Senin, 14 Maret 2011

Fundamental Analisys

Hallo Pak Ary,

Perkenalkan, nama saya Agus,saya seorang trader yang lagi kebingungan. Salut saya saat baca blog nya Pak Ary, dimana saya melihat ketekunan dan kesabaran Pak Ary dalam trading.

Tapi apakah saya mengganggu jika tiba-tiba saya kirim email ini ke bapak? Jika iya saya mohon maaf. Jika bapak tidak keberatan, saya ingin minta pendapat sama bapak tentang trading, yah sekalian saya ingin belajar dari bapak karena bapak kan lebih paham mengenai dunia trading.

Thank ya.

Salam
Agus




Pak Agus,

Terima kasih atas email dan pujiannya.

Bila Pak Agus membaca artikel di blog terdapat banyak tulisan-tulisan yang menjawab email dari Pak Aras. Oleh karenanya, silahkan saja bertanya, justru saya senang dengan pertanyaan.

Nantinya pertanyaan dan jawaban akan ditampilkan di blog seperti halnya email pertanyaan dari Pak Aras.

Disamping artikel di blog dapat semakin bertambah, tentunya para pembaca lain akan terbantu karena mungkin pertanyaan yang akan Pak Agus tanyakan adalah hal yang selama ini juga membuat mereka bingung.

Demikian Pak Agus.




Pak Ary,

Pertama, saya ucapkan terima kasih buat Pak Ary karena sudah bersedia menaggapi email saya, dan mohon maaf Pak Ary, jika saya lama balas emailnya, itu karena saat ngirim email tadi saya masih belum siap untuk bertanya (tetapi baru ada rasa ingin menanyakan sesuatu).

Itu mungkin karena saat baru membaca satu dari sekian banyak artikelnya Pak Ary,saya sudah terkagum-kagum dengan system trading-nya Pak Ary, yang sangat tekun dan sabar. Dan juga saya tidak mengira kalau Pak Ary secepat ini menanggapi email saya. Jadi saya baca dulu artikel yang Pak Ary tulis untuk mengetahui apa yang membuat saya merasa ingin bertanya pada Pak Ary padahal saya baru membaca artikelnya.

Ternyata, memang rasa penasaan saya mulai terjawab saat membaca artikel-artikel lain dari anda, sampai-sampai saya bingung ingin bertanya apa (karena artikel-nya bagus banget), semua hal mengenai dunia trading bisa anda curahkan ke dalam bentuk tertulis dengan susunan kata dan kalimat yang sangat baik dan rapi seperti ini, sungguh membuat saya sangat kagum sama Pak Ary.

Setelah saya baca beberapa artikel disini, saya menemukan bahwa Pak Ary kelihatannya sangat semangat sekali dalam ngembangin EA-nya, sangat-sangat optimis... sampai ribuan EA yang telah dibuat, dan misi dari pembuatan EA-nya Pak Ary ini yang membuat otak saya membayangkan bagaimana jika suatu saat EA yang dikembangkan Pak Ary bisa benar-benar konsisten profit nya 80-90%, waaw... luaaaar biasaa, saluuuut ...

Walau saat ini saya belum pernah menggunakan EA buat trading saya, dikarenakan saya masih senang trading secara manual dan ingin terus belajar memahami market, tetapi saya suatu saat juga ingin seperti Pak Ary.. : )

Yang ingin saya tanyakan, saya lihat dalam artikel ini, Pak Ary seperti-nya tidak pernah membahas tentang analisa fundamental ya?

Menurut Pak Ary seberapa penting kah faktor fundamental dalam system trading anda?
Apakah dikerenakan anda menggunakan EA dalam trading, sehingga faktor fundamental tidak terlalu berpengaruh?

Satahu saya, EA bekerja sebagian besar menggunakan faktor teknikal, apakah EA bisa menghadapi kondisi market dengan votalitas tinggi,seperti saat ada News penting (NFP misalnya)? Seringkali kondisi market yang seperti itu, faktor teknikal dan fundamental sering bartolak belakang.

Saya harap Pak Ary berkenan untuk manjawab prtanyaan-pertanyaan saya.

Mohon maaf jika kalimat saya berantakan.

Semoga EA bisa konsisten ya pak, terima kasih.

Salam,
Agus




Pak Agus,

Sekali lagi, terima kasih atas pujiannya yang setinggi langit. Wah... bisa-bisa hidung saya tambah besar dikarenakan pujian Pak Agus :)

Saya sebenarnya belum layak untuk mendapat pujian seperti itu dikarenakan EA maupun trading manual masih amburadul. Jujur saja, trading adalah ilmu tersulit yang pernah saya pelajari. Sebelumnya saya belajar otodidak pemprograman atau ilmu lain, tidaklah sesulit dan memakan waktu selama ini untuk menguasainya.

Kebanyakan belajar trading karena mengharapkan uang yang akan dihasilkan. Saya pun sama saja pada awal-awal dahulu. Tetapi setelah lama menekuni, pikiran untuk mengejar uang akhirnya pelan-pelan hilang. Bukan lagi uang yang menjadi tujuan, tetapi mengalahkan tantangan.

Bayangkan kalau dapat mengalahkan tantangan tersulit yang tidak banyak orang mampu melakukannya, tentunya sangat bangga bukan. Oleh karenanya di blog ini seluruhnya ditampilkan apa adanya, EA uji coba yang amburadul, live trading yang jeblok, akal-akalan broker, dan segala hal yang berkaitan dengan realitas trading ditampilkan pada blog ini.

Bila Pak Agus berkeliling ke seluruh penjuru internet, kebanyakan web atau blog yang membahas perihal trading atau web penjual robot dan indikator rata-rata hanyalah menjual "mimpi". Mimpi seolah-olah akan segera kaya raya. Hal seperti inilah yang menjebak yang awam, berharap segera kaya dan segera terjun ke dunia trading dengan modal dari hasil jual rumah. Kasihan bukan kalau hal tersebut terjadi, bisa-bisa bunuh diri karena bukannya kaya raya yang diperoleh tetapi malah bangkrut :)

Karena itulah blog ini dibuat, agar yang baru mengenal dunia trading tidak terjebak oleh mimpi tersebut. Kenyataannya tidak mudah mendapatkan uang dari trading, apalagi bisa menjadi kaya :)

Blog ini juga mungkin yang pertama dan satu-satunya yang pernah melakukan dan sekaligus menulis pembandingan begitu banyak broker sekaligus. Hal tersebut tidak pernah dilakukan dimanapun. Pada umumnya penilaian broker didasarkan pengalaman pribadi yang cenderung subyektif.

Tetapi penilaian broker di blog ini dilakukan dengan uji coba trading langsung di banyak broker sehingga hasilnya lebih obyektif. Hasil pembandingan tersebut secara obyektif memperlihatkan broker mana yang paling menguntungkan dan mana yang paling merugikan. Sehingga dengan adanya hal ini, tentunya para pembaca dapat memilih broker yang baik dan tidak tertipu promosi.

Perhatikan saja blog ini, semua hal perihal trading tertulis di blog ini, tetapi tetap saja EA atau trading manual hasilnya masih amburadul :) Itulah tujuan dari blog ini, agar yang awam paham bahwa saya saja yang sudah seperti ini, masih juga trading-nya amburadul. Apalagi yang belum paham sama sekali, terbayang bukan bagaimana hasilnya :)

Oleh karenanya di blog ini seluruhnya ditampilkan apa adanya, EA uji coba yang amburadul, live trading yang jeblok, agar para pembaca paham betapa sulitnya proses mencapai konsisten profit dalam trading. Saya tidak berjualan EA, tidak bekerja sama dengan broker manapun (sehingga tidak ada iklan apapun di blog ini), tidak juga berjualan jasa managed account. Oleh karena hal itu, saya juga tidak malu-malu menampilkan apa adanya :)

Hal ini agar para pembaca paham betapa sulitnya trading. Jangan berharap cepat kaya, karena hal tersebut hanyalah sekedar impian belaka. Akuntan atau dokter saja perlu sekolah bertahun-tahun, mana bisa belajar hanya beberapa bulan saja kemudian menjadi trader jagoan dan kaya raya. Jelas tidak mungkin bukan :)

Bila menurut Pak Agus bahwa saya sangat optimis, sebenarnya bukan optimis, tetapi yang tepat karena merasa tertantang. Bukankah tidak ada yang tidak bisa apabila kita mau dan tekun melakukannya. Batu cadas saja bisa berlubang kalau ditetesi air terus menerus. Masa membuat EA yang profitable tidak bisa :)

Terus terang saat ini pemikiran untuk segera mendapatkan uang dari trading sudah saya buang jauh-jauh. Yang utama bukanlah uangnya, tetapi mengalahkan tantangannya. Kalau suatu hari nanti dapat tercipta EA yang baik, tentunya uang akan datang dengan sendirinya sebagai akibat dari telah terkalahkannya tantangan tersebut.

Terima kasih atas doanya Pak Agus, kalau-kalau suatu saat nanti dapat benar-benar menciptakan EA yang konsisten profit nya 80-90%. Apabila hal tersebut terjadi, tentunya Pak Agus akan dapat membacanya di blog ini.

