Selasa, 06 Desember 2011

Lot Size

Selamat Malam Pak Ary,

Saya mau tanya pak, pada demo metatrader vantage fx kok tidak terdapat ukuran lot 0,1 pak?

Hanya lot 0,01-0,05 dan 1-10 lot. Padahal untuk modal 500$ kan idealnya menurut saya lot 0,1 (1$/pip) untuk tipe scalping pemula seperti saya yang hanya mengambil 30-50 pip/hari.

Dengan tingkat lot yg tersedia hanya 0,01-0,05 dan 1-10 lot terdapat gap modal yang sangat jauh pak.
Untuk lot 0,05 dan leverage 1:100 dibutuhkan modal untuk OP sekitar 75$ (100.000$/100 x 0,05 x harga pada saat itu (contoh 1,50000), sedangkan untuk lot 1 dan leverage 1:100 dibutuhkan modal untuk OP sekitar 1500$.

Jika mengubah leverage lebih besar, saya pikir bukan memudahkan, tapi akan mengancam modal kita cepat habis.

Walaupun saya masih lama untuk memulai akun real, namun pada saat saya tau hanya tingkatan lot tersebut yang tersedia, saya jadi bingung karena dalam rencana trading saya, saya mulai trading dengan lot 0,1.

Jikalau memang ukuran lot tsb tidak tersedia, saya takut jadi serakah pak karena mengincar poin banyak, sedangkan konsistensi saya hanya 30-50 pip,,oleh karena itu mohon saran dan petunjuk dari bapak biar saya tenang gitu.

Terima kasih banyak Pak atas kesediaannya yang tak pernah bosan menjawab pertanyaan saya.
Semoga bapak selalu diberkati Tuhan Yang Maha Esa.

Salam,
Irfansyah



Pak Irfansyah,

Terima kasih banyak atas doanya.

Ukuran lot yang Pak Irfansyah lihat pada Order Windows Metatrader hanyalah digunakan untuk mengetahui berapa ukuran lot terkecil yang digunakan oleh broker tersebut.


Seperti terlihat dalam gambar diatas, ukuran terkecil adalah 0,01 dan terbesar adalah 8 lot.

Meskipun nilai 0,1 atau 25 tidak tertulis pada Order Windows, Pak Irfansyah tetap dapat menggunakan 0,1 lot atau 25 lot dengan cara mengetik langsung angkanya pada kolom Volume. Misalnya Pak Irfansyah menginginkan entry dengan 0,1 lot, ketik saja nilai tersebut pada kolom Volume dan setelahnya klik Buy atau Sell. Maka entry akan terjadi dengan nilai lot sesuai keinginan Pak Irfansyah.

Order Windows diatas adalah cara termudah dan tercepat untuk mengetahui berapa ukuran lot terkecil yang digunakan oleh suatu broker.

Seperti ditulis pada artikel terdahulu, broker yang baik adalah broker yang memberikan lot sekecil mungkin sehingga resiko trader menjadi minimal dan modal menjadi lebih hemat. Sedangkan broker yang tidak baik pada umumnya tidak mau memberikan lot kecil dengan tujuan agar trading selalu dilakukan dengan lot besar dan modal cepat habis.

Sebagai patokan, nilai lot terkecil pada broker yang baik adalah 0,01 lot seperti yang diberikan oleh VantageFX. Sedangkan broker market maker pada umumnya memberikan lot terkecil 0,1 lot (10 kali lipat daripada VantageFX atau broker STP/ECN lain). Salah satu contoh broker yang memberikan 0,1 lot adalah FXPro, sehingga trading mau tidak mau harus dilakukan dengan minimal 0,1 lot.

Order Windows jangan dijadikan patokan bahwa nilai yang tidak tertulis disitu kemudian tidak diberikan oleh broker tersebut. Yang tercantum pada Order Windows hanyalah sekedar pemberitahuan kalau trading dapat dilakukan dengan lot terkecil 0,01.

Untuk mendeteksi batasan-batasan yang diberikan oleh broker tersebut tidak dapat digunakan Order Windows, tetapi harus digunakan script atau indicator seperti yang dicontohkan dalam gambar dibawah ini:


Pada gambar diatas digunakan indikator buatan sendiri yang menampilkan batasan-batasan pada broker VantageFX.

Terlihat bahwa Minimal Lot 0,01, Maximal Lot 100, dan Lot Step 0,01. Nilai-nilai ini dapat diartikan bahwa trading dapat dilakukan dengan minimal 0,01 lot sampai maksimal 100 lot. Penambahan lot harus dilakukan dalam kelipatan 0,01 (Lot Step).

Sebagai contoh, Pak Irfansyah dapat melakukan trading dengan 0,01 lot atau kalau modalnya besar maka dapat trading dengan 100 lot sekali entry. Nah, bagaimana kalau ingin membeli 250 lot? Dikarenakan batasan maksimal adalah 100 maka untuk 250 lot harus digunakan entry sebanyak 3 kali yaitu 2 kali entry menggunakan 100 lot dan 1 kali entry menggunakan 50 lot.

Sedangkan contoh Lot Step misalnya Pak Irfansyah pertama kali entry menggunakan 0,1 lot dan berhasil laba. Pada entry kedua, lot ingin dinaikkan menjadi 0,115 lot. Hal ini tidak akan dapat dilakukan dikarenakan batasan lot step adalah 0,01. Sehingga bila ingin menaikkan nilai lot, maka nilai yang benar adalah 0,11 (kelipatan 0,01) dan bukan 0,115 (kelipatan 0,005).


Pada gambar diatas juga terlihat bahwa untuk membeli 1 lot dengan leverage 1:500 maka diperlukan modal minimal sebesar USD 269.44 (margin requirement). Sedangkan arti dari StopOut adalah level dari margin call dimana bila nilai free margin dibawah 30% maka seluruh entry akan dilikuidasi secara otomatis oleh broker dan hal ini biasanya disebut sebagai terkena margin call.

Kembali kepada rencana trading Pak Irfansyah, kenapa tidak memulai dengan yang kecil terlebih dahulu?

Dalam hidup, segala sesuatu harus dimulai dari yang kecil dimana perlahan-lahan kita berusaha besarkan dengan bantuan berjalannya waktu.

Hal tersebut tidak hanya berlaku dalam kehidupan kita, tetapi juga berlaku dalam trading. Dengan memulai dari yang kecil maka resiko akan lebih minimal dan tentunya bila terjadi loss maka modal juga tidak tergerus dalam.

Oleh karena itu, sebaiknya Pak Irfansyah terlebih dahulu memulai dengan 0,01 lot. Belajar mengumpulkan point/pip terlebih dahulu dan bukan mengumpulkan dollar. Toh bila nanti selama 1-2 bulan Pak Irfansyah telah mampu konsisten memperoleh 30-50 pip, langkah selanjutnya tinggal menaikkan nilai lot dan mulai mengejar dollar. Dengan cara ini maka modal Pak Irfansyah akan tetap aman dan juga tidak akan serakah.

Meskipun Pak Irfansyah mengatakan dalam tulisan diatas kalau tidak ingin serakah, tetapi coba baca sekali lagi, terlihat jelas bahwa Pak Irfansyah belum melakukan trading saja sudah serakah :)

"Jikalau memang ukuran lot tsb tidak tersedia, saya takut jadi serakah pak karena mengincar poin banyak, sedangkan konsistensi saya hanya 30-50 pip"

Dari kalimat ini saja sudah jelas kalau yang dikejar bukanlah pip, tetapi dollar. Pak Irfansyah ingin meningkatkan nilai lot supaya mendapatkan dollar yang banyak. Sehingga bila digunakan lot kecil maka yang dilakukan adalah mengejar pip agar target dollar terpenuhi. Nah, kalau sudah begini apa namanya? Ya jelas serakah :)

Buang jauh-jauh nafsu serakah tersebut, cepat atau lambat akan menghancurkan Pak Irfansyah sendiri, baik dalam trading maupun dalam kehidupan sehari-hari. Ambil yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, kalau mampu mengambil 30 pip, ya sudah ambil saja itu dan setelahnya istirahat.


Karena itu, sebaiknya memulai dengan 0,01 lot saja. Tanpa Pak Irfansyah sadari nafsu serakah tersebut sudah ada dalam diri padahal masih dalam tahap membuat rencana. Bayangkan nantinya kalau sudah trading benaran, wah bisa-bisa langsung beli 100 lot :)

Demikian Pak Irfansyah, semoga artikel ini dapat membuat nafsu serakahnya menjadi hilang :)

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak pak atas penjelasannya.
    Oh, ternyata bisa diketik manual to pak, saya benar2 gak tau, enak dah kalo gitu.
    Hahahaha, saya sampe ketawa sendiri pak baca jawaban dari bapak,,bapak bisa tau apa yang ada dalam pikiran saya, padahal saya sendiri tidak mengetahuinya. Itulah manfaatnya konsultasi dengan bapak.
    Saya ingin memulai trading dengan 0,1 lot karena itu merupakan jumlah ideal pak, jikalau terlalu kecil, malah tidak semangat pak, terlalu besar beresiko. Begitu juga seperti penetapan SL, kalo saya pasang SL besar, saya malah gampangin, oleh karena itu saya pasang SL 10 biar bener2 teliti. Jadi biar diri saya terpacu dan bersemangat pak.

    BalasHapus