Rabu, 02 November 2011

EA Forward Test #4

Bila pada minggu lalu pergerakan trend EU naik terus menerus, akan tetapi pada minggu ini trend bergerak seperti roller coaster. Setelah mengalami penurunan drastis selama 2 hari berturut-turut, hari ini trend mulai bergerak naik.

Pergerakan trend yang naik turun inilah menyebabkan kebanyakan EA yang sedang diuji coba hasilnya "nyungsep". Salah satu contohnya adalah EA Scalping (yang diminati oleh Pak Yulianto :) ), setelah 2 minggu berturut-turut mampu konsisten profit hingga menghasilkan 200% lebih profit akhirnya pada minggu ini mengalami margin call.



Pelajaran yang dapat diperoleh dari hasil uji coba ini, jangan keburu senang dahulu bila EA menghasilkan profit hanya 1-2 minggu. Yang utama adalah konsistensi, percuma saja mampu menghasilkan profit fantastis kalau nantinya tidak mampu mempertahankannya.

Bagi yang menyukai menggunakan EA untuk trading, terutama EA yang bukan buatan sendiri (didapat dari membeli, atau minta diprogramkan, atau dapat gratisan), kenali dan pahami dahulu karakteristik EA tersebut. Lakukan forward test terlebih dahulu sampai betul-betul paham cara kerja EA tersebut dan benar-benar yakin bahwa akan aman saat nanti digunakan di live account.

Seperti EA Scalping ini, karakteristiknya hanyalah cocok digunakan dalam kondisi uptrend, sehingga bila terjadi perubahan trend maka hasilnya adalah margin call dikarenakan tidak menggunakan stoploss. Pahami dan hafalkan kondisi market tersebut, sehingga dengan cara ini maka EA hanya digunakan bila kondisi market memang benar-benar sesuai dengan karakteristiknya.

Berbeda broker juga dapat mengakibatkan perbedaan hasil. Lakukan forward test terlebih dahulu pada broker yang akan digunakan untuk meyakinkan diri bahwa EA akan bekerja baik dan mampu menghasilkan profit.

Kenali juga setting yang tepat untuk EA tersebut agar tetap profitable dan aman digunakan. Salah satu contohnya adalah uji coba EA Scalping di awal minggu ini dimana terjadi salah setting nilai lot sehingga mengakibatkan margin call.

Contoh lain adalah EA Blessing dibawah ini:



EA Blessing ini baik-baik saja dan mampu konsisten profit. Tetapi EA Blessing yang digunakan untuk comparing broker justru hasilnya jeblok.

Hal ini dikarenakan saya "sok pintar" dan mengubah-ubah sendiri setting EA yang sebelumnya telah diberikan oleh Pak Hadi. Hasilnya bukannya menjadi lebih baik tetapi sebaliknya justru terkena margin call :(

Kesalahan setting sepertinya sepele, tetapi akibatnya fatal.

EA yang sampai hari ini mampu bertahan profit adalah sebagai berikut:

















FapTurbo sengaja dipertahankan untuk terus dilakukan uji coba dikarenakan belum mengakibatkan kerugian signifikan. Siapa tahu kemudian besok atau lusa mampu menghasilkan profit.

Penggunaan EA hanyalah sekedar alternatif dalam melakukan trading. Yang utama adalah kemampuan dan keahlian mengenali kondisi market dan trend.

Banyak contoh yang ditemui di forum dimana masih pemula dan belum memiliki keahlian trading tetapi ingin cepat kaya mendadak. Sehingga agar tujuan dapat dicapai tanpa susah payah akhirnya trading menggunakan EA yang dibelinya dan dengan menggunakan modal besar. Akibatnya sudah dapat ditebak, pada umumnya terkena margin call.

Sehebat apapun sebuah EA, selalu memiliki keterbatasan. Pada umumnya keterbatasan EA adalah tidak mampu melakukan adaptasi bila terjadi perubahan kondisi trend. Jarang sekali ditemui sebuah EA yang mampu konsisten profitable jangka panjang dalam kondisi market seperti apapun.

Berbeda dengan manusia dimana oleh Tuhan dianugrahi kemampuan adaptasi yang tinggi. Manusia dapat hidup di kutub, di puncak gunung, bahkan di bulan dikarenakan kemampuan tersebut. Demikian juga dalam melakukan trading, kondisi apapun dapat diadaptasi dengan baik asalkan keahlian telah dimiliki.

Kenapa bank-bank besar atau hedge fund besar masih memperkerjakan trader-trader professional? Kenapa tidak digunakan saja EA untuk melakukan trading? Toh bank besar atau hedge fund besar mampu menyewa dan membayar berapapun kepada programmer paling top untuk menciptakan EA tersebut.

Dikarenakan hasil yang diberikan trader professional jauh lebih aman dan lebih besar daripada EA :)

Meskipun terdapat banyak contoh EA yang hasilnya fantastis, tetapi EA tidaklah akan profitable bila digunakan dalam jangka panjang dikarenakan kondisi market selalu berubah. Hasil fantastis pada sebuah EA hanya terjadi bila kondisi market kebetulan sesuai dengan logic yang telah diprogramkan, tetapi bila market berubah maka EA akan mengalami loss terus menerus dan tidak lagi profitable.

Dua hari ini saya menguji sebuah trading system baru, dikarenakan masih baru maka digunakan demo untuk membiasakan diri terlebih dahulu sebelum nantinya digunakan di live dan juga untuk menguji baik tidaknya tingkat akurasi system ini.

Juga sekaligus sebagai sekedar contoh bahwa kemampuan manusia lebih baik daripada EA, berikut hasil manual trading menggunakan trading system baru:





Wah, sampai angka Monthly-nya puanjang buanget... :)

Loss di awal trading dikarenakan masih belum terbiasa dengan system ini, tetapi hal tersebut dapat diperbaiki setelah lebih terbiasa menggunakannya sehingga loss tidak lagi terjadi. Dengan berjalannya waktu, nantinya entry exit semoga dapat dilakukan lebih sempurna lagi.

Mudah-mudahan saja di live nanti juga dapat seperti ini.

12 komentar:

  1. Selamat malam Pak, semoga sehat selalu.
    Hasil trading Bapak di atas sungguh luar biasa, sungguh tidak ada kalimat yang bisa saya ucapkan untuk menyatakan kekaguman saya..
    Berkaitan dengan hal ini ada yang ingin saya tanyakan, Bapak mungkin pernah mendengar bahwa ada trader profesional yang mampu menghasilkan profit ribuan kali lipat, sehingga trader tersebut di banned oleh broker, baik itu tradernya, akunnya, sampai EA yang digunakannya..
    Bagaimana menurut Bapak tentang masalah ini,??
    Mungkin jawaban Bapak akan kembali kepada pembahasan Broker, sebagaimana yang Bapak tulis pada artikel terdahulu mengenai jenis broker.
    Ya, kecurangan-kecurangan itu mungkin saja bisa terjadi terutama pada broker-broker kecil yang berjenis dealing desk,tax hpn countri, dll.
    Pertanyaan saya mungkinkah hal ini terjadi pada Broker besar atau broker STP/ECN..?
    Terima kasih..
    Saya do'akan semoga trading Bapak semakin berkembang, dan tetap diberikan kemudahan dalam berbagi ilmu.
    Wassalam..
    Hormat saya.
    Fitra
    ------

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas doa serta pujiannya.
    Sabtu besok akan saya tulis sebuah artikel untuk menjawab seluruh pertanyaan Pak Fitra.

    BalasHapus
  3. Salam Sukses Pak Andromeda,

    Saya terlalu banyak bertanya, maklum pak org baru di forex, setelah saya membaca artikel Bpk tentang broker STP/ECN terpikir oleh saya dari mana keuntungan Bank yg melikuidasi trading para trader jika para trader semuanya profesional dan membaca pertanyaan Bpk Anonim diatas jadi pertanyaan juga kok bisa broker mengusir trader profesional padahal kalo broker itu STP/ECN kan tidak mengalami kerugian malahan untung dari spread, trus kalo di GoMarkets kalau saya main pindah-pindah bagaimana pak, soalnya dirmh saya punya 3 kartu, telkomflash, xl, dan three, kalo ada yg lemot saya pindah ke yg lain, apakah boleh seperti ini ?

    Terima Kasih

    BalasHapus
  4. Robi Puguh Santoso4 November 2011 14.36

    Yang NewSystemTest itu scalping ya pak ?

    BalasHapus
  5. Trend follower, bukan scalping

    BalasHapus
  6. Manual trading dan tidak menggunakan EA

    BalasHapus
  7. Robi Puguh Santoso4 November 2011 16.39

    Pake indicator apa pak yg NewSystemTest itu ?

    BalasHapus
  8. Sepertinya pak Andr0meda sdh memahami & mengetahui pola candlestick tanpa bantuan indikator. Bpk sdh bisa merangkai puzzle nih, Salut deh pak...

    BalasHapus
  9. Pak Acep, pindah-pindah kartu telkomflash, xl, dan three tidak masalah, apapun dapat digunakan.

    BalasHapus
  10. mau nanya nih pola candle stick ini apakah seperti sistem trade bank , trader asal malaysia, sistemnya melihat volume candle, apakah bapak bisa membuat EA dengan sistem trade bank yg hanya digunakan di EU utk TF H1 saja? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. Mohon maaf dikarenakan saat ini saya lebih fokus manual trading dan tidak menggunakan EA

    BalasHapus