Minggu, 18 Juli 2010

Not Enough Memory

Selama seminggu ini, tiap hari saya masih utak-atik robot Revisi 3, siapa tahu performance-nya masih bisa ditingkatkan lagi.

Beberapa kesalahan kecil di kode program ditemukan dan diperbaiki, puluhan backtest dilakukan untuk menguji agar robot lebih optimal, dan semalam sepertinya robot yang sangat optimal ditemukan.

Karena proses backtest memakan waktu lama, disamping juga karena agak tidak enak badan akibat flu (maklum begadangan terus), backtest saya jalankan dan saya tinggal tidur.

Pagi ini saya heran sendiri, lho kok backtest berhenti di tanggal 20 Mei 2010, padahal seharusnya proses backtest baru berhenti di tanggal 30 Juni 2010 karena memenuhi kriteria 6 bulan.

Baru kali ini saya mengalami proses backtest yang berhenti sendiri tanpa sebab.

Dari penelitian journal dan log Metatrader, ternyata proses backtest berhenti karena Not Enough Memory



Ehm... kok aneh ya? Padahal memory komputer saya 8 gigabyte, seharusnya cukup.

Problem akhirnya ditemukan, ternyata robot melakukan transaski sampai hampir 11 ribu sedangkan robot sebelumnya hanya 2200, pantas saja Not Enough Memory



Tapi yang lebih membuat saya terheran-heran adalah pencapaian labanya, meskipun backtest berhenti di tanggal 20 Mei 2010, laba yang diperoleh sebesar $793.983.511,44. Bila saja backtest tidak berhenti dan mencapai batas tanggal 30 Juni 2010 seperti robot-robot yang lain, kemungkinan besar laba 1 milyar dollar tercapai.


Meskipun ini hanya sekedar backtest dan pencapaian laba sebesar diatas belum membuktikan bahwa robot ini akan bekerja baik pada saat forward test dilakukan, saya sangat bersyukur kepada Tuhan yang telah berbaik hati membimbing dan mengarahkan saya sampai akhirnya tahapan ini mampu dicapai.

Membuat robot tidaklah mudah, jangankan backtest mencapai jutaan dollar, membuat robot yang konsisten laba saja sudah sangat sulit. Tetapi Tuhan dengan baiknya telah menuntun, hingga hasil backtest bukan lagi sekedar jutaan, tetapi mampu mencapai milyar hanya dalam periode 6 bulan backtest.



Yang pasti, robot ini performancenya lebih baik dari sebelumnya. Hanya saja kalau diteliti ulang, nilai Relative Drawdon sangat tinggi yaitu 59,38% sedangkan robot yang lalu hanya sebesar 26%.

Dengan nilai Relative Drawdon sangat tinggi, robot ini sangat beresiko. Ditambah lagi, rasio consecutive wins dan losses masih belum baik. Kesimpulannya, robot ini memang akan mampu menghasilkan laba tinggi tetapi resikonya juga tinggi.

Akan saya coba lagi utak atik kode program robot ini, mudah-mudahan drawdown dapat diturunkan tetapi pencapaian laba tetap tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar