Senin, 17 Januari 2011

Andromeda Managed Funds (#4)

Hari ini Pak Aras kembali membalas email:

Pak Ary,

Maaf agak lama membalas. Terima kasih untuk jawaban tentang Alpari. Saya juga sudah mendapatkan konfirmasi kembali dari broker Forex.com tentang minimum deposit. Benar adanya bahwa penggunaan MetaTrader 4 yang menggunakan 5 digits harus menyetorkan minimal $10,000. Sedangkan untuk Mini adalah $250 dan Standard adalah $2500. Sayangnya saya tidak mendapatkan penjelasan yang memuaskan kenapa 5 Digits membutuhkan dana yang cukup besar ketimbang yang 4 Digits. Padahal untuk broker lain yang penggunaannya 5 Digits, misalnya Alpari, tidak membutuhkan Initial Investment seperti pada Forex.com.

Saya sudah mencoba bertanya kepada Customer Service yang khusus menangani Live Account tentang hal tersebut. Berulang kali miss Maria (yang melayani chat saya waktu itu) menjelaskan bahwa itu sudah ketentuannya. Karena sudah ketiga kalinya pertanyaan saya dijawab dengan inti yang sama maka saya putuskan untuk berhenti. Apakah Pak Ary memiliki penjelasannya untuk kasus tersebut? Apa kaitan 5-Digits dengan dana $10,000?

Terima kasih untuk perhatian dan bantuannya.

Regards,
Aras


Saya menggunakan broker Forex.com sejak akhir tahun 2008. Pada saat tersebut ketentuan untuk mendapatkan platform Metatrader 5 Digit hanyalah minimum deposit US$ 2.500.

Jujur saja Pak Aras, pada saat tersebut tidak terbersit di pikiran bahwa di kemudian hari teman dan sahabat kemudian berminat dengan apa yang saya lakukan. Sehingga saya menggunakan broker Forex.com hanyalah untuk kepentingan trading yang saya lakukan dan setelahnya sama sekali tidak memantau perubahan aturan minimum deposit.

Teman dan sahabat baru tertarik dengan apa yang saya lakukan pada awal tahun 2010 dimana kemudian mereka mencoba untuk mendaftarkan diri ke Forex.com. Nah, pada saat inilah baru diketahui bahwa terjadi perubahan peraturan dimana yang dulu cukup dengan minimum deposit US$ 2500 saja, kemudian berubah menjadi US$ 10.000.

Kami pun sudah mencoba bertanya berkali-kali, bahkan dengan berbagai macam rayuan. Toh banyak teman yang akan mendaftar, bagaimana kalau masing-masing hanya US$ 5.000 saja. Maklum sebagai orang Indonesia, tidak enak khan kalau tidak menawar :)

Tapi ya begitulah, jawabannya sama dengan yang Pak Aras terima, minimum deposit tetap US$ 10.000 tanpa penjelasan apapun, hanya dijelaskan kalau aturannya sudah begitu.

Tetapi oleh kami aturan tersebut agak di "akali" dimana awalnya deposit US$ 10.000, dibiarkan mengendap 1-2 bulan, dan kemudian di withdraw US$ 5.000. Yang penting sudah mendapatkan account Metatrader 5 Digit, toh dengan sisa US$ 5.000 sudah sangat cukup untuk melakukan trading.

Dugaan saya, Forex.com memposisikan market share-nya di posisi menengah atas dan bukan retail. Oleh karenanya diterapkan aturan minimum deposit US$ 10.000 sehingga hanya menengah atas saja yang mampu mendaftar sebagai client-nya.

Forex.com juga sangat menjaga performance server-nya. Hal ini saya ketahui dari pengalaman dimana sempat dimarahi oleh Admin Forex.com karena robot uji coba yang saya gunakan di live account membuka terlalu banyak transaksi sehingga dianggap membebani server. Pengalaman ini membuat saya berkesimpulan bahwa server mereka diawasi dengan ketat dan sangat dijaga performance-nya.

Posting saat saya dimarahi oleh broker dapat dibaca disini: Abuse. Seperi ditulis sebelumnya, blog ini adalah catatan pribadi segala hal yang berkaitan dengan pembuatan robot dan menampilkan apa adanya. Sehingga saat dimarahi broker pun, juga ditulis :)

Hal-hal tersebut diatas membuat saya menyimpulkan bahwa kebijakan yang diterapkan oleh Forex.com adalah lebih baik menjaring sedikit pelanggan yang melakukan trading dengan nilai besar. Dengan hanya melayani sedikit klien, maka kecepatan eksekusi transaksi tetap terjaga.

