Minggu, 11 Juli 2010

Robot Revisi 3

Akhirnya inti masalah penyebab stop loss tidak berjalan di the best robot dapat ditemukan dan diperbaiki.

Di bawah ini adalah hasil backtest robot sebelum dilakukan perbaikan:



Di bawah ini adalah setelah perbaikan:



Bila Anda bandingkan hasil backtest diatas, perbedaan yang paling mencolok terletak pada Maximal Drawdown dan Relative Drawdown.

Robot Revisi 3 ini resikonya sangat minimal karena Maximal Drawdown hanya 16,38% dan Relative Drawdown hanya 26,59%, atau separuh dari drawdown sebelum dilakukan perbaikan.

Robot yang baik harus memiliki nilai drawdown kecil, makin kecil nilainya maka dapat diartikan resiko kerugian juga akan minimal dan robot sangat stabil.

Kriteria robot yang baik adalah robot yang mampu memperoleh laba maksimal tetapi dengan resiko minimal.

Laba yang diperoleh oleh robot ini dalam backtest mencapai US$179.178.647,74 dengan nilai drawdown antara 16% s.d. 26%, dengan demikian kriteria robot yang baik sudah terpenuhi.

Laba memang lebih kecil daripada sebelumnya yaitu $232.296.358,00, tetapi disini yang diutamakan adalah masalah keamanan, robot harus seaman mungkin agar modal dan laba yang berhasil diperoleh tetap terlindungi.

Tapi meskipun laba lebih kecil, itupun masih sangat fantastis.

Hanya saja grafik robot masih belum sempurna, sudut kemiringan grafik hanya sekitar 30 derajat. Semoga dapat ditemukan cara agar sudut kemiringan ini bisa bertambah, paling tidak sampai 40-45 derajat.



Meskipun hasil backtest sangat bagus, testing robot di forward harus dilakukan untuk menguji apakah robot ini memang benar dapat bekerja dengan baik di kondisi market sebenarnya.

Robot Revisi 3 mulai malam ini di pasang di Dedicated server untuk forward test selama 5 minggu.


2 komentar:

  1. Salam kenal pak, numpang nyasar tiba tiba saya masuk ke blog bapak.Tetapi setelah obok postingan bapak saya banyak menemukan banyak ilmu, ntah itu ilmu forex dan juga ilmu kehidupan. Akan kita tidak boleh hanya mencari uang, biarkan uang itu yang datang mencari kita. He.he. Ada hal lain yan ingin saya tanyakan tentang back testing. Saya mencoba membuat EA, hasilnya seperti gambar ini

    http://i894.photobucket.com/albums/ac142/suryadharma/Tester/UnknowTester.gif

    Hasil grafik memang mendekati 45 derajat profit, namun seperti yang bapak jelaskan, nilai drawdown nya sangat besar. Mungkin bapak berkenan membantu apa yang harus saya lakukan?. Back testing ini saya lakukan dari tahun 1999 - 2010.

    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kesediaannya mengunjungi blog ini dan menuliskan komentar.

    Robot Anda sudah cukup baik, tetapi agar dapat lebih baik lagi, tidak hanya sekedar backtesting saja yang harus dilakukan.

    Saran saya, coba lakukan forward test di demo account minimal 1 bulan dengan menyewa VPS, nanti akan terlihat problem robot tersebut ada dimana.

    BalasHapus