Sabtu, 19 Februari 2011

Comparing Brokers (#8)

Seperti yang telah terjadi sebelumnya, Tadawul FX dan FXOpen ECN kembali mengalami loss connection. Hal ini telah terjadi selama 2 minggu dilakukan uji coba, Metatrader kedua broker tersebut konsisten mengalami loss connection. Akibatnya, Tadawul FX hanya melakukan 15 transaksi dan FXOpen ECN melakukan 39 transaksi dari total 88 transaksi.




Padahal platform FXOpen ECN inilah yang akan digunakan pada kontes trading Myfxbook.com Maret 2011 nanti. Ehm, sepertinya platform FXOpen ECN merupakan platform yang baru diperkenalkan sehingga masih mengalami problem dan berusaha dipopulerkan oleh FXOpen dengan mengadakan kontes trading. Sudah terbayang akan agak sulit untuk menang di kontes apabila menggunakan platform ini dikarenakan seringnya mengalami loss connection dan memiliki spread yang tinggi.

Problem juga terjadi pada Alpari UK dimana demo account di-disabled sehingga hanya melakukan 15 transaksi. Account di-disabled dikarenakan pendaftaran demo account dilakukan melalui Metatrader, sedangkan kebijakan Alpari UK hanya memperkenankan pendaftaran melalui website. Hal ini dilakukan agar Alpari UK dapat dengan mudah meng-collect data calon klien baru untuk keperluan marketing.

Registrasi melalui website pada umumnya melakukan proses pengecekan alamat email, sehingga harus memberikan alamat email yang benar agar dapat memperoleh demo account. Dengan cara ini maka broker dapat mengumpulkan data-data email calon klien baru dan kemudian melakukan marketing agar tertarik mendaftarkan diri.

Bila melakukan registrasi demo account melalui Metatrader, registrasi dapat dilakukan dengan tetap anonim karena tidak ada proses pengecekan email yang valid. Sehingga dapat digunakan nama, alamat, email sembarangan tanpa adanya proses pengecekan lebih lanjut akan kebenaran data tersebut. Bila pendaftaran demo account berhasil, maka akan diterima mail dengan judul "Registration" pada Metatrader MailBox seperti contoh dibawah ini:




Coba diperhatikan registrasi demo dari broker NordMarkets dibawah ini dan bandingkan dengan contoh diatas.



Nah, jadi bingung bukan? Terdapat 3 nama yang berbeda, Liquidity Connection, Gallant Capital Markets, dan NordMarkets. Broker ini tidak jelas... :)

Minggu ini dilakukan 88 trades sebagai uji coba pembandingan broker. Sebagai Master Account tidak lagi digunakan Forex.com, tetapi digunakan FXDD Malta. Oleh karena Tadawul FX, FXOpen ECN, dan Alpari tidak melakukan seluruh 88 enrty, maka pembandingan akan dilakukan 4 tahap yaitu hasil dari 15 entry, 30 entry, 39 entry, dan 88 entry. Berikut adalah hasil dari 15 entry:



Terlihat bahwa broker FX Clearing, broker favorit Pak Aras, menduduki peringkat 1 sebagai broker yang paling menguntungkan karena dapat memberikan profit yang lebih banyak daripada broker lain.

Urutan kedua adalah VantageFX, sengaja diberi tanda merah dikarenakan broker ini tidak menerima klien yang berasal dari Indonesia sebagaimana pernah ditulis disini: Comparing Brokers (#7).

Urutan ketiga adalah FXDD Malta yang bertindak sebagai Master, akan tetapi tidak diperhitungkan karena penilaian uji coba disini adalah penilaian terhadap Slave. Urutan ke 4 dan 5 adalah FXCBS ECN dan Oanda.

Urutan 3 terbawah ditempati oleh Askap, FXDD MtXtreme, dan FX Solution. Broker-broker ini menerapkan spread sangat tinggi sehingga akhirnya menghasilkan profit paling kecil dibandingkan broker lainnya. Askap dan FXDD MtXtreme disamping menerapkan spread tinggi, juga menerapkan sistem komisi sehingga menggerus profit. Meskipun nilai pip Askap lebih tinggi daripada FX Solution, tetapi akibat tingginya komisi akhirnya menghasilkan net profit terkecil.

