalah selera masing-masing. Asalkan yang dipilih adalah broker yang memiliki itikad baik dan tidak melakukan berbagai akal-akalan yang merugikan klien.

Saya sendiri bukanlah IB dari GoMarkets dan tidak memiliki kepentingan atau mendapat keuntungan apapun dari Gomarkets. Saya menyarankan ke GoMarkets hanyalah sekedar saran yang didasarkan pada hasil uji coba terdahulu yang trading sekaligus di 25 broker dimana menunjukkan bahwa GoMarkets lebih baik daripada broker lain.

Sebagian besar pembaca blog masih bingung memilih broker dan kebanyakan masih menggunakan Market Maker broker, sehingga dengan adanya saran tersebut paling tidak dapat terhindar dari akal-akalan yang dilakukan oleh Market Maker broker. Sebagai broker yang berjenis STP tentunya GoMarkets lebih jujur dan lebih transparan daripada Marker Maker broker.

Akan tetapi dikarenakan ketatnya persaingan antar broker, rasa-rasanya hasil pengujian broker tersebut sudah kadaluarsa.

Setelah beberapa hari iseng-iseng memperhatikan perbandingan pergerakan spread yang ditampilkan oleh FX Intelligence, ternyata menunjukkan bahwa GoMarkets bukan lagi sebagai broker yang memberikan spread paling kecil. Terdapat beberapa broker lain yang konsisten memberikan spread nyaris separuhnya GoMarkets.

Bila nantinya memiliki waktu luang yang sedikit lebih banyak, akan saya coba kembali untuk melakukan uji coba perbandingan broker sehingga dapat diketahui broker mana terbaik yang dapat memberikan loss terkecil dan profit terbesar.

Demikian Pak Gede Muliawan, sekali lagi mohon maaf sebesar-besarnya karena telah salah dalam mengartikan pertanyaan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar