Senin, 31 Oktober 2011

Comparing STP/ECN Brokers #4

Hasil uji coba pembandingan menggunakan EA Scalping pada hari ini sangatlah buruk, nyaris seluruh account mengalami margin call. Padahal modal yang digunakan sudah sangat besar, yaitu 25 ribu.



Setelah dilakukan penelitian ulang, ternyata telah terjadi kesalahan pada saat pemasangan EA di VPS dimana setting OptimizeLots yang seharusnya False, salah di-set menjadi True. Akibatnya EA melakukan entry dengan lot yang digandakan terus menerus, padahal arahnya salah. Hasilnya sudah dapat ditebak, hanya dalam hitungan jam saja, modal 25 ribu amblas seluruhnya :(

Unntung saja terjadinya di demo, coba kalau di live account :)

Oleh karena saat ini market sudah berjalan sedangkan untuk pembandingan diperlukan kesamaan waktu, maka sambil menunggu market libur digunakan software CopyTools dengan demo VantageFX sebagai Master Account. Prinsip kerjanya, pada Master Account dipasang EA Scalping sedangkan pada Slave Account tidak dipasang EA apapun.

Entry exit sepenuhnya bergantung pada Master Account dimana oleh software CopyTools akan secara otomatis di copy ke Slave Account. Seharusnya dengan cara ini Slave Account akan sepenuhnya mengikuti apa yang terjadi di Master Account.

Akan tetapi dikarenakan EA Scalping ini melakukan entry sampai ratusan, kemungkinan besar Slave Account tidak akan sepenuhnya dapat mengikuti Master Account.

Kita pantau bersama dibawah ini:














9 komentar:

  1. Salam kenal Pak Andromeda, semoga selalu dalam keadaan sehat.
    Perkenalkan saya Fitra dari Lombok, saya menemukan blog Bapak beberapa minggu lalu dan merasakan banyak mendapatkan manfaat dari tulisan bapak tentang dunia trading, yang saya rasakan dari tulisan2 Bapak di blog ini, saya seperti diajak untuk melihat dunia trading dari sisi yang berbeda tidak seperti di milis atau forum forex yang tersebar di internet sebagaimana yang kita ketahui bersama..

    Demikian dulu Pak Andromeda..
    Meskipun sebenarnya banyak yang ingin saya utarakan dan tanyakan, mungkin dilain kesempatan.
    Salam hormat saya.

    BalasHapus
  2. Salam sejahtera Pak Andromeda,

    Saya mau tanya pak, masalah swap atau bunga inap di GOMarkets, apakah swap tsb berdasarkan lot yg kita pasang atau sudah ditetapkan nilainya berapapun lot yg kita pasang.

    Terima Kasih

    Acep Kurniawan - Pekanbaru

    BalasHapus
  3. Swap dikenakan sesuai jumlah lot yang dipasang. Untuk lebih detil, dapat dibaca disini:
    http://andromeda-trading.blogspot.com/2011/08/swap-rate.html
    http://andromeda-trading.blogspot.com/2011/08/swap-rate-2.html
    http://andromeda-trading.blogspot.com/2011/09/ib-swap.html

    BalasHapus
  4. Kita ketahui bahwa swap pair EUR/USD jika posisi buy adalah positif, kalo floating profitnya melawan tren atau negatif apakah swapnya jadi negatif atau tetap positif ?

    BalasHapus
  5. Swap tetap positif, tidak terpengaruh arah trend

    BalasHapus
  6. Abudiva:

    Pak Andromeda, saya ada pertanyaan mengenai EA. Kan saya coba-coba EA gitu, trus strategy tester. Nah ada beberapa EA yang grafiknya terus menanjak naik dalam beberapa bulan. Tetapi kemudian di ujungnya dalam waktu singkat sehari dua hari langsung drop menghujam sampai ke dasar. Kenapa bisa begitu ya pak? Kalau EA nya yang jelek, bukankah selama beberapa bulan dia terus menanjak secara konsisten? Kalau terjati fluktuasi harga, bukankah tiap saat harga selalu berfluktuasi? Kenapa tiba-tiba EA tidak bisa mengantisipasi hanya dalam satu dua hari saja? Apa nanti kalau forward test hasilnya akan sama? Kalau yang grafiknya sudah naik turun nggak nentu trus amblas ya sebagai newbie saya bisa pahami lah pak memang EA nya ngacau. Cara memilih EA yang baik gimana ya pak? Saya bisa mengerti "kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa depan" hehe... tapi mungkin ada saran pak cara memilih EA yang baik?

    BalasHapus
  7. Abudiva

    Pak Andromeda... mau tanya lagi boleh ya...
    Pak, kalau di MT4 kita klik terminal, maka di bagian bawah akan muncul kolom2: trade, account history, News, Alert, Mailbox, Experts, Journal. Nah di kolom itu kan makin lama makin banyak isinya makin berderet panjang. Kan tidak semuanya berguna, misal News kalau sudah terlewati buat apa masih tersimpan. Apalagi ada news yang berbahasa Rusia atau bahasa lain yang gak bisa dimengerti. Bagaimana ya pak cara menghapus news, mailbox, expert dan journal itu dari metatrader? Kalau isi account history bisa saya minimalkan dengan mengeset pada history harian, tapi yang lain gak bisa pak. Sudah browsing tapi tidak ketemu.
    Terima-kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  8. Pak Abuduva, jangan terlalu yakini hasil Strategy Tester, biasanya beda jauh dengan forward test.

    Cara memilih EA yang baik, kalau EA tersebut mampu tetap profit minimal selama 2-3 bulan forward test. Meskipun hal ini tidak akan menjamin nantinya akan profit terus dalam jangka panjang.

    Rata-rata EA hanya paham 1-2 jenis kondisi market, sehingga kalau market berubah tidak sesuai kondisi yang telah diprogramkan maka akan menghujam ke dasar karena terjadi loss terus menerus.

    BalasHapus
  9. Menghapus MailBox, hapus saja file-file yang ada dalam folder Metatrader/Mailbox/

    Menghapus News, hapus saja file news.dat yang ada di dalam folder Metatrader/History/(demo atau real account)/

    File MailBox atau file News sebenarnya kecil, tidak akan membuat penuh harddisk meskipun tidak rutin dihapus.

    Yang membuat penuh biasanya adalah file log yang ada dalam folder Metatrader/Log/ atau Metatrader/Expert/Log/

    Apalagi kalau menggunakan EA dan pada EA tersebut terdapat error, maka file log yang ada didalam folder Metatrader/Expert/Log/ ukurannya dapat mencapai ber-gigabyte.

    BalasHapus