Selasa, 20 Desember 2011

Copas Blog

Selamat siang pak ari

Perkenalkan saya Rizal, salah satu fans penggemar berat dari tulisannya Pak Ari... hehehe

Saya adalah pembaca setia blog nya Pak Ari, semua tulisan pak Ari bener-bener luar biasa, terkagum-kagum saya membacanya.

Begini pak Ari, saya sebelum nya mohon maaf sekaligus minta ijin tentunya jika pak Ari berkenan mengizinkan saya untuk mengutip/mengcopy paste beberapa link eLearing Video ke dalam blog saya, Apakah boleh pak Ari??

Wassalamualaikum.



Pak Rizal,

Silahkan bila ingin mengcopy video eLearning maupun artikel-artikel yang ada.
Toh tujuan blog ini untuk berbagi ilmu, jadi silahkan dicopy sebanyak-banyaknya :)

Tetapi mohon agar dicantumkan link sumbernya agar yang membaca nantinya dapat mudah bila ingin melakukan penelusuran sendiri.

Etika yang berlaku di web, sepanjang link sumber dicantumkan maka tidak akan ada masalah nantinya dan tidak dapat dikatakan sebagai pembajakan dikarenakan dianggap hanya sekedar mengutip, sehingga sumber aslinya tetap dihargai.

Bila tidak mencantumkan link sumber maka dapat dianggap melakukan pencurian atau pembajakan dikarenakan yang membaca akhirnya merasa bahwa tulisan tersebut adalah karya pemilik blog, padahal kenyataannya bukan. Dengan adanya link sumber maka si pembaca akan memaklumi bahwa artikel tersebut adalah hasil kutipan.

Tidak masalah bila mengutip, toh dalam membuat skripsi, thesis, atau karya ilmiah juga diperbolehkan dan tidak harus melulu tulisan sendiri. Apalagi di web, tentunya boleh-boleh saja mengutip tulisan milik orang lain.

Tidak semua hal dapat kita ketahui dan mampu ditulis sendiri, oleh karenanya mengutip sepanjang sumber aslinya dicantumkan, adalah suatu hal yang legal dan diperbolehkan.

Hanya saja untuk video eLearning, link downloadnya masih belum sempat saya lengkapi.
Saat ini kebanyakan video eLearning tersebut memiliki link download hanya di FileServe.com.

Padahal sebenarnya sudah saya upload ke 3 server lain yaitu Filesonic, FilePost, dan Oron. Semoga pada saat libur akhir minggu ini dapat lebih saya lengkapi.

Oleh karenanya, bila ingin lebih menghemat waktu, untuk sementara waktu silahkan dicopy saja video yang sudah memiliki link di 4 server. Sedangkan untuk video lain, lakukan copy paste pada minggu depan dimana link downloadnya sudah saya lengkapi.

Demikian Pak Rizal, selamat melakukan Copy Paste :)



Alhmdulillah Terimakasih Pak Ari atas kebaikannya, Semoga Allah SWT selalu melindungi Pak Ari sekeluarga, Amien..

1 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya.

    sepertinya anda berbakat untuk urusan membuat postingan yang ini, jujur saja kamu punya kelebihan tersendiri, dan saya akan berkunjung lagi bila ada waktu.



    #Semoga sehat selalu :D

    BalasHapus