Rabu, 21 Desember 2011

CLOSED: Andromeda Trading Contest

Bagi para pembaca yang masih ingin mendaftarkan diri, mohon maaf sebesar-besarnya dikarenakan batas kuota 50 orang sudah tercapai dan pendaftaran untuk trading contest telah ditutup.

Berikut adalah daftar peserta yang akan mengikuti trading contest Tahap I yang akan dimulai pada tanggal 16 Januari 2012 s.d. 11 Februari 2012 dengan menggunakan demo account dari broker GoMarkets:

01. Sugeng Harijadi
02. Mochamad Samuti
03. Subagiyo Abimanyu
04. Agus Marianto
05. Ibnu Hunaifin
06. David Silalahi
07. Rizki Hedi Kusumah (Farrel)
08. Suparmana Sigit
09. Irfansyah Al Kautsar
10. Yose Permata
11. Mahadi Bawaleksana
12. Mardiyanto
13. Max Christopher
14. Diduk Sukandar
15. Andi Firmansyah
16. Khusnul Abdi
17. Dwi Sugiarto
18. Yuli Nurjianto
19. Tugiyana
20. Prasetyo Soemardi
21. Murti Rahayu
22. Epafras Budiawan
23. Misbahussurur
24. Asril Asham
25. Andiono
26. Dwi Cahyo Afrianto
27. Dian Siswa Tyas Prasetya
28. Andi Hakim Barmawi
29. Aldi Chundra
30. Johan
31. Yulianto
32. Bambang Trianto
33. Emad
34. Herry Prasetyo
35. Ngadirin
36. Yanna Dwita
37. Sukristiono
38. Agus Soekmiyanto
39. Septya Iravianty
40. Muh. Syaiful Anwar
41. Sundoko
42. Abduh Salam
43. Martinus
44. Dany Wardiyanto
45. Endra Kurniawan Tohary
46. Suyono
47. Edi Masykur
48. Sonny Widiyanto
49. Eko Wahyu Cheswantoro
50. Yulianto Eko Saputro


Kontes sengaja dimulai pada tanggal 16 Januari 2012 dimana diperkirakan pada saat tersebut kondisi market sudah kembali normal dan tidak lagi sepi akibat terpengaruh libur Natal dan Tahun Baru.

Sementara waktu menunggu, silahkan download demo Metatrader dari :
- Gomarkets, atau
- dari blog ini
agar dapat digunakan sebagai sarana berlatih serta untuk membiasakan diri terlebih dahulu sebelum trading contest dimulai.

Supaya kondisi berlatih saat ini sama dengan kondisi saat trading contest nanti maka lakukan setting di Metatrader GoMarkets hasil download dari link diatas yang telah terinstall di komputer Anda seperti gambar dibawah ini:



Terlihat pada gambar diatas, digunakan modal awal USD 100 dan leverage 1:500. Nantinya kontes juga akan menggunakan parameter yang sama seperti gambar diatas.

Oleh karenanya, gunakan setting sesuai gambar diatas agar nantinya saat kontes berlangsung sudah terbiasa. Supaya nanti sudah tidak kaget lagi dikarenakan selama ini sudah berlatih dengan kondisi yang sama :)

Selanjutnya, nanti pada tanggal 14 Januari 2012 akan dikirimkan email yang berisi nomor account beserta password kepada seluruh 50 peserta yang telah mendaftarkan diri.

Isikan nomor account beserta password tersebut pada Metatrader GoMarkets seperti gambar dibawah ini:



Bila pengisian nomor account beserta password dilakukan dengan benar dan tidak terjadi salah ketik, maka Metatrader di komputer Anda akan seperti gambar dibawah ini:


Terlihat modal yang digunakan adalah 100 dan koneksi ke broker juga terlihat baik serta lancar. Bila hal ini terjadi maka account milik Anda telah siap digunakan untuk trading contest.

Silahkan lakukan trading mulai hari Senin tanggal 16 Januari 2012 s.d. hari Sabtu pagi tanggal 11 Februari 2012.

3 orang peserta yang memiliki profit terbanyak dan tidak mengalami kerugian (drawdown) sampai separuh modal awal, maka berhak untuk mengikuti kontes Tahap II yaitu live trading dengan menggunakan modal uang sebenarnya.

