Kamis, 22 Desember 2011

Stop Out

Dua buah komponen utama yang sangat berperan dalam money management maupun untuk menjaga agar modal tetap aman adalah jumlah Balance dan Equity.

Jumlah balance hanya bertambah atau berkurang akibat adanya profit atau loss yang telah terealisasi (realized) saat entry di closed. Sedangkan jumlah Equity akan bertambah atau berkurang akibat 2 hal yaitu:
- bila profit/loss telah terealisasi (realized - seperti halnya balance diatas)
- bila profit/loss belum terealisasi dan masih mengambang (floating)

Agar lebih mudah dipahami, penjelasannya pada gambar dibawah ini:


Terlihat pada gambar diatas digunakan modal awal USD 100 dan leverage 1:500. Tahap awal dilakukan entry buy dengan menggunakan 0,1 lot.

Gambar diatas juga membuktikan bahwa dengan menggunakan modal hanya USD 100 sudah sangat mencukupi untuk melakukan trading. Terlihat bahwa meskipun digunakan 0,1 lot, nilai Free Margin masih 379%. Sepanjang Free Margin masih diatas 200% maka modal masih cukup dan aman, asalkan digunakan SL sempit serta akurasi juga harus baik.


Dikarenakan saya sangat yakin pasti profit, kenapa tidak nekad sekalian :)

Lot ditambah lagi sehingga menjadi 0,2 lot. Akibat hal ini maka Free Margin menjadi dibawah 200%. Sudah sangat riskan, sehingga tidak dilakukan penambahan lot lagi, cukup digunakan hanya 0,2 lot dimana terbukti dengan hanya modal 100 maka mampu dibeli sampai 0,2 lot.


Nah, benar khan profit :)

Wah, bisa-bisa saya langsung jadi juara pertama trading contest dikarenakan hanya dengan sekali entry sudah berhasil profit 40% modal :)

Tenang... tenang... saya tidak ikutan trading contest kok, jadi jangan khawatir punya pesaing berat :)

Terlihat jumlah Balance tetap 100 sedang jumlah Equity bertambah menjadi 140. Seperti dijelaskan diatas, jumlah Equity bertambah atau berkurang akibat floating loss atau floating profit.

Seharusnya pada saat ini dilakukan exit agar profit terealisasi dan dapat menambah balance maupun Equity. Bila pada saat ini dilakukan close maka jumlah Balance maupun Equity akan menjadi 140.

Tetapi dikarenakan untuk memberikan contoh, maka entry tidak di close dan tetap dibiarkan.


Akibat tidak segera exit maka entry yang semula profit, akhirnya berubah menjadi loss. Terlihat floating loss yang terjadi sudah 28% dari modal. Seharusnya agar modal tetap terjaga aman maka pada saat ini sudah dilakukan cut loss.

Tidak apa-apa kehilangan sekaligus 28%, tetapi paling tidak modal yang cukup masih dimiliki. Toh bila diperhatikan nilai pip dari loss yang terjadi saat ini hanyalah sekitar 14 pip. Akan jauh lebih mudah melakukan recovery 14 pip daripada tetap dibiarkan dan akhirnya terkena margin call akibat kesalahan dari sekali entry.

Kalau modal habis, jangankan dapat melakukan recovery, untuk melakukan trading saja sudah tidak bisa :)

Oleh karenanya, metode pengamanan seperti ini akan diterapkan pada trading contest nanti.

Secara garis besar, peserta trading contest nanti akan diberi 2 pilihan yaitu:
- disiplin menggunakan SL dan melakukan exit sendiri agar modal terjaga tetap aman, atau
- dipaksa exit oleh EA yang memantau di VPS bila nilai Equity kurang dari 50% modal awal akibat membiarkan floating loss terbuka dengan jumlah cukup besar.

Pada pilihan kedua efeknya akan sama seperti margin call, hanya saja tidak terjadi saat jumlah modal mendekati 0, tetapi terjadi saat nilai Balance atau nilai Equity kurang dari 50% modal.

Hal ini sengaja dilakukan agar yang nantinya menjadi juara adalah yang memang benar-benar memiliki disiplin menjaga ketat keamanan modal yang dimilikinya.

Kalau hal ini tidak dilakukan, maka bisa saja yang menjadi juara adalah yang kebetulan beruntung dimana saat awal terbiasa membiarkan floating loss terbuka tetapi pada saat menjelang terkena margin call tiba-tiba trend berubah arah dan akhirnya menjadi profit :)

Yang diutamakan dalam trading contest ini bukanlah mengandalkan keberuntungan serta harap-harap cemas, tetapi mengandalkan kepada kemampuan technical serta disiplin tinggi.

Oleh karenanya, bagi yang tidak disiplin, jangan kaget nantinya bila entry yang dilakukan tiba-tiba close sendiri. EA akan memantau 24 jam penuh dimana akan secara otomatis melakukan close terhadap entry yang dilakukan pada account yang memiliki nilai balance atau nilai equity kurang dari 50% modal.

Sebagai contoh adalah gambar dibawah ini:


Terlihat jumlah Equity saat ini hanya 45,9, Free Margin menjadi minus, dan Margin Level 87,62%. Kalau hal ini dibiarkan maka modal akan habis sama sekali bila trend tidak segera berbalik arah.

Oleh karenanya tujuan EA memantau adalah untuk menjaga keamanan modal dimana pada saat Equity dibawah 50 atau saat Free Margin bernilai 0 atau saat Margin Level bernilai 100%, maka EA akan melakukan close secara otomatis.

Perlu diketahui bahwa seandainya tidak dilakukan close otomatis pun, maka saat Margin Level mencapai dibawah 50% akan di close secara otomatis oleh GoMarkets (margin call/stop out). Seperti terlihat dalam gambar dibawah ini:


Terlihat bahwa entry hanya tinggal 1 dikarenakan entry yang satu lagi di close otomatis oleh GoMarkets saat Free Margin mencapai dibawah 50%. Akibat close otomatis tersebut maka Free Margin saat ini meningkat menjadi 108%.

Detil Trade History adalah sebagai berikut:


Terlihat pada kolom comment diberi keterangan "SO" atau singkatan dari Stop Out / Margin Call. Close otomatis ini merupakan mekanisme broker untuk menjaga agar jangan sampai modal menjadi minus yang dapat berakibat klien akhirnya memiliki hutang ke broker (negative balance protection).

Nantinya bila trend tetap tidak balik arah, maka entry yang masih terbuka saat ini juga akan di close otomatis lagi oleh GoMarkets saat Free Margin mencapai dibawah 50% sehingga modal akan habis.

Seperti gambar dibawah ini, terlihat garis merah dikarenakan sudah mendekati level Stop Out 50%.


Dan seperti inilah kalau terjadi total Stop Out, modal hanya tersisa 11


Nah, dari penjelasan ini, semoga para peserta kontes menyadari bahwa lebih baik kehilangan 28% dengan melakukan cut loss pada saat kejadian diatas daripada membiarkan floating loss terbuka terus menerus yang dapat berakibat terkena Stop Out dan modal habis.

Semoga artikel ini dapat membantu para peserta kontes agar lebih disiplin dalam menjaga keutuhan modal yang dimilikinya.

Karena kalau tidak, maka EA yang akan bertindak untuk mendisiplinkan :)

3 komentar:

  1. oh begitu penjelasannya, jadi memang tujuannya adalah agar belajar amanah mengelola dana...

    BalasHapus
  2. berarti nanti pada saat mulai kontes ada raport mingguan dounk Pak Ary sebagai evaluasi diri dengan kontestan lain.

    BalasHapus