Minggu, 04 Desember 2011

STP/ECN Comparison #1

Hasil forward test EA Blessing di berbagai broker menunjukkan sesuatu yang menarik dimana hasil yang diperoleh pada masing-masing broker menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan.

Padahal digunakan EA yang sama, jumlah modal yang sama (USD 5000), nilai lot yang sama (0,01 lot), waktu start uji coba yang sama, dan leverage yang hampir sama (GoMarkets dan VantageFX 1:500 sedangkan Pepperstone 1:400).

GoMarkets dan VantageFX hanya menawarkan account yang menggunakan spread dan sama sekali tidak menawarkan account yang menggunakan campuran antara komisi dan spread (ECN account). Sedangkan Pepperstone adalah broker yang menawarkan 2 buah jenis account berbeda yaitu standard account yang menggunakan spread dan ECN account.

Perbedaan kedua buah account tersebut hanya pada ada tidaknya komisi seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:




Terlihat pada gambar diatas bahwa pada VantageFX nilai komisi adalah 0 sedangkan pada Pepperstone terdapat nilai komisi.

Umumnya broker yang menawarkan ECN account hanyalah untuk sekedar menciptakan ilusi seolah-olah nilai spreadnya rendah. Padahal sebenarnya tidak, nilai spread tetap saja tinggi tetapi seolah-olah menjadi rendah dikarenakan nilai spread tersebut dipecah menjadi 2 buah komponen yaitu sebagian berupa komisi dan sebagian lagi berupa spread.

Sehingga bagi yang awam menjadi merasa bahwa nilai spread yang digunakan oleh broker tersebut adalah sangat rendah, Padahal hal ini hanyalah sekedar ilusi yang sengaja diciptakan oleh broker. Hasil forward test EA Blessing di berbagai broker membuktikan hal diatas.

Meskipun yang digunakan adalah demo account tetapi pada broker STP/ECN biasanya antara demo dan live account sama saja, tidak ada perbedaan apapun. Sedangkan pada broker market maker biasanya demo account cenderung dikondisikan jauh lebih baik daripada live account.

Mari kita bersama-sama perhatikan hasil forward test EA Blessing dibawah ini:




Hasil diatas menunjukkan bahwa persentase perolehan profit EA Blessing yang tertinggi terjadi di broker VantageFX yaitu sebesar 7,22%. Sedangkan yang terendah terjadi di broker GoMarkets yaitu hanya sebesar 5,86%.

Tetapi bila diperhatikan Total Pips yang diperoleh menunjukkan yang tertinggi adalah pada Pepperstone Raw Account dimana account ini adalah ECN account yang menggunakan campuran antara spread dan komisi. Total Pips yang diperoleh pada Pepperstone Raw Account adalah 1914, pada VantageFX hanyalah 1688, dan yang terendah pada GoMarkets yaitu sebesar 1303.

Nah, tentunya pertanyaan yang timbul adalah kenapa VantageFX yang nilai Total Pips hanya 1688 tetapi memiliki total profit yang lebih besar yaitu 5361 (7,22%)?

Total Pips Pepperstone Raw Account adalah 1914 atau berbeda 226 pip tetapi anehnya justru memiliki total profit yang lebih kecil yaitu 5320 (6,4%). Profit berbeda 41 (0,82%) lebih kecil daripada VantageFX.

Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa memecah spread menjadi 2 buah komponen yaitu komisi dan spread dapat menimbulkan sebuah ilusi atau fatamorgana yaitu seolah-olah nilai perolehan profit sangat tinggi bila hanya melihat pada perolehan Total Pips. Padahal faktanya, justru lebih rendah dikarenakan Total Pips hanyalah sekedar ilusi.

Agar dapat lebih detil, 4 buah account forward test tersebut dibandingkan dibawah ini:


Terlihat bahwa persentase perolehan profit Daily maupun Monthly pada VantageFX jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan broker lain. Nilai statistik Expentancy juga lebih tinggi.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan broker VantageFX jauh lebih menguntungkan daripada menggunakan GoMarkets maupun Pepperstone dikarenakan spread yang digunakan oleh VantageFX lebih kecil daripada broker lain.

Artikel ini bukan pesan sponsor untuk mempromosikan VantageFX. Artikel ini murni hanyalah sekedar untuk menguji broker mana yang paling menguntungkan. Pemilihan broker terserah kepada pilihan dan selera masing-masing, tidak harus menggunakan VantageFX.

Hanya saja, menggunakan hasil forward test yang baru berjalan selama satu minggu rasanya masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan. Kita lihat bersama bagaimana hasilnya pada minggu depan.

3 komentar:

  1. wah mantep banget pak review nya.saya lagi cari2 review vantagefx + pepperstone razro account. lg seneng maen australiaan pak :D . pantesan saya lihat spread ppstone wowww kok edannn banget kecilnya trnyata bner kata p.andromeda

    btw overall soal eksekusi antara vantage vs peppestone razor lebih baik yg mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iya lah... kan pepperstone minta komisi 7USD per 1lot standart. manalagi spread RAW nya masih antara 0.4 s/d 0.8

      Mungkin kalo komisi per 1 lot standart nya cuman 4 atawa 5 USD masih oke lah......

      Hapus
  2. Blog ini telah pindah ke AyoTradeFX.com

    BalasHapus