Agar dapat lebih jelas, sebagai contoh modal yang digunakan adalah 100.

Bila peserta tersebut mengalami loss terus menerus sampai akhirnya jumlah Balance mencapai kurang dari 50 (kurang dari setengah modal), maka akan dianggap gagal.

Atau, bila peserta tidak menggunakan SL dan entry mengalami floating loss cukup besar sehingga nilai equity kurang dari 50 (kurang dari setengah modal), maka akan dianggap gagal.

Contoh lain, modal awal 100 dan berhasil profit sampai 1500. Kemudian terjadi loss cukup besar sehingga modal menjadi 75. Peserta ini belum dianggap gagal dikarenakan loss yang dialami tidak sampai menggerus setengah modal. Akan tetapi bila loss yang terjadi mengakibatkan modal hanya tersisa 49,9 maka akan dianggap gagal.

Tujuan pembatasan ini adalah agar para peserta disiplin dalam menjaga modalnya. Oleh karenanya, jaga baik-baik dan pertahankan modal tersebut semaksimal mungkin agar jangan sampai dianggap gagal.

Pembatasan ini berlaku untuk kontes Tahap I maupun Tahap II.

Agar modal tetap aman dan tidak beresiko, dapat digunakan 0,01 lot. Sedangkan bila yakin akurasinya baik maka dapat digunakan maksimal 0,1 lot. Gunakan money management yang bijak agar modal tetap terjaga aman.

Tujuan kontes ini hanya 2 hal yaitu:
- bagaimana caranya menjadikan yang kecil agar menjadi besar
- bagaimana caranya modal tetap aman dan tidak tergerus dalam.

Sedangkan untuk cara trading, cara apapun boleh digunakan.

Kalau menyukai manual, silahkan gunakan manual. Kalau menyukai robot, silahkan gunakan robot. Kalau menyukai campuran manual dan robot, silahkan gunakan juga. Yang penting hasilnya profit dan maksimal loss tidak boleh setengah dari modal.

Bila masih terdapat hal-hal yang kurang jelas, silahkan ajukan pertanyaan.

Lebih baik bertanya sekarang daripada malah sesat di jalan dan akhirnya gagal :)

8 komentar:

  1. Pak Ary, apakah ada hadiah hiburan pada tahap 1 bagi the best player misalkan drawdown terkecil atau profit terbesar gtu,,hehehe cuma kasih pendapat,,

    BalasHapus
  2. Tuga orang the best player Tahap I otomatis akan masuk Tahap II dan akan mendapatkan hadiah bila berhasil bertahan profit pada Tahap II :)

    BalasHapus
  3. pa ary masalah draw down gambarannya lihat di https://www.myfxbook.com/ jadi patokannya di web tersebut, apa demikian...

    BalasHapus
  4. Tidak, myfxbook hanya menghitung realize loss dan tidak menghitung floating loss seperti halnya di Strategy Tester Metatrader.

    Besok akan saya buatkan artikel agar dapat lebih jelas akan masalah drawdown ini.

    BalasHapus
  5. berarti total loss seluruh transaksi tidak boleh 50% dari modal..

    BalasHapus
  6. Benar, karena kalau terjadi floating loss besar sehingga jumlah Equity kurang dari 50, maka oleh EA yang berada di VPS akan otomatis di close.

    Sehingga yang semula hanyalah floating loss, akan langsung berubah menjadi realize loss akibat adanya automatic closing oleh EA.

    Hal ini sengaja dilakukan agar modal tetap terjaga dimana maksimal loss hanya sampai 50% dan bukan terjadi total loss sampai 0 akibat margin call.

    BalasHapus
  7. pak, bagi yang memasukkan angka depo lebih dari 100 apa kena sangsi?

    BalasHapus
  8. Jumlah Deposit tidak dapat dibuat sendiri sesukanya.

    Nanti pada tanggal 14 Januari 2012 akan dikirimkan nomor account beserta password via email ke masing-masing peserta.

    Nomor account dan Password tersebut adalah account resmi yang digunakan dalam trading contest dimana Deposit telah di set 100 dan leverage 1:500.

    Tentunya peserta yang membuat account sendiri diluar account yang telah ditentukan diatas, maka tidak akan diperhitungkan dalam kontes.

    BalasHapus