Rabu, 16 Maret 2011

New EA Testing #2

Uji coba robot selama 3 hari ini menunjukkan bahwa robot setelah dilakukan perbaikan kode program akhirnya memberikan hasil lebih baik, bahkan profit tertinggi mampu mencapai 102% hanya dalam 1 hari seperti ditunjukkan gambar dibawah:



Profit tersebut dapat dicapai berkat akurasi yang baik, yaitu mencapai 81% dari total 31 kali trades. Dimana buy entry memiliki akurasi 91% (Long Won) dan sell entry memiliki akurasi 73% (Short Won). Dari total entry sebanyak 31 kali, jumlah salah entry dan kemudian menjadi loss hanya sebanyak 6 kali (19%).



Robot memang disengaja menggunakan lot besar, jumlah lot dimaksimalkan agar dapat lebih cepat diketahui apakah robot mampu profitable atau tidak. Penggunaan jumlah lot besar ini akan menyebabkan profit yang diperoleh akan besar dan sebaliknya apabila loss juga akan besar. Dengan demikian, apabila robot mampu tetap bertahan profitable maka akan dianggap sebagai robot yang baik.

Akan tetapi, kenyataan dari hasil uji coba memperlihatkan bahwa hanya bermodalkan akurasi yang baik saja ternyata masih belum cukup untuk menjadikan robot profitable. Hasil uji coba menunjukkan bahwa hanya dengan mengalami 6 kali loss saja, profit yang berhasil diperoleh sebelumnya menguap dan malahan modal tergerus.



Detil history diatas menunjukkan bahwa jumlah loss jauh lebih besar daripada jumlah profit yang diperoleh. Dengan jumlah loss yang jauh lebih besar daripada profit, maka cepat atau lambat akan menyebabkan modal tergerus. Hal ini terlihat bahwa Average Win hanya sebesar 5,89 pip sedangkan Average Loss sebesar 22,52 pip.

Berdasarkan data tersebut, perbaikan selanjutnya harus lebih difokuskan kepada bagaimana caranya agar nilai loss dapat lebih kecil daripada nilai profit. Apabila hal tersebut berhasil dilakukan, maka robot akan menjadi baik karena disamping sudah memiliki akurasi yang baik juga akan memiliki nilai profit yang lebih besar daripada loss.

Semoga saja perbaikan tersebut tidak memakan waktu lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar