Sabtu, 12 Maret 2011

Comparing Brokers (#12)

Minggu ini uji coba pembandingan broker dengan menggunakan multiple pair, yaitu menggunakan AUDUSD, EURUSD, GBPUSD, EURJPY, USDCAD, USDCHF, dan USDJPY menghasilkan sebagai berikut:



Bila pengujian pembandingan minggu lalu yang hanya menggunakan EURUSD menghasilkan GoMarkets dan FXCBS Zero Commision account sebagai retail broker pilihan, maka untuk minggu ini hanya GoMarkets saja yang bertahan. Sedangkan FXCBS peringkatnya turun drastis dari peringkat pertama menjadi peringkat 11.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa FXCBS hanya baik untuk EURUSD saja, tetapi begitu digunakan multiple pair, ternyata pair selain EURUSD memiliki spread yang lebih tinggi daripada broker lain. Hal inilah yang menyebabkan FXCBS turun peringkat.

Yang terbaik untuk minggu ini adalah GoMarkets dan FXPro, dimana kedua broker ini memberikan leverage tinggi yaitu sampai 1:500 dan deposit minimal yang disyaratkan pun tidak besar.

Alpari Pro Account tidak dipilih dikarenakan memerlukan deposit besar yaitu USD 20 ribu. Sama halnya dengan FXOpen ECN dan FinFX ECN yang mensyaratkan deposit USD 1000 dan USD 2500. Sedangkan Pepperstone FX tidak dipilih karena hasil ping-nya diatas 350 ms, dimana hal ini mengindikasikan bahwa respons server broker ini lamban yang nantinya dapat berakibat pada kelambanan eksekusi transaksi.

Detil uji coba pembandingan yang telah dikelompokkan berdasarkan masing-masing pair adalah sebagai berikut:









Pembandingan diatas dilakukan dengan menggunakan 39 data transaksi yang terbagi pada pair sebagai berikut:
- AUDUSD, 4 transaksi
- EURUSD, 12 transaksi
- GBPUSD, 8 transaksi
- EURJPY, 4 transaksi
- USDCAD, 4 transaksi
- USDCHF, 6 transaksi
- USDJPY, 1 transaksi

Berdasarkan hasil pembandingan diatas, terlihat bahwa GoMarkets dan FXPro sangat baik terutama pada AUDUSD, EURUSD, dan GBPUSD, tetapi sangat buruk pada USDJPY dan USDCHF. Akan tetapi, secara keseluruhan 2 retail broker inilah yang memberikan profit terbesar dibandingkan broker lainnya.

Perlu diingat perihal FXPro, sebagaimana pernah ditulis pada artikel Comparing Brokers (#11), sejak minggu lalu FXPro melarang penggunaan EA, terutama yang agresif. Oleh karena itu, apabila hendak menggunakan EA dalam melakukan trading maka lebih baik hindari FXPro.

Sedangkan GoMarkets dapat menghasilkan profit yang lebih banyak daripada broker lain dikarenakan spread sangat rendah. Hal ini dimungkinkan karena broker ini adalah broker STP (Straight Through Processing) sebagaimana tertulis pada website-nya.



Baru kali ini apa yang tertulis pada website broker sesuai dengan faktanya :)

Pada artikel terdahulu, Comparing Brokers (#3), ditulis perihal FXDD MtXterme yang minimal deposit harus sebesar USD 5.000 mempromosikan pada website-nya bahwa spread akan jauh lebih kecil. Tetapi dari fakta hasil uji coba pembandingan sebelumnya menunjukkan sebaliknya, spreadnya sangat besar. Pada uji coba kali ini pun menunjukkan bahwa FXDD MtXterme maupun FXDD Malta berada pada peringkat terbawah.

FXDD, FXOpen, FXPro, Forex.com, Tadawul, Alpari Standard Account adalah Dealing Desk broker, dimana spread-nya cenderung tinggi. Yang mengherankan hanya FXPro, meskipun Dealing Desk broker tetapi menerapkan spread rendah seperti halnya STP atau ECN broker.

Bagi yang belum memahami jenis-jenis broker, silahkan membacanya pada artikel Market Maker & ECN Broker dan Brokers Type.

Sederhananya, Dealing Desk Broker adalah mirip seperti bertransaksi dengan Money Changer, yaitu membeli atau menjual melawan pemilik Money Changer. Sedangkan STP atau ECN broker adalah mirip seperti broker saham, yaitu broker hanya bertindak sebagai sebagai perantara, hanya meneruskan perintah jual beli ke bursa (bank) dan tidak melakukan transaksi melawan trader.

Minggu depan uji coba pembandingan akan dilanjutkan kembali dimana akan sepenuhnya digunakan robot (EA) dalam melakukan entry exit. Dengan penggunaan robot, diharapkan konsistensi dan ketepatan timing entry exit dapat lebih terjaga sehingga hasil akhir pembandingan juga akan lebih akurat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar