Selasa, 13 Desember 2011

Multi Brokers Test #6

Pagi ini seluruh account pada uji coba pembandingan berbagai broker yang menggunakan 0,01 lot dan modal 1250 mengalami loss yang cukup besar yaitu $150 sehingga EA Blessing menghentikan aktivitas trading dikarenakan fitur equity protection terpicu.


Dikarenakan pada uji coba kali ini hanya digunakan 1 pair saja maka penelitian penyebab terjadinya loss menjadi lebih mudah daripada sebelumnya. Berikut dibawah ini adalah detil trades history :


Terlihat kemarin Blessing melakukan 5 kali entry dan seluruhnya adalah Buy. Padahal kemarin sangat jelas sekali trend EU adalah downtrend. Sehingga bila dilakukan entry Buy maka sudah pasti akan salah arah dan mengalami loss.

Selain itu, dari trades history diatas terlihat Blessing melakukan metode martingale dimana lot bertambah terus menerus meskipun entry jelas-jelas salah arah. Akibatnya floating loss lama kelamaan menjadi sangat besar dikarenakan entry berkali-kali dilakukan meskipun melawan arah trend dan masih ditambah lagi dengan membesarkan jumlah lot.

Hal inilah yang menyebabkan equity protection kemudian terpicu dan akhirnya seluruh aktivitas trading secara otomatis dihentikan oleh Blessing.

Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa Blessing menuntut adanya modal yang sangat besar untuk menahan floating loss bila trend terus menerus hanya bergerak satu arah seperti yang terjadi kemarin.

Berbeda dengan kondisi pada minggu lalu dimana kinerja Blessing sangat baik dikarenakan trend bergerak naik turun dalam radius sempit dan tidak bergerak hanya satu arah seperti yang terjadi kemarin.

Berikut dibawah ini adalah Open Trades pagi ini dari broker FigFX:


Terlihat bahwa meskipun floating loss telah mencapai $2000 tetapi entry masih dibiarkan dalam kondisi terbuka menunggu trend berbalik arah.

Pada FigFX dan FXPro digunakan modal 50 ribu dengan 0,1 lot sehingga kemampuan untuk menahan floating loss pada 2 account ini lebih besar dikarenakan modal yang digunakan pun sangat besar.

Bila dibandingkan dengan trades history diatas, terlihat dikarenakan faktor ketidakcukupan modal maka Blessing hanya melakukan martingale sampai dengan 0,06 lot. Tetapi pada FigFX dan FXPro mampu dilakukan sampai 0,08 lot (0,8 lot dibagi 10).

Sehingga dapat diartikan bahwa sepanjang modal masih cukup maka Blessing akan melakukan martingale terus menerus meskipun akan mengakibatkan floating loss yang besar. Dan bila nantinya batas equity protection tercapai maka seluruh open trades akan ditutup dan aktivitas trading dihentikan.

Hal inilah yang terjadi pada broker yang menggunakan 0,01 lot dimana pada saat loss telah mencapai $150 atau 12% (150 : 1250) dari modal maka equity protection terpicu. Sedangkan pada broker yang menggunakan modal besar, meskipun loss telah mencapai 2000 atau 4% (2000 : 50 ribu), equity protection masih belum terpicu sehingga tidak dilakukan close terhadap open trades.

Dari hal diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 buah faktor utama yang menunjang kinerja Blessing yaitu yang pertama adalah kondisi trend itu sendiri dan yang kedua adanya modal yang cukup.

Bila trend bergerak naik turun dalam rentang sempit seperti halnya pada minggu lalu maka kemungkinan Blessing selamat akan lebih besar dikarenakan entry yang semula dalam kondisi floating loss akan segera berubah menjadi profit akibat trend berbalik arah.

Akan tetapi, bila entry bergerak hanya menuju satu arah saja seperti yang terjadi kemarin maka Blessing menuntut adanya modal yang sangat besar agar tetap mampu menahan floating loss. Bila modal tidak mencukupi maka fitur equity protection akan terpicu dan seluruh entry akan di close sehingga hal ini akan mengakibatkan yang semula masih dalam kondisi floating loss berubah menjadi realize loss dan langsung menggerus modal.

Bagi yang berminat untuk menggunakan Blessing pada live account, waspadai kondisi trend. Jangan pernah gunakan Blessing bila trend bergerak kencang hanya menuju satu arah dikarenakan bila modal tidak mencukupi maka sudah pasti modal akan tergerus.

Hasil uji coba kemarin telah menunjukkan kepada kita semua salah satu kelemahan Blessing. Oleh karenanya, mari kita pantau bersama uji coba pembandingan pada hari-hari berikutnya untuk mengetahui apakah masih terdapat kelemahan Blessing lainnya.

4 komentar:

  1. pak ary,blessing punya FMC atau Force market condition,dimana kita bisa memaksa suatu kondisi market tertentu untuk membantunya dengan analisa kita.

    kita bisa pilih market sedang uptrend atau downtrend atau membiarkannya menentukan kondisi market sendiri

    jadi kalau terjadi seperti kondisi diatas ,kita input saja FMC sesuai kondisi analisa kita :)

    BalasHapus
  2. Tuh khan, Pak Hadi lebih ahli dalam hal EA daripada saya sendiri :)

    BalasHapus
  3. Artinya kalau kita menggunakan EA tidak bisa dilepas begitu saja ya Pak Ary, perlu disopiri. Saya awam mengenai EA, masih menggunakan cara manual. Paling tidak dengan pengujian ini saya mendapatkan gambaran, ternyata menggunakan EA juga perlu pemahaman terhadap kinerja EA itu sendiri.

    BalasHapus
  4. Prinsipnya kalau EA tersebut kinerjanya baik, maka akan aman kalau dilepas begitu saja.

    Yang menjadi masalah, lebih banyak EA yang tidak baik sehingga akan tidak aman bila dilepas begitu saja sehingga perlu "disopiri". Hal inipun saya ketahui dari Pak Hadi dimana ternyata banyak sekali yang menjadi sopir EA :)

    Hanya saja, untuk menjadi sopir tidaklah mudah, disamping perlu pemahaman akan EA itu sendiri, juga perlu adanya pemahaman akan arah trend agar EA tidak salah arah.

    Kalau saya pribadi, daripada repot seperti itu, kenapa tidak fokus manual saja. Toh sama saja dengan menyopir EA :)

    BalasHapus