Minggu, 16 Oktober 2011

EA Builder

Selamat malam Pak Ary.

Saya mengucapkan terima kasih atas semua artikel yang telah mencerahkan para trader indonesia termasuk saya untuk tidak terburu-buru dan terus belajar untuk menyempurnakan kemampuan hingga profit secara konsisten.

Saya sendiri bbrapa bulan yang lalu pernah mlakukan real trading dengan modal kecil (80$) di Nordfx, karna terlalu pede dgn kemampuan sendiri, dan benar saja saya akhirnya mengalami kerugian.

Namun ada yang janggal pada broker nordfx, dimana tidak perlu verification untuk
trading, hnya daftar, trus deposit dan langsung trading, namun pada saat mau withdraw (6$ sisa dana dsana lumayan buat beli rokok) kok malah membutuhkan verifikasi, terus trang kalau cuma ktp saya punya, namun tagihan atas nama saya, saya belum punya karna baru lulus kuliah dan trading buat mengisi waktu luang dan kalo bisa mengisi dompet.

Pada saat nemu blog bapak, saya baru mengerti, hehehe.

Saya mau bertanya pak, dimanakah saya bisa mendownload tutorial pembuatan EA yang lengkap dan menggunakan bahasa indonesia?

Saya sendiri masih melakukan demo manual trading, namun kendala manual trading adalah psikologi ketakutan dan keserakahan yang menyesatkan kegiatan trading saya.

Dan setelah saya membaca artikel ataupun jawaban pertanyaan yg bapak tuliskan tentang ea, saya terketuk mengapa saya tidak menjadikan saya trading seperti robot walaupun saya belum bisa membuat ea.

Trading hanya melakukan sesuai dengan apa yang dituliskan, jadi dengan ketentuan analisa, sl dan tp yg telah ditetapkan, tinggal test hasilnya gimana, baik atau buruk harus saya terima, karena itulah murni hasil dari trading saya tanpa gangguan emosi dan pengharapan yang salah. Saat ini saya baru membuat ketetapan analisa dan money managment buat trading minggu depan.

Terima kasih banyak Pak atas waktunya membaca dan menjawab curahan trading saya.

Smoga Tuhan membalas kebaikan bapak yang telah mencerahkan pengetahuan para trader indonesia.

Amin
Jeconiah




Pak Jeconiah,

Terima kasih yang sebesar-besarnya atas doa yang diberikan.

NordFX sejak lama dikenal sebagai scam broker yaitu broker yang cenderung mempersulit penarikan dana (withdrawal). Lokasi broker ini berada di salah satu negara Tax Haven Countries sehingga dapat bebas melakukan hal-hal tersebut dikarenakan lemahnya sistem hukum perlindungan konsumen disana.

Waspadai lokasi broker dan selalu hindari broker yang berkantor di salah satu negara Tax Haven Countries seperti Andorra, Bahamas, Bermuda, British Virgin Islands, Cayman Islands, Cyprus, Mauritius, dan Panama.

Saat ini untuk membuat EA sendiri, bukanlah hal yang sulit. Siapapun dapat membuatnya bahkan bagi yang tidak pernah mengenal pemprograman dan belum pernah mengenal bahasa pemprograman mql.

Hal ini dikarenakan saat ini telah banyak situs yang memberikan jasa pembuatan EA (EA builder) secara gratis. Pengguna tinggal menentukan kriteria-kriteria entry exit yang akan ditanamkan dalam tubuh EA tersebut dan setelahnya sim salabim EA tersebut langsung jadi dalam waktu sekejab.

Untuk menemukan situs pembuatan EA gratis, gunakan Google dengan keyword "EA builder"

Yang dilakukan oleh Pak Jeconiah sudah benar adanya, trading yang baik adalah telah melakukan perencanaan sebelum dilakukan. Sebelum melakukan entry, telah terlebih dahulu direncanakan dimana akan entry, dimana akan exit, dan apa yang akan dilakukan bila entry tersebut ternyata salah tidak sesuai dengan yang diperkirakan.

Kebanyakan pemula melakukan entry hanya berdasarkan emosi dan bila ternyata entry tersebut salah, tidak tahu apa yang harus dilakukan :)

Ketakutan dan keserakahan (fear and greed) adalah hal yang biasa timbul dalam trading. Takut salah mengakibatkan terlambat entry, takut ketinggalan mengakibatkan entry terlalu cepat, takut tidak profit akhirnya exit terburu-buru dengan profit kecil, serakah mengakibatkan entry yang semula profit berubah menjadi loss, dan masih banyak lagi masalah-masalah psikologi lain yang harus dihadapi saat melakukan trading.

Trading menjadi hal yang teramat sulit dikarenakan disamping diperlukan pemahaman yang mendalam perihal perilaku pergerakan harga, juga diharuskan memiliki kemampuan untuk mengalahkan fear and greed yang ada dalam diri sendiri.

Solusi untuk mengalahkan fear and greed tersebut bukanlah dengan menggunakan EA, tetapi berlatihlah sampai kematangan emosional dan psikologi akhirnya dimiliki.

Seperti halnya belajar mengemudi, saat awal belajar timbul ketakutan menabrak. Solusi untuk menghilangkan ketakutan tersebut bukanlah dengan cara membeli robot sopir atau menggaji sopir. Tetapi belajarlah mengemudi secara terus menerus agar rasa takut lama kelamaan hilang dengan sendirinya.

Dalam belajar mengemudi kadang timbul "greed" yaitu berusaha mengebut padahal belum ahli dalam mengemudikan kendaraan. Lihat saja banyak terjadi kecelakaan yang diberitakan oleh media massa dimana pengemudinya ternyata anak SMA.

Rasa takut pada umumnya timbul dikarenakan ketidaktahuan.

Begitu juga dengan "greed", timbul dikarenakan ketidaktahuan yang menganggap jalan raya ibarat sirkuit lurus. Padahal faktanya jalanan pasti memiliki belokan dan harus menginjak rem. Agar selamat di belokan tersebut maka harus memiliki keahlian untuk mengira-ngira kapan saat yang tepat untuk menginjak rem.

Coba diperhatikan, kenapa yang baru belajar saat memegang kemudi terlihat sangat tegang? Kenapa yang sudah berpengalaman dapat mengemudi santai, bahkan sambil mengobrol dan merokok? Kenapa pengemudi yang berpengalaman tidak lagi merasakan ketakutan itu?

Ketidaktahuan yang mengakibatkan ketegangan tersebut. Tetapi bila pada akhirnya nanti sudah menguasai cara mengemudi dan dalam dirinya timbul "feeling" perihal perilaku jalan raya serta perilaku kendaaran yang dikemudikannya, maka ketakutan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Oleh karenanya Pak Jeconiah, tidak usah terburu-buru membuat EA. Hafalkan dan pahami terlebih dahulu perilaku kendaraan (system trading) yang digunakan dan perilaku jalan raya yang dilalui (pergerakan harga). Percuma saja saat ini berusaha ngebut dengan mencoba membuat sendiri robot sopir, karena pasti menabrak.

Pada prinsipnya robot/EA adalah pencerminan dari pembuatnya. Nah, kalau pembuatnya saja masih bingung, tentunya robot yang dibuat akan lebih bingung lagi :)

Tetapi bila ingin belajar membuat EA sendiri, banyak sekali tutorial cara pembuatan EA baik yang versi bahasa Inggris maupun versi bahasa Indonesia. Untuk versi bahasa Indonesia, gunakan keyword "EA belajar" di Google sedangkan untuk versi bahasa Inggris gunakan keyword "EA tutorial".

Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan agar Pak Jeconiah juga tidak jemu untuk terus mendoakan saya :)

1 komentar:

  1. terima kasih banyak pak atas jawaban yg diberikan secara indah dan masuk ke hati.
    Saya msh trlalu jauh untuk membuat ea,,krna trlbih dahulu ingin memperbaiki analisa,,namun saya ingin mlakukanny sprti semi ea, jd perintah dan aturanny dikertas, saya tgl klik mouse ssuai printah,,dgn itu saya bs tw yg slah dlm trading saya apkh analisa,psikologi ato money management yg krg tpat. Skirany ud ckup bgus,,br sya tuangkn dlm ea.
    Terima kasih ya pak, bru kali ne brani ngepost, krna biasany cuma jadi penyelundup, hehehe

    BalasHapus