Senin, 12 September 2011

ECN/STP Micro Broker #2

Maaf pak, saya kok malah bingung sekarang.

Sebenarnya yang disebut ECN/STP itu brokernya apa jenis accountnya?

Nah di FinFx yg disebutkan di blog itu ada jenis micro acc sama ECN account, kayaknya yg micro acc FinFx itu sistemnya sama kayak broker market maker ?

Lalu apa bedanya dengan broker yg katanya market maker tetapi mempunyai acc berjenis ECN ? Apa itu berarti semua acc berjenis micro / mini pasti bersistem market maker di semua broker apapun ?

Terima kasih banyak.

Salam,
Purwodani Prasetyo




Pak Prasetyo,

Agar hilang rasa bingungnya, mari kita perhatikan bersama gambar dibawah ini:

Broker terbagi 2 jenis yaitu Dealing Desk Broker (atau disebut juga Market Maker broker) dan No Dealing Desk Broker (disebut juga ECN/STP broker).

Pada Dealing Desk, transaksi melalui proses filtering dimana kalau trader mengalami loss maka loss tersebut akan masuk kantong broker dan diperhitungkan sebagai laba broker. Sebaliknya bila trader mengalami profit dan agar broker tidak mengalami kerugian yang lebih banyak akibat hal tersebut, maka transaksi akan diteruskan ke bank (seperti terlihat pada gambar).

Berbeda dengan ECN/STP broker, transaksi tidak melalui proses filtering (dealing desk). Transaksi langsung diteruskan ke bank. Sehingga bila trader mengalami loss atau profit, broker tidak ambil pusing dan tidak berkepentingan.

Oleh karenanya, pada Market Maker broker sering kali terjadi REQUOTE. Requote sebenarnya adalah jeda waktu agar broker berkesempatan dapat melakukan proses filtering. Sedangkan pada ECN/STP broker, sama sekali tidak pernah terjadi requote dikarenakan tidak adanya proses filtering.

Menggunakan prinsip tersebut maka membedakan broker pun menjadi lebih mudah, lihat saja apakah terjadi requote atau tidak.

Bila pada broker yang digunakan saat ini terjadi requote pada saat melakukan entry atau exit maka sudah jelas bahwa broker tersebut adalah Market Maker broker.

Saat ini banyak trader sudah menjadi lebih pintar dan tidak mau lagi dibohongi oleh Market Maker broker. Akibat hal ini maka broker yang berjenis ECN/STP menjadi naik daun. Trader mulai beramai-ramai hijrah ke ECN/STP broker dan meninggalkan Market Maker broker.

Tentunya bila Market Maker broker tidak melakukan perubahan maka lambat laun akan bangkrut dikarenakan tidak lagi memiliki klien. Oleh karenanya, saat ini banyak ditemui Market Maker broker yang menawarkan account ECN.

Hal inilah akhirnya membuat bagi yang masih awam menjadi bingung :)

Perlu diketahui, True ECN Account adalah account yang memiliki spread sangat kecil (biasanya dibawah 1 pip, bahkan ada yang menawarkan dibawah 0,5 pip), akan tetapi sebagai pengganti spread kecil tersebut maka tiap kali melakukan transaksi akan dikenakan biaya komisi tambahan yang jumlahnya sesuai dengan jumlah lot yang ditradingkan.

Sebagai contoh adalah broker GoMarkets yang berjenis STP (Straight To Processing) broker. GoMarkets tidak menawarkan ECN account dikarenakan tidak ada komisi dan masih menerapkan sistem spread pada account-nya.

Sama halnya dengan FinFX, account-account selain ECN tidak menerapkan komisi dan hanya spread yang dikenakan. Akan tetapi FinFX juga menawarkan ECN Account dimana selain spread yang dikenakan, juga akan dikenakan komisi.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan Market Maker atau ECN/STP terletak pada cara pemprosesan transaksi. Dimana pada Market Maker dilakukan filtering terlebih dahulu, sedangkan pada ECN/STP tidak.

Dengan demikian bila sebuah Market Maker broker menawarkan ECN account, maka cara pemprosesan transaksinya pun akan sama saja yaitu melalui proses filtering terlebih dahulu. Menawarkan ECN Account hanyalah sebagai salah satu strategi marketing belaka bagi Market Maker broker agar tetap menarik dan tidak ditinggalkan klien.

Berbeda dengan ECN/STP broker, account apapun yang ditawarkan oleh mereka maka cara pemprosesan transaksinya akan sama yaitu langsung diteruskan ke bank dan tidak melalui proses filtering. Hanya saja khusus untuk True ECN Account terdapat biaya tambahan berupa komisi disamping dikenakan spread. Sedangkan pada account lainnya (micro atau standard/normal account), biaya yang dikenakan hanya spread dan tidak dikenakan komisi.

Semoga artikel ini dapat membuat Pak Prasetyo menjadi tidak bingung lagi :)

2 komentar:

  1. Pak kok saya buka Go Markets itu ndak bisa ya?

    BalasHapus
  2. Bisa, saya menggunakan GoMarkets sudah setahun ini. Hanya saja proses pendaftaran agak ribet dimana copy KTP harus dilegalisir oleh Notaris dikarenakan peraturan Australia mengharuskan seperti itu.

    BalasHapus