Berikut adalah hasil dari 30 entry dimana Tadawul FX tidak lagi diperhitungkan dikarenakan mengalami loss connection sehingga tidak mampu melakukan 30 entry:



Terlihat pada peringkat pertama adalah Alpari UK - Pro Account. Semenjak minggu lalu memang telah diketahui bahwa Pro Account yang diberikan Alpari UK ini sangat menguntungkan karena spread-nya yang kecil. Akan tetapi dengan modal minimal harus USD 20.000 tentunya bukan pilihan untuk retail trader.

Yang mengagumkan, peringkat 5 besar tetap diduduki oleh broker yang sama dengan hasil 15 entry diatas, yaitu FX Clearing, Vantage FX, FXCBS ECN, dan Oanda.

Berikut adalah hasil dari 39 entry dimana Tadawul FX dan Alpari UK tidak lagi diperhitungkan dikarenakan tidak dapat melakukan 39 entry:



Peringkat 5 besar tetap diduduki oleh FX Clearing, Vantage FX, FXCBS ECN, dan Oanda. FX Pro meningkat tajam, menduduki peringkat lima setelah selalu berada di peringkat menengah.

Berikut adalah hasil dari 88 entry dimana Tadawul FX, Alpari UK, dan FXOpen ECN tidak lagi diperhitungkan dikarenakan tidak dapat melakukan 88 entry:



Peringkat 5 besar tetap diduduki oleh FX Clearing, FXCBS ECN, dan Oanda. Vantage FX menurun menjadi peringkat 7, digantikan oleh IBFX.

Broker terbaik hasil uji coba minggu ini adalah FX Clearing, FXCBS ECN, dan Oanda. Ketiganya secara konsisten tetap berada di peringkat 5 besar dan tidak memerlukan modal minimal besar untuk membuka account.

Uji coba minggu ini juga tidak mengalami banyak kesalahan data seperti halnya hasil uji coba minggu lalu, sehingga hasil akhir diatas lebih valid daripada hasil akhir minggu lalu. Disamping itu, 3 broker tersebut memiliki konsistensi yang sangat baik, selalu berada di peringkat 5 besar tanpa peduli berapapun jumlah entry yang dilakukan.

Hasil akhir ini juga memperlihatkan bahwa terdapat broker yang disamping menerapkan spread tinggi, juga menerapkan komisi yang tinggi. Hasilnya sudah bisa ditebak, meskipun nilai pip-nya positif, tetap saja rugi karena tergerus biaya komisi.

Yang agak berbeda jauh adalah FX Solution, hasilnya malah minus. Kemungkinan terdapat kesalahan data karena hasil akhirnya sangat jauh dengan broker-broker lain.

Seperti yang banyak dikatakan, broker adalah penentu keberhasilan trading. Meskipun sangat ahli dalam melakukan trading, tetapi kalau tidak didukung oleh broker yang baik maka akibatnya yang menjadi kaya raya bukanlah Anda, tetapi broker.

Tidak perlu membandingkan selisih antara peringkat pertama dengan peringkat terakhir, karena pasti selisihnya akan sangat jauh. Bandingkan saja peringkat pertama dengan peringkat 6, selisihnya sudah USD 1000. Apalagi bila dibandingkan antara peringkat pertama dan terakhir, ribuan dollar selisihnya. Kesimpulannya, bukan Anda yang akhirnya menjadi kaya tetapi broker, padahal yang kerja keras adalah Anda sendiri dan bukan broker.

FX Clearing hasilnya sangat mengagumkan, selalu konsisten berada di 3 besar, sayangnya platformnya masih menggunakan 4 digit. Kelemahan platform 4 digit adalah trailing stop-nya yang lebar dan tidak bisa sesempit platform 5 digit. Minggu depan akan diuji coba kembali dan diteliti perihal trailing stop-nya.

Disamping itu dari hasil Googling dengan keyword "FX Clearing Scam", banyak yang mengatakan bahwa FX Clearing ini bermasalah. Oleh karena Pak Aras yang lebih mengenal broker ini, mohon kiranya Pak Aras dapat berbagi pengalaman disini terutama perihal withdrawal, deposit, dan support dari broker tersebut.

Minggu depan akan dilakukan uji coba pembandingan sekali lagi untuk final test. Sebagai Master akan digunakan FXOpen ECN untuk membiasakan diri dengan platform kontes trading bulan Maret nanti.

Selain itu, minggu depan juga akan dilakukan entry buy dan sell sekaligus dalam waktu bersamaan (hedging) tanpa nilai stoploss dan takeprofit. Disamping untuk menguji coba broker mana saja yang tidak mampu melakukan hedging, juga untuk mengetahui berapa jumlah biaya swap overnight apabila entry tersebut dibiarkan terbuka berhari-hari. Dengan cara ini akan diperoleh gambaran menyeluruh perihal broker mana yang paling menguntungkan.

Bila ingin mengetahui lebih detil, file uji coba pembandingan broker diatas yang berformat CSV dan excel dapat di download disini Comparing_Brokers_8.rar.

Yang mengherankan adalah FXDD, dimana pada minggu lalu berhasil pada peringkat pertama (Comparing Brokers (#5)), tetapi minggu ini pada peringkat bawah. Mungkin hal ini berkaitan dengan gugatan hukum yang terjadi pada tanggal 11 Februari 2011 yang lalu dimana FXDD digugat karena dianggap menyesatkan klien.

Berikut cuplikan gugatan tersebut:
Like the FXCM case, the suit alleges that FXDD uses specially designed software to manipulate trading and “loot” its customer accounts, and also that FXDD lures its customers by promoting a “demo account,” which was touted as providing customers with a true market trading experience. Instead, the suit alleges, the demo account does not reflect what FXDD does when the customer begins “live” trading.

Kemungkinan besar, minggu lalu FXDD memberikan demo account seperti yang dinyatakan oleh gugatan tersebut, yaitu berbeda jauh dengan kondisi sebenarnya. Dan pada minggu ini, akibat adanya gugatan tersebut maka FXDD segera melakukan "penyesuaian" yang lebih mencerminkan kondisi sebenarnya. Mungkin dikarenakan oleh hal inilah peringkatnya yang semula baik di minggu lalu menjadi menurun tajam pada minggu ini.

Bila diperhatikan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa justru broker yang tidak mengklaim dirinya sebagai ECN broker memiliki hasil yang lebih menguntungkan. Dari hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan "ECN Broker" hanyalah sekedar marketing belaka agar menjadi lebih menarik klien baru karena menganggap ECN Broker memiliki spread minimal. Padahal kenyataannya, spread yang digunakan tetap saja tinggi dan masih juga ditambah dengan komisi. Akhirnya klien yang dirugikan karena terpancing marketing dan yang bertambah kaya adalah broker karena disamping memperoleh hasil dari spread tinggi, juga dari komisi.

Satu-satunya cara untuk membuktikan kebenaran marketing dengan fakta adalah dengan cara seperti ini, yaitu melakukan entry pada saat yang sama di berbagai broker sekaligus. Meskipun terdapat jeda waktu antara entry di Master dan di Slave, tetapi jeda waktu tersebut sangat minimal, hanya micro second. Hanya dengan cara ini yang paling valid karena broker akan langsung dapat dibandingkan, bila menerapkan spread tinggi maka otomatis profit juga akan menjadi lebih kecil daripada broker lain.

Pembuktian dengan cara seperti ini belum pernah dilakukan sebelumnya oleh website atau blog manapun, mungkin blog ini adalah satu-satunya dan yang pertama kali melakukan uji coba pembandingan broker dengan cara seperti ini.

Memang sulit memilih broker yang baik, oleh karenanya kita lihat bersama hasil final test pada minggu depan, apakah urutan broker terbaik masih sama dengan minggu ini.

1 komentar:

  1. Benar2 artikel yg bagus spy tahu mana Broker yg baik n layak utk jangka panjang nanti. Trima Kasih Pak Andromeda.....

    BalasHapus