Minggu, 23 Oktober 2011

Comparing STP/ECN Brokers #1

Uji coba EA Blessing maupun Scalping yang dilakukan pada minggu lalu menunjukkan hasil yang baik. Hanya pada GBPUSD EA Scalping mengalami Margin Called (MC) sehingga seluruh modal amblas. Akan tetapi justru pada EURUSD menghasilkan profit sebesar 114% hanya dalam waktu seminggu saja.

Terjadinya MC pada GBPUSD dapat dimaklumi dikarenakan pergerakannya lebih lebar daripada EURUSD. Apalagi EA Scalping ini sama sekali tidak menggunakan SL sehingga saat harga bergerak melawan arah entry maka floating loss makin membesar. Diperlukan modal yang mencukupi atau penggunaan lot yang lebih kecil agar tidak terjadi MC untuk menunggu sampai harga kembali lagi sesuai dengan arah entry dan floating loss dapat berubah menjadi profit.





Dengan hasil uji coba Scalping di EURUSD maupun Blessing Multi Pair yang cukup baik, menimbulkan ide baru untuk menggunakan EA Scalping maupun Blessing tersebut sebagai alat bantu untuk melakukan uji coba pembandingan broker STP/ECN.

Dengan dilakukan entry exit sampai ribuan kali oleh 2 buah EA tersebut diatas, nantinya akan diketahui broker STP/ECN yang terbaik.

Seperti pernah ditulis pada artikel-artikel sebelumnya, broker menerapkan 2 jenis biaya yaitu spread dan komisi. Tentunya akan membingungkan apabila membandingkan broker dengan cara menghitung manual biaya-biaya tersebut satu persatu. Cara paling mudah untuk menentukan broker terbaik adalah dengan melakukan entry exit sebanyak mungkin pada waktu yang bersamaan.

Sehingga nantinya setelah seluruh EA dihentikan, broker yang memberikan profit terbesar atau loss terkecil adalah broker yang terbaik dikarenakan memberikan spread dan komisi terkecil serta memiliki kecepatan eksekusi yang baik.

Broker yang dibandingkan kali ini adalah GoMarkets, VantageFX, Pepperstone, dan FinFX. Seluruhnya adalah broker berjenis STP/ECN dan berlokasi di Australia, terkecuali FinFX yang berlokasi di Finlandia.

FinFX dan Pepperstone memberikan 2 jenis account yang berbeda yaitu ECN/Raw Account (menggunakan spread dan komisi) dan Normal/Standard Account (hanya spread tanpa komisi). Sedangkan Vantage dan GoMarkets hanya memberikan 1 jenis account (hanya spread tanpa komisi).

Oleh karena FinFX hanya memberikan leverage maksimal 1:200 maka uji coba akan dilakukan dengan menggunakan leverage 1:200 untuk seluruh broker agar diperoleh kondisi yang sama. Meskipun sebenarnya broker lainnya mampu memberikan leverage yang lebih tinggi, yaitu GoMarkets maksimal 1:500, VantageFX 1:500, dan Pepperstone 1:400.

Terima kasih sebesar-besarnya kepada Pak Hadi yang telah menyumbangkan EA Scalping maupun Blessing.

Pengujian kali ini juga tidak mengikuti petunjuk Pak Hadi dimana untuk 1 pair Blessing dengan lot 0,01 seharusnya digunakan modal minimal 2500. Seluruh account menggunakan modal 5000 dimana digunakan untuk 4 pair sehingga kemungkinan besar akan terjadi MC. Hal ini disengaja untuk mengetahui manakah broker yang terlebih dahulu MC.

Demikian juga untuk EA Scalping dimana digunakan modal 5000, hanya lot-nya diperkecil menjadi 0,01 lot dan tidak seperti pengujian yang sudah berjalan sejak minggu lalu yang menggunakan 0,1 lot dengan modal 10 ribu.

Kita pantau bersama dibawah ini, manakah broker STP/ECN yang terbaik:





























Tidak ada komentar:

Poskan Komentar