Disamping itu, hanya client yang paham saja yang meminta platform Metatrader 5 Digit. Sedangkan bagi yang masih awam atau baru belajar, diberi platform java web based atau 4 digit pun tidak masalah, toh tidak tahu bedanya. Hal ini untuk menghemat cost, dimana java web based atau 4 digit sepertinya biaya servernya jauh lebih murah daripada 5 digit.

Sepertinya untuk platform 5 digit dibatasi jumlah client yang dapat ditampung dalam 1 server. Hal ini diketahui karena 2 live account yang saya gunakan saat ini menggunakan server yang berbeda. Artinya, tiap 1 server jumlah client-nya terbatas agar kecepatan eksekusi tetap terjaga. Bayangkan kalau menerima banyak client kecil dengan kebijakan server seperti itu, mau berapa server yang harus disediakan untuk menampungnya.

Mungkin alasannya seperti diatas Pak Aras. Daripada harus melayani banyak client kecil yang dapat menyebabkan server overload dan eksekusi transaksi lamban, tentunya lebih baik melayani sedikit client besar.

Pengalaman selama ini juga menunjukkan bahwa sangat jarang terjadi transaksi gagal karena requotes atau hal-hal lain. Tetapi karena selama ini hanya menggunakan broker Forex.com, saya tidak dapat berkomentar apakah lebih cepat daripada broker lain.

Impian masa depan yang ingin dicapai, bukanlah nantinya menggunakan Alpari, IBFX, FXDD, atau retail broker lainnya. Impiannya, semoga tahun depan dapat menggunakan broker Ducascopy di Swiss dimana broker ini adalah broker terbesar di dunia yang menampung modal jutaan dollar dimana hanya trader yang benar-benar professional saja yang menggunakan Ducascopy. Bila Tuhan merestui, semoga modal awal yang hanya US$ 5.000 dapat diubah menjadi US$ 50.000 sehingga dapat digunakan sebagai modal awal untuk mendaftar sebagai standard client di Ducascopy.

Kalau hal tersebut dapat dilakukan, maka grafik performance akan menanjak. Sebaliknya apabila yang dilakukan malah menggunakan broker retail, grafik performance justru akan menurun. Semoga Pak Aras maklum kenapa sampai saat ini tetap mempertahankan Forex.com sebagai broker dan kemudian selanjutnya menggunakan Ducascopy, karena saya berkeinginan untuk menjadi yang lebih besar, bukan sebaliknya.

Melihat Pak Aras sudah bertanya-tanya ke broker, sepertinya Pak Aras sangat berminat dan serius meminta saya untuk melakukan jasa managed funds :) Wah, jangan dahulu Pak Aras. Performance saat ini masih kacau balau, tunggu saja sampai benar-benar baik.

Yang saya lakukan adalah sesuatu yang menguntungkan untuk jangka panjang, bukan hanya keuntungan sesaat dan setelahnya merugikan. Oleh karenanya, mohon bersabar dahulu.

Hanya saja, saya akan lebih senang kalau Pak Aras dapat membuat robot sendiri dan kemudian melakukan jasa managed account. Jujur saja, kalau Pak Aras merasakan seperti saya saat ini dimana harus mengelola 2 live account milik orang lain, beban mentalnya lebih berat daripada mengelola account sendiri :)

Jangan bayangkan mengelola account orang lain itu enak, jauh lebih enak menggunakan account sendiri. Tapi mau bagaimana lagi, meskipun sempat saya tolak sebelumnya, tetapi sahabat-sahabat tersebut tetap saja memaksa, apa boleh buat akhirnya. Diambil hikmahnya saja, toh kalau menggunakan account milik orang lain akhirnya kehati-hatian akan lebih tinggi daripada menggunakan account sendiri.

Profit dari forex akan jauh lebih dari cukup kalau memang benar-benar jagoan dalam trading. Dalam forex, modal yang diperlukan tidaklah besar, cari saja retail broker yang mau menerima modal kecil. Toh dalam forex sangat mungkin dan sangat mudah mengubah modal awal yang hanya US$ 500 menjadi US$ 5000 dalam sebulan sepanjang memang jagoan trading. Gunakan saja account sendiri, tentunya jauh lebih nyaman dan lebih tenang daripada menggunakan account orang lain.

Oleh karenanya, kadang saya heran, kalau memang benar-benar trader jagoan, buat apa repot menanggung beban mental harus mengelola account orang lain hanya demi komisi yang tidak seberapa jumlahnya?

Dalam dunia forex, tidak ada persaingan seperti halnya bisnis biasa. Disini semua dapat memperoleh keuntungan (asalkan tahu caranya) karena sangat besarnya potensi forex dimana trilyunan dollar berputar tiap harinya.

Oleh karenanya, semoga suatu hari nanti Pak Aras dapat membuat robot sendiri dan kemudian melakukan jasa managed account.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar