Selasa, 13 Juli 2010

Forward Revisi 3

Forward test robot revisi 3 di luar prediksi saya, sangat bagus.

Biasanya saya baru tampilkan hasil forward test paling cepat setelah robot seminggu berjalan. Tapi kali ini, meskipun robot baru di forward kemarin pagi, malam ini hasil forward test-nya sudah dapat ditampilkan.

Penggunaan teknik trading baru ditambah dengan melakukan manajemen loss yang lebih baik, ternyata berhasil membuat robot Revisi 3 lebih stabil dan mampu menghasilkan laba lebih besar daripada robot Revisi 1 maupun Robot Revisi 2.

Ketiga robot dibawah ini sebelumnya mengalami loss sehingga nilai drawdown-nya tidak lagi 0. Tetapi meskipun loss terjadi, drawdown yang timbul sangat minimal.

Ketiga robot ini sebenarnya menggunakan setting yang lebih agresif daripada robot sebenarnya, hal ini dapat Anda lihat bahwa ketiga robot ini menggunakan setting 5 (EURJPY_REV03_5, EURUSD_REV03_5, GBPUSD_REV03_5), sedangkan robot yang asli menggunakan setting 15 (EURJPY_REV03_15, EURUSD_REV03_15, GBPUSD_REV03_15).

Sederhananya, robot dengan setting 5 lebih agresif 3 kali lipat dibandingkan robot aslinya.

Sengaja saya tampilkan hasil forward robot yang agresif agar dapat dilihat bagaimana performance robot ini pada saat loss terjadi.

Kalau soal kemampuan menghasilkan laba, jangan Anda tanyakan lagi, hasil forward saat ini saja sudah menunjukkan bahwa robot mampu menghasilkan laba yang cukup lumayan, padahal baru 2 hari di forward.

Logikanya, semakin agresif robot maka akan semakin tinggi resiko. Robot akan banyak sekali membuka transaksi, semakin banyak transaksi yang dibuka maka akan semakin tinggi resiko salah entry.

Kita lihat saja apakah robot ini mampu menghadapi loss yang terjadi, mampu tetap mempertahankan laba yang telah diperoleh, dan mampu kemudian melakukan recovery sendiri sehingga nantinya laba makin bertambah besar.

Yang perlu diingat, robot ini tidak menggunakan setting yang sebenarnya, karena setting sebenarnya adalah 15 sedangkan robot ini menggunakan setting 5. Sehingga robot ini tidak mencerminkan performance robot yang sebenarnya.

Robot ini dibuat untuk currency EURJPY, akan tetapi dalam forward saya coba gunakan di EURUSD dan GBPUSD. Siapa tahu hasilnya lebih baik.

EURJPY dipilih karena spread kecil tetapi volatilitasnya sangat tinggi. EURUSD volitilitasnya lebih rendah daripada EURJPY, tetapi spread-nya juga lebih kecil, jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Sedangkan GBPUSD memiliki volatilitas yang mirip seperti EURJPY tetapi spread-nya sedikit lebih besar. Kemungkinan besar, robot performance-nya akan buruk di GBPUSD akibat spread yang besar ini.

Akan tetapi, apabila kinerja robot ini tetap baik meskipun loss terjadi, maka robot yang asli seharusnya akan jauh lebih baik daripada robot ini karena menggunakan setting yang lebih optimal.

Bila robot tetap survive sampai minggu ke 5 forward test, maka pada minggu ke-6 forward test (atau tepatnya tanggal 17 Agustus 2010), akan dipilih 1 robot yang terbaik performance-nya setelah mengalami 5 minggu forward dan robot tersebut adalah robot yang siap untuk digunakan pada live account.

Kita lihat saja bagaimana kinerja robot ini...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar