Senin, 19 Desember 2011

NewEA

selamat malam pa ary,

Pa Ary saya dapat kiriman EA dari temen konon harga ini dijual 10 juta.

Menurut yg menjualnya, EA ini mampu menghasilkan konsisten

ada petunjuknya file pdf

terima kasih sebelumnya

samuti



Pak Samuti,

Semoga saja Pak Samuti bukan salah satu pembeli EA ini :)

Jujur saja, EA ini adalah EA Komersial paling sederhana yang pernah saya temui. Settingnya sangat sederhana, bahkan di file PDF panduannya pun tidak ada penjelasan time frame yang digunakan.


Kebanyakan EA yang pernah saya temui, terutama EA Komersial yang diperjualbelikan, pada umumnya memiliki banyak sekali parameter yang harus di setting. Sampai-sampai menjadikan saya berpikir, jangan-jangan memang disengaja dibuat parameternya sangat banyak agar nantinya kalau mengalami loss maka penjualnya bisa berkilah kalau si pembeli salah setting :)

Disamping itu, penentuan time frame sangatlah mempengaruhi kinerja EA. Sebagaimana diketahui, EA memiliki karakteristik yang telah ditentukan oleh pembuatnya dan hanya akan bekerja baik bila digunakan di time frame tertentu.

Akan tetapi setelah saya melihat kode MQL-nya, barulah saya paham. Ternyata antara pembuat panduan dan pembuat EA adalah orang yang berbeda :)

Pada panduan dan pada EA terdapat alamat situs yang berbeda satu dengan yang lainnya. Setelah dicek, memang benar berbeda bahkan lokasi kotanya pun berbeda.

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa si pembuat panduan telah membajak EA milik orang lain, membuat panduannya, dan kemudian menjual di seminar serta di situs miliknya. Pantas saja panduannya sangatlah sederhana dan bahkan tidak ada penjelasan time frame yang digunakan.

Dan sepertinya si pembuat panduan ini juga tidak menguasai kode-kode MQL dan "kelupaan" untuk membersihkan kode EA sehingga masih terdapat detil dan alamat situs pembuat EA yang sebenarnya :)

Yang dijualnya bukanlah karyanya sendiri tetapi hasil karya orang lain.

Kasihan yang membeli 10 juta karena telah membeli dari orang sebenarnya juga tidak paham pada barang yang dijualnya :)

Hal ini diperparah dengan EA ini tidak menggunakan StopLoss. Selain itu, dalam panduannya disebutkan bahwa jangan panik kalau mengalami floating loss sampai ratusan pip. Sepanjang modal masih dapat bertahan maka nantinya EA akan kembali profit dikarenakan dalam forex gerakan harga naik turun. Sehingga kalau sudah turun banyak, pasti nantinya akan naik dan akan menjadi profit.

Perlu diketahui, tidak selamanya gelombang trend akan naik turun di tempat yang sama.

Kalau belum yakin, silahkan buka chart EURUSD dan pindahkan ke time frame Weekly. Andaikan melakukan entry Buy pada awal Juli 2008 di 1,5600, tidak digunakan SL dan hanya mengandalkan kekuatan modal. Kapan dapat kembali ke tempat yang sama dikarenakan EURUSD sampai dengan hari ini turun terus dan saat ini berada di kisaran 1,3000.

Oleh karenanya kasihan yang membeli EA ini dengan harga mahal dikarenakan tertipu 2 kali, yaitu pada saat melakukan pembelian dan nantinya pada saat modal amblas akibat trend tidak balik arah (sebagaimana yang dikatakan si penjual :) ) sehingga terkena margin call akibat modal tidak lagi kuat menahan floating loss.

Akan tetapi, agar tidak penasaran dan agar dapat menjadi lebih jelas akan kinerja EA ini, toh tidak ada salahnya untuk dilakukan uji coba forward test.

Uji coba dapat dipantau pada link ini secara real time : ea.andromeda-trading.com

1 komentar:

  1. Waduh kasihan juga ya pa ary temen2ku yg dah beli dan ikut seminarnya... untungnya sy bukan pembeli atau member yg ikut seminar ini.... sy selalu ikut saran pa ary klau ada yg gratis ngapain repot2 pakai yg bayar... trims ya pa ary

    BalasHapus