Sabtu, 20 November 2010

Manual Trading (Part 10)

Hasil forward test robot yang telah berjalan 2 bulan masih menunjukkan hasil yang baik dan stabil, minggu lalu profit hanya sekitar 45% dan minggu ini naik menjadi 51%. Akurasi masih 100% karena belum pernah mengalami loss sekalipun.







Robot diatas memang dirancang untuk tidak melakukan banyak trading. Prinsipnya, lebih baik melakukan sedikit trading tetapi hasilnya pasti. Bila akurasi tetap terjaga baik (diatas 80%) dan tetap stabil, maka untuk meningkatkan profit dapat digunakan nilai lot yang lebih besar.

Perlu diketahui, robot yang baik dan stabil sangatlah jarang. Kebanyakan yang dijual di internet adalah robot bodong, promosinya saja yang hebat tapi kenyataannya malah membuat account amblas.

Coba saja perhatikan, mana ada website penjual robot yang menampilkan hasil forward test robot yang dijualnya, kebanyakan hanya menampilkan hasil backtest. Padahal hasil backtest sangat mudah dimanipulasi dan tidak mencerminkan perfomance robot sesungguhnya. Oleh karenanya, tidak ada penjual robot yang berani menampilkan hasil forward test seperti diatas melalui myfxbook.com karena pasti akan ketahuan bohongnya.

Ehm... apa dijual saja ya robot diatas, siapa berminat :)

Lomba trading yang diadakan oleh www.myfxbook.com telah berlangsung selama 4 minggu. Waktu hanya tinggal 1 minggu lagi dan lomba akan berakhir. Berikut adalah Top 20 dari lomba tersebut :



Fantastis, ranking 1 profit 4274% hanya dalam 4 minggu!



Tahukah Anda kunci sukses trader ini?

Kunci suksesnya terletak pada konsistensi dan disiplin.

Coba perhatikan Trades History-nya, akurasi hanya 68% (53 profit dari total 78 trades). Trader ini akurasinya tidaklah perfect 100%, tetapi konsisten melakukan lebih banyak profit trades daripada loss, serta disiplin menjaga agar nilai loss selalu kecil.

Nilai pip dari profit trades pun tidaklah terlalu istimewa, hanya berkisar 28 pip tiap kali trade (Average Win), tetapi karena loss dijaga tetap kecil dan digunakan nilai leverage 1:500 sehingga tiap kali trade dapat digunakan jumlah lot yang sangat besar.

Karena penggunaan lot besar tersebut akhirnya dapat diperoleh profit fantastis meskipun akurasi hanya 68%.

Jangan sepelekan akurasi 68% tersebut, memang kelihatannya kecil, tetapi untuk memperoleh akurasi seperti itu diperlukan waktu berlatih bertahun-tahun. Kalau tidak percaya, silahkan coba sendiri melakukan manual trading di demo account selama 5 minggu, pasti akurasinya dibawah 50% :)

Kunci sukses dalam trading, baik dalam saham maupun Forex, adalah konsistensi.

Jangan bangga dan senang dulu kalau hanya profit 1 atau 2 kali, tetapi barulah merasa bangga apabila mampu konsisten profit paling tidak selama 5 minggu. Bila hal itu terjadi, maka menunjukkan bahwa Anda sudah memiliki konsistensi.

Mengalami loss adalah hal yang biasa dalam trading, tapi tidak semua trader mampu melakukan recovery atas loss tersebut. Kebanyakan yang terjadi, justru loss makin lama semakin dalam. Hanya trader yang telah memiliki kemampuan konsisten profit saja yang akhirnya mampu me-recover loss yang dialami sebelumnya.

Perhatikan saja trader rangking 1 diatas, Worst Trade sampai 90 pip, artinya trader ini pernah mengalami loss sampai 90 pip. Tetapi trader ini mampu melakukan recovery loss tersebut dan loss tidak semakin dalam.

Yang pasti, trader ini telah memiliki kestabilan emosi yang sangat tinggi. Bayangkan bila Anda sendiri yang mengalami loss sampai 90 pip, tentunya sudah panik dan stress :)

Yang menarik, ternyata Top 10 dari lomba diatas kebanyakan adalah trader yang berasal dari ASEAN. Ranking 1 diduduki trader dari Malaysia, 2 trader berasal dari Indonesia (ranking 3 dan 7), 4 trader dari Thailand (ranking 4, 6, 9, dan 10), 1 dari Filipina (ranking 8), 1 dari Canada (ranking 2), dan 1 dari Mesir (ranking 5). Total 80% Top 10 trader diatas berasal dari ASEAN, hebat ya!

Ternyata benar apa yang diberitakan di koran, saat ini Asia memang mulai bersinar.

Internetlah yang membuat Asia mampu bersinar. Kita sebenarnya banyak memiliki orang-orang pintar, hanya saja karena keterbatasan dana, akhirnya tidak mampu berpendidikan tinggi.

Dengan adanya koneksi internet yang murah meriah, kita akhirnya mampu belajar otodidak sendiri dari informasi yang banyak bertebaran di internet. Pola pikir dan wawasan kita akhirnya mampu menyamai (bahkan melebihi) orang-orang yang berada di dunia barat sana yang selama ini merajai dunia.

Apalagi ilmu trading, tidak ada satupun sekolah formal yang memberikan pendidikan trading. Ilmu trading hanya bisa diperoleh belajar otodidak sendiri dari hasil browsing di internet. Itulah yang membuat Top 10 Trader saat ini kebanyakan berasal dari Asia, padahal tahun-tahun sebelumnya selalu dikuasai oleh orang-orang Eropa dan USA.

Manual trading yang saya lakukan telah mampu me-recover loss yang terjadi sebelumnya. Meskipun grafiknya seperti roller coaster, naik turun tajam, tetapi perolehan profit (580% dalam 4 minggu) masih bertahan di kategori Top 10.





Grafik yang naik turun tajam menunjukkan bahwa konsistensi masih belum stabil. Hal ini terjadi dikarenakan kemarin masih terjadi salah entry dan auto exit robot yang belum berjalan sempurna. Tetapi hal ini telah dilakukan perbaikan sehingga selama seminggu kemarin, manual trading sudah memiliki akurasi yang lebih baik dan lebih konsisten profit.

Memang perolehan profit 580% di manual trading yang saya lakukan masih sangat jauh dari ranking 1 yang mampu profit 4274%. Tetapi impian dan obsesi saya, semoga suatu hari nanti akhirnya mampu seperti trader ranking 1 diatas, yaitu mampu memperoleh profit 4274% dalam 4 minggu di live account :)

Semoga trading minggu depan mampu mempertahankan profit tetap berada di Top 10.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar