Sabtu, 05 Maret 2011

Trading Contest (#3)

Bagi yang suka mengikuti kontes trading untuk melatih kemampuan trading sekaligus untuk mendapatkan uang hadiah, terdapat kontes selain yang diadakan myfxbook.com dan memberikan hadiah uang yang lebih besar.

Berbeda dengan kontes myfxbook.com, kontes ini akan berlangsung selama 2 bulan. Kontes terbagi 2 ronde yaitu sebulan trading di demo account dan bagi 20 besar yang lolos maka sebulan berikutnya trading di live account dengan modal USD 1000 yang diberi oleh penyelenggara. Enak bukan, bisa trading di live account dengan modal diberi gratis :)

Berikut adalah jadwal kontes tersebut:



Sayangnya waktu pendaftaran telah lewat, batas akhir pendaftaran adalah tanggal 28 Februari kemarin.

Padahal kontes ini memberikan hadiah uang yang jauh lebih besar daripada kontes myfxbook.com, yaitu total hadiahnya adalah USD 22.100 untuk 10 pemenang. Sedangkan myfxbook hanya memberikan hadiah USD 3.500 untuk 3 pemenang. Juara pertama kontes ini akan memperoleh USD 10.000, sangat lumayan bukan. Berikut adalah tabel pembagian hadiah untuk para pemenang:



Untuk mengetahui tingkat kesulitan kontes ini, berikut adalah hasil trading kontes sebelumnya :



Terlihat bahwa pesaing pada kontes ini tidaklah sesulit kontes myfxbook.com. Perolehan profit 10 besar hanya berkisar antara 300% sampai 500% selama trading sebulan di demo account. Bandingkan dengan perolehan profit kontes myfxbook.com yang hanya memerlukan waktu 3 hari saja untuk memperoleh jumlah profit yang sama :)

Perolehan profit live trading pun tidaklah terlalu istimewa, hanya berkisar 16% sampai dengan 122%. Dari hasil trading seperti ini dapat disimpulkan bahwa peserta pada kontes ini kebanyakan masih pemula. Sehingga kemungkinan untuk masuk dalam 10 besar akan jauh lebih mudah pada kontes ini daripada kontes myfxbook.com

History transaksi live trading juara pertama adalah sebagai berikut:



Terlihat bahwa metode trading yang digunakan adalah scalping. Profit yang diperoleh kecil tetapi konsisten. Manajemen loss masih agak amburadul dikarenakan bila terjadi loss jumlahnya lebih besar daripada perolehan profit. Meskipun demikian, dikarenakan akurasi entry cukup baik, sehingga dapat menutupi kelemahan manajemen loss tersebut dan pada akhirnya account menghasilkan profit 122% selama sebulan trading.

Kontes ini sangat berbeda jauh daripada kontes myfxbook.com. Bila pada kontes myfxbook.com peserta dapat menggunakan lot sebesar mungkin, sebaliknya pada kontes ini jumlah lot dibatasi maksimal hanya 0,5 lot. Drawdown pun dibatasi, hanya diperkenankan maksimal 49%. Bila tidak mematuhi ketentuan tersebut, maka peserta akan langsung di diskualifikasi oleh penyelenggara.

Dengan kata lain, kontes myfxbook adalah kontes gila-gilaan. Silahkan saja bertransaksi dengan lot sebesar mungkin asalkan modal cukup. Silahkan loss sebesar mungkin asalkan modal tidak habis.

Myfxbook.com tidak melakukan pembatasan apapun, pembatasan dan disiplin diserahkan kepada diri masing-masing trader. Bila akurasi trading tidak baik, ditambah lagi tidak memiliki disiplin money management, maka dalam sekejab account akan langsung habis akibat hanya beberapa kali salah entry.

Sebaliknya dalam kontes ini, dengan adanya pembatasan yang sedemikian ketat, secara tidak langsung akan melatih disiplin pada diri masing-masing trader. Tidak akan bisa lagi mengikuti nafsu untuk trading dengan lot besar kalau tidak ingin di diskualifikasi, harus tetap disiplin maksimal hanya 0,5 lot.

Tidak akan bisa lagi membiarkan loss membesar akibat salah entry dikarenakan adanya aturan batasan maksimal drawdown 49%. Salah entry harus segera ditutup sebelum mencapai 49% kalau tidak ingin di diskualifikasi. Artinya, harus disiplin dengan stoploss agar drawdown tetap terjaga dibawah 49%.

Sehingga bila dipikir-pikir kembali, sebenarnya kontes ini adalah ajang berlatih disiplin sekaligus juga ajang berlatih kemampuan trading.

Nah, enak sekali bukan, memperoleh kesempatan berlatih gratis tetapi bila berhasil menjadi juara maka akan dibayar dengan menerima hadiah uang :)

Sayangnya batas akhir pendaftaran kontes telah lewat. Tetapi tidak perlu khawatir, kontes-kontes trading seperti ini pasti akan diadakan kembali pada periode berikutnya.

Oleh karenanya, tetaplah setia membaca blog ini agar tidak ketinggalan berita :)


EDIT:
Ternyata pendaftaran kontes diatas diperpanjang sampai dengan tanggal 14 Maret 2011.
Bila tertarik, segeralah mendaftar, gratis tanpa biaya apapun.
Klik disini untuk melakukan pendaftaran Surefire Trading Challenge


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar