Senin, 01 November 2010

Manual Trading (Part 3)

Pagi ini automatic exit dengan robot berjalan dengan semestinya. Robot secara otomatis menjalankan trailing stop pada saat kriteria exit terpenuhi sehingga profit yang telah berhasil diperoleh tetap terjaga.





Pada manual trading ini sengaja tidak digunakan take profit agar profit yang diperoleh dapat maksimal sesuai kekuatan trend. Oleh karenanya, digunakan trailing stop sebagai cara untuk exit. Bila trend berbalik arah maka profit tetap terjaga dengan adanya garis trailing stop, sebaliknya bila trend berlanjut maka trailing stop akan otomatis mengikutinya sehingga membuat profit makin maksimal.

Kriteria exit ini akan diteliti ulang, siapa tahu masih dapat lebih dioptimalkan. Disamping itu, juga untuk membuktikan apakah kriteria exit tersebut telah memenuhi sebagian besar kondisi market. Jangan sampai di kemudian hari automatic exit ini tidak bekerja hanya karena salah mengantisipasi kondisi market seperti yang terjadi kemarin.

Bila problem automatic exit ini telah berhasil disempurnakan maka untuk selanjutnya akan dilakukan penelitian kriteria entry yang akurat dan aman.

Kriteria entry ini harus benar-benar akurat karena bila tidak, maka yang terjadi adalah loss akibat stop loss tersentuh karena harga bergerak melawan entry.

Manual trading ini terpaksa dilakukan sebagai langkah dalam pembuatan robot karena selama ini telah terbukti bahwa penggunaan metode backtest tidaklah akurat sesuai dengan kenyataan yang terjadi di market.

Dalam beberapa hari ke depan, perkembangan manual trading ini akan diposting kembali, semoga saja perkembangannya tetap baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar