Sabtu, 10 September 2011

MT4 Alert

Saya setuju sekali jika trading manual adalah salah satu pilihan yang tepat untuk melakukan trading. Namun karena terbatasnya waktu untuk melakukan monitor terus menerus membuat hal yang tidak mungkin dilakukan.

Oleh karenanya bantuan sebuah EA juga saya rasa sangat diperlukan dalam menentukan kapan melakukan entry.

Perihal maksud diatas, saya telah menemukan cara trading saya yang benar (menurut saya) namun selalu lewat dalam melakukan entry. Jika Bapak tidak keberatan, tolong buatkan saya EA atau beri saya petunjuk dalam membuatnya

EA ini hanya memberikan ALERT berupa BUNYI yang keras ketika harga menyentuh atau sama dengan harga yang diinputkan (entry dilakukan manual).

Bila bapak tidak keberatan nanti saya akan buat ilustrasinya

Mohon bantuannya.
Terima kasih

Salam,
Yulianto Hardana




Pak Yulianto,

Bila hanya sekedar alert berupa bunyi maka yang diperlukan bukanlah EA. Metatrader telah menyediakan fasilitas alert tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan Pak Yulianto. Yang perlu dilakukan hanyalah tentukan saja di harga berapa alert tersebut akan berbunyi.

Untuk membuat alert dengan menggunakan Metatrader, berikut dibawah ini langkah-langkahnya:

Langkah 1:
Tentukan di harga berapa alert akan berbunyi sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini



Pada contoh diatas, ditentukan alert akan berbunyi pada saat garis BID berada di bawah harga 1,36200 (garis kuning).

Langkah 2:
Setup alert pada Metatrader agar berbunyi pada harga yang telah ditentukan



Bunyi pun dapat diubah-ubah, Pak Yulianto dapat menggunakan file audio dengan format WAV yang sesuai selera. Tinggal ubah saja kolom SOURCE dan arahkan ke file WAV yang diinginkan.

Langkah 3:
Selesai dan tunggu bunyi alert



Sangat mudah bukan?

Pak Yulianto tidak perlu repot melakukan pemprograman sendiri dikarenakan Metatrader telah menyediakan fasilitas alert built-in didalamnya.

Detil setup alert adalah sebagai berikut:



Alert dapat berupa suara (sound), menjalankan program tertentu (file), atau mengirimkan email.



Untuk pengiriman email, Anda harus menggunakan email yang memiliki fasilitas SMTP server dan mengisikannya pada tab Email di menu Options seperti gambar diatas.



Kriteria alert dapat berupa Bid Lebih Kecil (Bid <), Bid Lebih Besar (Bid >), Ask Lebih Kecil (Ask <), Ask Lebih Besar (Ask >), atau Waktu (Time).

Contoh diatas digunakan kriteria apabila Bid Lebih Kecil daripada harga 1,36200 (Value). Akan tetapi dapat juga digunakan kriteria waktu, misal pada jam 17:00 alert berbunyi. Maka yang dilakukan adalah memilih Time pada kolom Condition dan kemudian mengisi nilai 17:00 pada kolom Value.



Gambar diatas menunjukkan pemilihan file audio WAV. Untuk menggunakan file WAV selera sendiri, file tersebut harus di copy ke folder \MetaTrader 4\sounds\ agar dapat ditampilkan sebagai pilihan pada kolom Source.



Kolom TimeOut adalah untuk menentukan berapa lama alert tersebut berlaku. Bila ditentukan 1 jam dan ternyata kriteria tidak terpenuhi meskipun telah 1 jam berlalu, maka alert akan kadaluarsa dan harus ditentukan kriteria baru.



Kolom Iterations adalah nilai berapa kali alert akan dilakukan bila kriteria terpenuhi. Misalnya bila diisi dengan nilai 10, maka alert akan berbunyi atau menjalankan program atau mengirimkan email sebanyak 10 kali pada saat kriteria terpenuhi.

Mohon maaf bila saya tidak dapat memprogramkan EA atau indikator. Disamping tidak sesuai dengan tujuan blog ini yang hanya digunakan untuk berbagi serta bertukar ilmu dan bukan untuk berjualan jasa pemprograman, juga dikarenakan terbatasnya waktu luang yang saya miliki.

Semoga artikel ini dapat membantu Pak Yulianto.

4 komentar:

  1. Salam kenal pak, blognya bagus, sy dapat penecerahan baru masalah EA, kenalkan pak saya samuti (moch.samuti@gmail.com) setelah sy baca seluruh artikel Bapak, sy mempunyai tratding EA yaitu sy mengatifkan EA bila di indikator ada buy/sell yg tepat maka sy entry dgn mengatifkan EA dn bila di indikator sdh tercapai takeprofit sesuai kondisi pasar/maksimal maka sy exit walaupun EA belum tercapai takeprofit, menurut bapak, bagaimanakah sistem trading sy ini, mohon pencerahan dan jawaban.. (moch.samuti@gmail.com) trims atas bantuannya

    BalasHapus
  2. Tidak perlu EA apabila yang dilakukan hanya seperti itu. Gunakan saja script buy/sell saat indikator dirasa tepat dan gunakan script close buy/sell untuk take profit. Script lebih hemat resource daripada EA.

    BalasHapus
  3. klau begitu itu entri dan exit dan dlam EA itu bagaimana.. sy jadi bingung sendiri karena sy senang menggunakan EA ketimbang manual.. mohon pencerahan lagi, trims ya pak

    BalasHapus
  4. Kalau lebih senang dengan EA, ya sudah lakukan saja dengan itu. Akan tetapi yang Anda lakukan bukanlah automatic trading yang sepenuhnya menggantungkan entry exit pada EA, tetapi masih manual trading.

    Anda harus mengaktifkan EA untuk entry buy/sell bila kriteria terpenuhi dan harus melakukan manual exit. Hal tersebut juga dapat dilakukan dengan bantuan script, cukup lakukan double klik pada script buy/sell saat kriteria terpenuhi dan double klik lagi pada script exit saat take profit.

    BalasHapus