Selasa, 11 Oktober 2011

Identity Verification #3

Pak Andromeda..

Terima kasih atas saran bapak tentang identity verification kemaren.

Pagi ini saya sudah dapat account live dari Go Markets. Padahal yang saya kirim cuma foto kopi SIM yang ditandatangani pak Lurah saya, bukan dari kepolisian dan tanpa saya lampirkan statement bank....lucky me.... he he he.. (Harusnya pak Andromeda sudah jadi IB Go Markets... sarannya dah jitu sama sekali).

Sekarang terkait dengan live trading, mohon petunjuk pak.. seandainya saya deposit sekitar 500 USD, kira kira saya boleh mainnya berapa lot untuk sekali trading pak?

Karakter trading saya, soft- scalping pak..(saya bikin istilah sendiri itu) kebanyakan di GU dan EU.

Trus untuk di Go Markets yang punya 5 digits, dengan gaya scalping tadi saya masih bingung menentukan TP dan SLnya. Mohon saranya pak.

Terima kasih dan mohon tidak jemu memberi pencerahan pada kami yang baru mencelupkan jempol kaki di lautan trading ini.

Suwun
Mahfud--Solo

PS:
Sebelumnya saya sudah membuka account live di Al....
Tinggal melakukan depo saja. Tapi setelah membaca blog bapak, saya batalkan account tsb, meski sempat dimaki maki sama Reprsentativenya.
He he he untungnya saya ndak begitu mudeng bahasa Inggris..
Terima kasih pak... sekali lagi.




Pak Mahfud,

Syukurlah bila telah berhasil memperoleh live account di GoMarkets, saya turut senang mendengarnya.

Pada prinsipnya, broker yang baik akan selalu berusaha mempermudah kliennya.

Sama halnya dengan Gomarkets, meskipun pemerintah Australia mengharuskan dilakukan identity verification terlebih dahulu, GoMarkets berusaha mempermudahnya dengan menerima legalisir dari siapapun, termasuk dari Pak Lurah dan tidak kaku harus legalisir Notaris.

Untuk menjadi IB GoMarkets, persyaratannya tidaklah semudah dibanding menjadi IB broker Market Maker dikarenakan GoMarkets tidak sembarangan dalam memilih IB. GoMarkets juga mengharuskan IB sanggup memenuhi target penambahan klien baru dalam jumlah tertentu tiap bulannya. Oleh karena hal-hal tersebut belum bisa terpenuhi, akhirnya mundur untuk menjadi IB GoMarkets.

Bila live account milik Pak Mahfud adalah standard account maka nilai 1 lot-nya sama dengan US$ 100 ribu, sedangkan bila menggunakan Learner Account maka nilai 1 lot-nya sama dengan US$10 ribu.

Perbedaan dari kedua account tersebut terletak pada nilai pip-nya. Bila standard account maka nilai 1 pip sama dengan US$10 sedangkan Learner Account (atau disebut juga mini/micro account) nilai 1 pip sama dengan US$ 1.

Sesuai teori money management, jumlah maksimal yang diperkenankan digunakan untuk 1 kali trading adalah sebesar 2% dari modal atau US$ 10 (US$500 x 2%).

Jumlah lot minimal untuk Standard Account maupun Learner Account adalah 0,01 lot, yang membedakan hanya nilai per pip-nya saja yaitu 0,01 lot standard = US$ 0,1 dan 0,01 lot learner = US$ 0,01.

Dari perhitungan tersebut, maka maksimal untuk 1 kali trading bila diasumsikan nilai yang diresikokan hanya US$10 adalah:
- Standard Account = 0,1 lot dengan SL 10 pip atau dapat juga digunakan 0,01 lot dengan SL 100 pip
- Learner Account = 1 lot dengan SL 10 pip atau 0,1 lot dengan SL 100 pip atau 0,01 lot dengan SL 1000 pip

Menggunakan nilai-nilai lot diatas maka bila terjadi loss maka loss akan terbatasi hanya senilai US$ 10 atau 2% dari jumlah modal.

Sedangkan untuk nilai take profit (TP), harus sebesar nilai stop loss (SL) atau lebih besar. Misalnya digunakan Standard Account 0,1 lot dengan SL 10 pip, maka nilai TP harus sama dengan atau minimal sama dengan SL (TP >= 10 pip).

Dengan cara ini maka jumlah profit akan selalu lebih besar daripada loss, sepanjang akurasi entry exit minimal 50%.

Sebagai contoh, dilakukan entry sebanyak 10 kali dengan SL dan TP 10 pip. Bila 4 dari 10 entry salah dan loss (akurasi 60%) maka masih menghasilkan profit sebesar US$20 (profit 6 x US$10 dikurangi loss 4 x US$ 10).

Perbedaan platform 4 atau 5 digit hanya terletak pada tambahan angka 0 dibelakang.

Misalnya SL dan TP 10 pip, bila digunakan platform 4 digit maka nilai yang digunakan tetap 10. Sedangkan bila digunakan 5 digit, maka nilai yang digunakan adalah 100 (ditambah 1 angka nol dibelakangnya).

Perihal SL dan TP yang digunakan oleh Pak Mahfud, silahkan ditentukan sendiri berdasarkan style trading yang digunakan. Prinsipnya SL harus selalu lebih kecil daripada TP agar resiko tetap minimal karena jumlah profit selalu lebih besar daripada jumlah loss.

Scalping dapat diartikan melakukan entry exit dengan cepat dan hanya mengambil profit dengan nilai pip kecil. Oleh karenanya bila TP yang digunakan hanya 10 pip maka SL maksimal tidak boleh melebihi 10 pip.

Bila masih bingung dengan platform 5 digit, sebaiknya gunakan demo account terlebih dahulu untuk membiasakan diri.

Akan tetapi, antara 4 dan 5 digit platform sebenarnya sama saja, perbedaannya terletak pada penambahan 1 angka 0 dibelakangnya dan trailing stop pada 5 digit lebih presisi (1,5 pip) daripada 4 digit (15 pip).

Pada platform 4 digit, trailing stop baru berjalan bila profit minimal sudah mencapai 15 pip. Sedangkan pada platform 5 digit, dengan hanya 1,5 pip profit minimal telah tercapai maka otomatis trailing akan berjalan. Sehingga menggunakan platform 5 digit akan lebih cocok dengan style trading Pak Mahfud yang lebih menyukai scalping.

Oleh karenanya kebanyakan broker-broker market maker lebih menyukai memberikan platform 4 digit kepada kliennya (terutama broker lokal). Disamping sewa platform 4 digit lebih murah (dikarenakan sudah out of date), juga dapat menghasilkan profit lebih besar bagi broker dikarenakan klien cenderung loss.

Hal ini dikarenakan agar trailing stop dapat aktif, diperlukan profit minimal yang cukup besar (15 pip). Akibat hal ini, maka kebanyakan klien akan cenderung mengalami loss bila baru floating profit kecil (misal 5-10 pip sehingga trailing belum dapat aktif) dan kemudian harga tiba-tiba berbalik arah

Berbeda dengan platform 5 digit, dengan kemampuan trailing yang presisi dan sempit, maka klien akan lebih cenderung profit dikarenakan cukup dengan floating profit mencapai 1,5 - 2 pip saja, maka trailing akan aktif melindungi entry yang telah dilakukan.

Sehingga apabila harga tiba-tiba bergerak berlawanan maka entry tersebut akan tetap menghasilkan profit (meskipun kecil). Dengan hal ini maka modal tetap terlindungi dan tetap aman. Tentunya lebih baik profit kecil daripada loss bukan? :)

Broker Al**** adalah broker berjenis market maker dan dari pengalaman uji coba demo di 25 broker berlainan beberapa bulan lalu, broker ini menunjukkan spread-nya sangat tinggi, melebihi spread broker-broker market maker lainnya.

Semoga dengan menggunakan GoMarkets, trading Pak Mahfud dapat menjadi lebih baik dan dapat menghasilkan profit lebih maksimal.




Pak Andromeda,

Saya kutip dari pernyataan bapak,

"Jumlah lot minimal untuk Standard Account maupun Learner Account adalah 0,01 lot, yang membedakan hanya nilai per pip-nya saja yaitu 0,01 lot standard = US$ 0,1 dan 0,01 lot learner = US$ 0,01."

Pernyataan diatas itu utk platform 4 digit ya pak ?

Kalo 5 digit, per pip 0.01 lot standar = US$ 0.01, per pip 0.01 lot learner = US$ 0.001.

Koreksi kalo saya salah, maklum saya masih baru.

Salam,
Acep Kurniawan-Pekanbaru




Pak Acep,

Perbedaan platform 4 atau 5 digit terletak pada jumlah digit dibelakang koma pada platform yang digunakan.

Sebagai contoh, coba Pak Acep perhatikan di Metatrader yang digunakan saat ini. Bila nilai EURUSD saat ini adalah 1,3639 (4 digit dibelakang koma) maka yang Pak Acep gunakan adalah platform 4 digit.

Sedangkan bila nilai yang ditampilkan adalah 1,36395 (5 digit dibelakang koma) maka yang digunakan adalah platform 5 digit.

Perbedaan yang kedua terletak pada penamaan nilai pip, dimana pada 4 digit nilai 10 pip tetap ditulis dengan 10, sedangkan pada platform 5 digit ditulis dengan nilai 100 (ditambahkan satu angka 0).

Hanya 2 hal tersebut yang membedakan platform 4 atau 5 digit.

Sedangkan nilai lot dibedakan berdasarkan jenis account-nya (bukan platform-nya). Bila standard account maka 1 lot = US$ 100 ribu, sedangkan micro/mini account (learner account) maka nilai 1 lot = US$10 ribu.

Atau singkat kata, micro/mini account adalah sepersepuluh standard account.

Nilai lot sama sekali tidak terpengaruh dengan platform yang digunakan. Yang membedakan nilai lot hanyalah jenis account yang digunakan, apakah standard account atau bukan.

Agar mudah dipahami, berikut dirinci nilai dalam US dengan lot yang berbeda-beda:

Standard Account:
- 1 lot = 1 pip = US$ 10
- 0,1 lot = 1 pip = US$ 1
- 0,01 lot = 1 pip = US$ 0,1

Mini/Micro/Learner Account (sepersepuluh standard):
- 1 lot = 1 pip = US$ 1
- 0,1 lot = 1 pip = US$ 0,1
- 0,01 lot = 1 pip = US$ 0,01

Nilai-nilai diatas akan sama saja tidak terpengaruh apakah yang digunakan platform 4 atau 5 digit.

Semoga Pak Acep dapat menjadi lebih jelas.

5 komentar:

  1. Pak Andromeda,

    Saya kutip dari pernyataan bapak,
    Jumlah lot minimal untuk Standard Account maupun Learner Account adalah 0,01 lot, yang membedakan hanya nilai per pip-nya saja yaitu 0,01 lot standard = US$ 0,1 dan 0,01 lot learner = US$ 0,01.
    Pernyataan diatas itu utk platform 4 digit ya pak ?
    kalo 5 digit, per pip 0.01 lot standar = US$ 0.01, per pip 0.01 lot learner = US$ 0.001.
    Koreksi kalo saya salah, maklum saya masih baru.

    BalasHapus
  2. Pak Andromeda,


    Untuk setting SL dan TP di Platform 4 digit dan platform 5 digit apakah ada perbedaan ?
    misalnya di platform 4 digit, kita set SL 100 pip, TP 50 pip maka di platform 5 digit menjadi SL 1000 pip dan TP 500 pip, benarkah demikian ?

    Terima Kasih

    BalasHapus
  3. Benar, tambahkan 1 angka 0 dibelakang untuk platform 5 digit

    BalasHapus
  4. Terima kasih Pak Andromeda atas pencerahannya, luar biasa... banyak sekali ilmu yg saya dapat dari bapak..

    BalasHapus
  5. Pak Andro yang baik..
    Terima kasih atas bantuan dan informasi bapak. Dari yang bapak tulis di blog ini menyadarkan saya kalau forex adalah sesuatu yang harus dijalani dengan telaten dan bukan tempat dimana orang berfikir menjadi kaya mendadak...! Blog ini menyajikan informasi yang tidak saya dapatkan di forum forum yang lain.
    O ya sekedar share pengalaman pak, account live saya kemaren sudah saya isi, ndak banyak sih.. cuma sekedarnya saja. Saya pakai TT via BNI, dan setelah selasai saya kirim email ke csnya Go Markets. Saya beritahu kalau saya kirim bla bla ke rek. Go Markets no Reff xxx. Esok harinya mereka jawab kalau untuk TT butuh sekitar 1 s/d 2 hari kerja... Wuih responnya cepet...
    Trus pas iseng buka Meta trader.. eh... deposit saya dah masuk.... Saya tidak membanyangkan betapa cepatnya mereka merspon email saya. Selama ini saya berfikir kalau TT pasti akan lama, tidak seperti kalau kita pake e currency. Tapi faktanya, hanya butuh kesabaran dikit saja, semua beres. Hal ini untuk membantu pertanyaan teman-teman tentang pakai kartu kredit atau TT.Saya menghindari kartu kredit, bukan apa-apa, takut saja kalau debt collectornya datang ke rumah. he he he..
    Sekian, mungkin dapat memberi gambaran, dan mohon blog ini diupdate terus pak, supaya kita terus dapat pencerahan..
    Salam

    Mahfud-Solo
    PS: Biaya TT di BNI sekitar 20 USD. Kata teman-teman itu cukup mahal, mungkin ada yang mau recomend bank lain?Syukurlah hari ini trading, dah profit cukup untuk ngganti biaya TT. Alhamdulillah.

    BalasHapus