Terima kasih lagi atas pujian terhadap susunan kata dan kalimat yang sangat baik dan rapi pada tulisan-tulisan di blog ini. Terus terang saya sendiri bukanlah penulis dan baru pertama kalinya menulis hanya pada blog ini. Mungkin bakat terpendam yang saya sendiri tidak mengetahuinya :) Terima kasih Pak Agus karena telah menyadarkan saya bahwa memiliki bakat menulis.

Perihal Fundamental Analisys, pernah ditulis pada artikel Teori Kayu Bakar, Bensin, dan Api.

Seperti halnya tertulis pada artikel tersebut, dalam forex, berita yang berkaitan dengan fundamental telah terjadwal dengan teratur. EA maupun manual trading tentunya akan terpengaruh dengan release berita fundamental tersebut, karena mengakibatkan pergerakan harga yang tidak jelas arahnya.

Dalam kondisi seperti ini, terdapat 2 cara yang dapat dilakukan yaitu menghindarinya atau mengikutinya.

Bila dipilih menghindari maka dapat diprogramkan dalam tubuh EA, jadwal dari berita fundamental apakah yang harus dihindari. Sehingga EA pada saat tersebut sama sekali diam dan tidak bertransaksi apapun. Atau bila tidak ingin pusing dengan jadwal release berita fundamental, dapat juga diprogramkan pembatasan nilai spread. Biasanya pada saat menjelang release berita, spread cenderung membesar, bahkan sampai 2 atau 3 kali lipat dibandingkan spread normal. Dengan dilakukan deteksi spread, maka EA tidak akan melakukan entry karena hasil deteksi mengatakan bahwa spread saat ini melebihi batasan.

Bila memilih untuk mengikuti maka gunakan time frame besar. Berita fundamental pada umumnya hanya bergerak sekitar 20 s.d. 70 pip. Tentunya pengaruh seperti ini apabila digunakan time frame besar, misalnya H4, bukanlah pengaruh yang signifikan.

Disamping itu, berita fundamental pada umumnya searah dengan arah trend yang terjadi. Sehingga apabila saat ini up trend maka akibat pengaruh fundamental tersebut, maka trend akan melaju semakin kencang. Sangat jarang fundamental yang melawan arah trend. Tetapi apabila hal ini terjadi, biasanya setelahnya trend akan berbalik arah sesuai arah semula. Coba saja Pak Agus perhatikan.

Kemudian, coba Pak Agus bandingkan antara waktu terjadinya berita fundamental dengan waktu tidak terjadi berita. Tentunya lebih banyak waktu tidak terjadi berita apapun. Nah, bagaimana kita dapat melakukan trading dengan baik pada saat tersebut, tentunya hanya dengan menggunakan technical analisys dan bukan fundamental. Itulah kenapa lebih penting menggunakan technical analisys daripada fundamental.

Sepengetahuan saya, fundamental hanya berpengaruh pada jangka panjang. Misalnya kebijakan US yang melemahkan mata uangnya agar ekspor makin terpacu mengakibatkan EURUSD mengalami uptrend selama berbulan-bulan terakhir ini.

Tetapi sebagaimana diketahui, pergerakan harga berbentuk seperti gelombang yang selalu naik turun. Hanya saja dikarenakan kondisinya uptrend, maka gelombang berikutnya akan selalu memiliki puncak dan lembah yang lebih tinggi daripada gelombang sebelumnya. Nah, bagaimana cara melakukan deteksi kapan saatnya naik dan kapan saatnya turun kalau tidak menggunakan technical analisys.

Demikian Pak Agus, semoga dapat menjadi lebih jelas. Apabila belum, silahkan bertanya lagi via email. Dengan senang hati saya akan berusaha menjawabnya.

2 komentar:

  1. pak saya sangat senang baca artikel ini, karena sy juga punya tujuan seperti Bapak bahwa kalau sesuatu sudah kita temukan Sistem EA nya pasti akan selalu mendulang profit tapi tidak semudah itu dan segampang itu,kalau mudah dan gampang pasti banyak orang kaya dari trading, oh iya pak sy lg belajar bikin EA tapi masih minim ilmu dan referensi, mohon kiranya bapak memberikan referensi nya kepada saya, insya alloh klau suatu saat sy berhasil saya akan lapor terus kepada Bapak sehingga kita saling menemukan sistem trading yang sesuai harapan... terima kasih ya pak atas responnya... salam perjuangan bukan salam profit..

    BalasHapus
  2. kita juga punya nih artikel mengenai faktor fundamental, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2459/1/INVESTOR%20DECISION%20MAKING%20BASED%20ON%20FUNDAMENTAL.pdf
    semoga bermanfaat

    BalasHapus