Minggu, 20 Februari 2011

Comparing Brokers (#9)

Pak Ary,

Terima kasih banyak untuk kesediaannya menguji broker favorit saya, FX Clearing, dalam Comparing Brokers. :) Tampaknya dari hasil uji broker, FX Clearing layak dipertimbangkan sebagai salah satu broker yang bisa digunakan untuk hasil trading yang optimal.

Saya mohon maaf mengenai masalah FX Clearing bahwa saya belum pernah melakukan deposit ataupun withdrawal sebelumnya. Untuk kedua teknis tersebut saya tidak bisa memberi komentar lebih lanjut. Untuk proses deposit, hampir sama dengan broker" overseas lainnya. Pak Ary dapat melihatnya disini: http://ind.fxclearing.com/deposit. Pilihan electronic money dan bank lumayan bervariasi. Untuk electronic money dapat menggunakan Liberty Reserve dan WebMoney. Sementara untuk transfer melalui bank dapat menggunakan BCA, Mandiri, BNI, Panin, BRI, dan Danamon. Untuk transaksi dolar dapat menggunakan BCA Dollar dan PanDollar dari Panin.

Untuk masalah withdrawal mungkin juga tidak terlalu beda dengan broker lainnya. Sementara untuk masalah Support, beberapa kali saya mencoba menghubungi pihak FX Clearing Indonesia melalui e-mail. Hanya butuh sehari untuk menunggu balasan dari mereka. Jawaban yang saya dapatkan memuaskan dan tidak bertele-tele. Mengenai masalah scam dan sejenisnya, saya rasa ini masih seperti 'gambling' sebab saya tidak bisa memberikan statement apakah pernyataan" di internet tersebut valid atau tidak. Perlu diketahui statement tentang FX Clearing Scam juga masih kontradiktif sebab tidak sedikit juga yang telah menggunakan broker ini tanpa ada masalah.

Perlu saya tambahkan mengenai broker ini. Beberapa minggu saya mencoba melakukan demo dengan FX Clearing seringkali saya mengalami loss connection. Tapi kejadian ini hanya saat minggu" pertama saja sebab saat ini sudah tidak mengalami masalah dengan koneksi.

Mungkin sudah pernah dijelaskan oleh Pak Ary tapi saya 'lost the page' di artikelnya bagaimana cara menguji belasan broker tersebut. Apakah dengan menggunakan EA ataukah manual trading? Bagaimana memperoleh profit secara bersamaan dengan belasan broker tersebut?

Regards,
Aras



Pak Aras,

Terima kasih atas kesediaannya menulis perihal broker FX Clearing.

Memang benar Pak Aras, perihal cara pengujian telah pernah ditulis pada artikel terdahulu. Pengujian dilakukan dengan menggunakan software CopyToolPro yang memiliki kemampuan untuk menyalin transaksi yang dilakukan di Master account ke Slave account. Jumlah Slave pun tidak terbatas, berapapun jumlahnya tidak masalah sepanjang memory komputer mencukupi. Berikut diagram cara kerja software CopyToolPro dan gambaran resources VPS saat ini:




Terlihat dari diagram diatas bahwa software CopyToolPro mampu melakukan penyalinan transaksi antar broker. Saat ini pada VPS berjalan 28 buah Metatrader dari berbagai broker dimana dari gambaran resources VPS diatas terlihat bahwa penggunaan memory masih belum mencapai 50%. Sehingga apabila VPS ingin lebh dimaksimalkan lagi, mungkin bisa sampai 40 atau 50 buah Metatrader dapat dijalankan sekaligus.

Sayangnya harga software tersebut agak mahal, saya membelinya karena pertimbangan jangka panjang dimana nantinya harus melakukan managed account teman-teman. Akan tetapi bila membeli hanya untuk keperluan sendiri, tentunya akan sangat mahal. Lebih baik dananya digunakan untuk modal awal trading :) Bila Pak Aras berminat, silahkan melihatnya di iticsoftware.com

Pengujian pembandingan broker minggu lalu digunakan manual trading dan kebetulan bisa profit :) Entry dilakukan di Metatrader yang berfungsi sebagai Master account dan oleh software CopyToolPro secara otomatis disalin ke Metatrader Slave account, tidak masalah berapapun jumlah Slave-nya. Entry digunakan hanya 1 lot terus menerus, misalnya seharusnya entry dengan 10 lot, tetapi entry dilakukan dengan 1 lot sebanyak 10 kali. Hal ini disengaja agar lebih dapat diketahui pengaruh nilai spread.

Sebagaimana diketahui, nilai spread selalu berubah-ubah tiap saat. Tentunya 1 kali entry dengan langsung 10 lot akan memberikan hasil yang berbeda dengan 10 kali entry masing-masing 1 lot, akibat nilai spread yang selalu berubah-ubah.

Dengan cara ini maka pengujian akan memberikan hasil lebih akurat apabila entry dilakukan sangat sering. Nantinya akan tercermin perubahan nilai spread di masing-masing entry sehingga hasil akhirnya akan lebih memperlihatkan broker manakah yang paling konsisten memberikan spread minimal atau maksimal.

Bisa saja entry pertama memperoleh spread rendah dan entry berikutnya memperoleh spread tinggi. Tetapi hasil akhir dari 10 kali entry tersebut akan memberikan profit tertinggi apabila broker selalu konsisten menggunakan spread lebih minimal daripada broker lain. Sebaliknya broker yang konsisten memberikan spread tinggi, akan menghasilkan profit yang lebih rendah.

Pengalaman mencoba demo FX Clearing selama seminggu, tidak terjadi masalah koneksi. Koneksi tetap baik meskipun selama seminggu Metatrader sama sekali tidak dilakukan restart.

Justru yang menjadi pemikiran saya adalah kebenaran akan broker ini, jangan-jangan scam broker. Disamping hasil Googling banyak yang mengatakan sebagai scam, juga alamat broker ini yang berada di negara Belize. Baru kali ini saya dengar ada negara yang bernama Belize... :)

Karena tidak tahu negara ini berada dimana, akhirnya Googling. Berikut cuplikan dari Wikipedia "Belize adalah sebuah negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah, berbatasan dengan Meksiko di sebelah barat laut dan Guatemala di barat dan selatan." Luas negara ini hanyalah 22 ribu kilometer atau hanya sekitar 17% dari pulau Jawa yang luasnya 126 ribu kilometer.

Broker ini berlokasi di negara kecil yang jarang orang tahu. Oleh karenanya saya bertanya ke Pak Aras perihal pengalaman dengan broker ini terutama perihal withdrawal dan deposit (bukan deposit dan withdrawal...).

Lebih dipentingkan pengalaman withdrawal dikarenakan hanya broker yang baik saja yang menjamin kemudahan dan kebenaran withdrawal. Tetapi untuk deposit, seperti apapun brokernya, scam atau bukan, selalu memberikan kemudahan deposit. Logikanya, siapa sih yang tidak mau diberi uang :) Tentunya semua broker mau, oleh karenanya mereka selalu berusaha mempermudah cara deposit.

Tetapi hanya broker yang baik saja yang bersedia memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam melakukan withdrawal. Broker scam biasanya mempersulit witdrawal, tetapi mempermudah dalam melakukan deposit.

Terus terang saya agak kurang meyakini broker ini. Jangan-jangan performance yang baik dengan memberikan spread lebih minimal daripada broker lain adalah hal yang disengaja untuk menarik klien baru. Setelah klien melakukan deposit, maka nantinya tidak dapat melakukan withdrawal.

Banyak cara yang dilakukan oleh scam broker untuk menarik klien baru, memberikan spread minimal, menjual robot yang hanya profitable di broker tersebut, dan lain sebagainya. Hal ini pernah ditulis sebelumnya di artikel Scam Brokers dan Forex Brokers.

Apalagi dengan banyaknya IB broker ini - Introducing Brokers. Tentunya Pak Aras ingat dengan broker Marketiva, memiliki banyak sekali IB di Indonesia. Saya sendiri terus terang kurang yakin dengan broker-broker yang banyak memiliki IB, apalagi IB-nya bukan kantor resmi dan hanyalan perorangan.

Perlu saya luruskan bahwa pemilihan broker sebenarnya bukanlah 'gambling'. Untuk mengetahui teknis broker tersebut (koneksi, spread, komisi, dll), dapat dilakukan uji coba seperti yang dilakukan disini. Bila tidak memiliki software CopyToolPro, dapat digunakan limit order misalnya buy stop. Pasang saja buy stop order di berbagai broker yang akan diuji, sehingga entry dilakukan pada saat yang bersamaan apabila candle mengenai limit order tersebut. Gunakan take profit untuk exit sehingga exit pun dilakukan secara bersamaan juga.

Dengan entry dilakukan secara bersamaan dan exit dilakukan bersamaan juga, maka akan diketahui broker mana yang lebih menguntungkan. Akan terlihat spread yang digunakan oleh broker tersebut, apakah minimal atau maksimal.

Sedangkan perihal non teknis, terutama masalah withdrawal, lakukan Googling. Bila lebih banyak komentar buruk ditambah lagi bila lokasi broker tersebut berada di tax haven countries atau berlokasi di negara yang tidak pernah terdengar namanya, lebih baik segera menghindarinya.

Masih banyak broker lain yang dari hasil uji coba minggu kemarin memberikan hasil baik. Utamakan broker-broker besar karena likuiditas dan modal mereka besar, sehingga modal kita, yang jumlahnya tidak seberapa dibandingkan modal mereka, akan lebih terjamin aman apabila dititipkan pada mereka.

Trading sudah sulit, oleh karenanya gunakan broker yang menjamin keamanan modal. Sehingga waktu yang kita gunakan lebih diutamakan untuk fokus kepada trading. Dan bukan sebaliknya, waktu habis karena menguber-uber broker yang telah membawa kabur uang modal... :)

Bila saya harus memilih broker berdasarkan hasil pembandingan minggu kemarin, tentunya saya akan pilih Oanda. Dikarenakan termasuk broker besar, reputasinya yang baik, terpercaya, dan tidak menerapkan ketentuan modal minimal. Sayangnya leverage yang diberikan sangat kecil, hanya 1:50

Akan tetapi, saya tidak menutup kemungkinan bahwa FX Clearing adalah broker yang baik. Siapa tahu diantara pembaca blog ini ada yang bersedia berbagi disini perihal pengalaman melakukan withdrawal dari broker tersebut.

5 komentar:

  1. Biasanya Broker yg Bagus atau ECN yg Asli memang hanya memberikan Leverage yg Kecil dan rata2 hanya mau trima deposit di atas $5000. Lagipula mereka jarang memberi Leverage smpai 1:500, apalagi yg ECN. Jadi kalo utk pemula spt saya yg di bawah $1000 masih belum mampu utk saat ini, tapi kalo dgn sistem Compounding maka skitar 5 thn lagi baru bisa trading di Saxo Bank, DB FX, CITI FX PRO atau Ducascopy.

    BalasHapus
  2. Pujanggasablenk said ....

    jujur saya trade di fxclearing baik itu yang di dot com dan dot ca. saya rutin wd seminggu 2 kali dan selama ini lancar saja. dan saya trade di 4 broker berbeda selama ini juga lancar wdnya.intinya kalo trade di broker manapun adalah pertama wd utk balik modal yang di inves dan trade dari profit yang di dapat ... jgn lupa rajin utk wd minimal 1 minggu sekali. mohon maaf bila ada kekurangan

    BalasHapus
  3. masalahnya kalau uang kita udah mendekati $5000 maka broker maker market akan berulah, mereka akan memperdaya chart supaya kita kalah, bahkan itu khusus chat yg deposit gede dan strategi menangnya besar. bagi yg hanya deposit 200$ maka dibiarkan saja itung2 buang sial bagi Broker Maker Market. itu terbukti di FXDD ada 2 account yg di ganyang yg deposit 10.000$ tapi yg 500$ didiamkan saja. padahal trading waktu yg sama dan OP pada harga yg sama. Gila gak?

    BalasHapus
  4. Wadooooh dana saya ga bisa dicairin dari fxclearing.....

    BalasHapus
  5. bro Pexalman
    emang seberapa besar bro dananya..,
    kemudian bro sendiri sudah berapa lama trading di sana
    jadi takuut neh mau trading .....

    BalasHapus