Sabtu, 19 November 2011

Adsense

Jujur saja, selama ini saya buta perihal iklan online dan baru kali ini mencoba-coba. Hanya saja setelah mencoba selama seminggu ini dengan memasang berbagai banner iklan di blog, kok saya jadi merasa seperti memilih broker yang jujur dan yang tidak :)

Heran ya, kenapa ya sangat sedikit pelaku usaha yang bijaksana dan jujur? Padahal kalau sebuah usaha semenjak awal dilakukan dengan jujur akan lebih mampu menciptakan hubungan timbal balik saling menguntungkan. Tentunya usaha seperti ini akan lebih memiliki potensi menjadi besar nantinya dan akan bertahan dalam jangka panjang.

Kebanyakan usaha tidak didasari prinsip seperti diatas, kebanyakan selalu saja berusaha lebih menguntungkan dirinya sendiri dengan cara merugikan atau membodohi pihak lainnya.

Seperti halnya iklan online ini, saya merasa tidak semuanya jujur.

Yang jujur justru yang besar, yaitu Google Adsense. Pantas saja diminati diseluruh penjuru internet sehingga berbagai situs berlomba-lomba untuk memasang Adsense. Dari hal ini saja sudah terlihat bahwa bila terjadi hubungan saling menguntungkan maka akan lebih diminati dan lebih memiliki potensi untuk menjadi besar.

Tidak jujur dan melakukan kecurangan pada umumnya hanya bertahan dalam jangka pendek. Tetapi bila jujur dan saling menguntungkan, mungkin pada awalnya sulit dikarenakan laba yang diperoleh sedikit, tetapi nantinya akan diminati banyak orang.

Seperti pernah ditulis dalam artikel terdahulu, sebodoh-bodohnya orang bila ditipu dan dicurangi terus menerus maka lama kelamaan akan sadar juga. Oleh karenanya, tidak ada usaha satupun yang awalnya didasari dengan kecurangan dan membodohi akan dapat bertahan lama.

Oleh karena hasil dari iklan ini nantinya akan kembali ke para pembaca dalam bentuk pembiayaan VPS dan pembelian robot, sengaja ditampilkan disini agar para pembaca mengetahui perolehan hasilnya. Dibawah ini adalah hasil selama seminggu ini dari Google Adsense dan provider iklan lokal yaitu IklanSitti yang menurut saya keduanya adalah provider yang paling jujur sehingga dapat menciptakan hubungan saling menguntungkan.





Terlihat pada Google Adsense terjadi koreksi (warna merah) dimana penghasilan yang telah diterima sebelumnya dianulir. Hal ini disebabkan tidak diperkenankan memasang iklan adsense di situs yang berbahasa Indonesia. Kalau dikoreksi, ya saya terima toh memang benar dan yang curang adalah saya sendiri, sudah tahu tidak boleh dipasang kok masih nekad juga :)

Yang patut mendapat acungan jempol adalah iklanSitti, provider iklan online lokal tetapi memulai dengan itikad yang baik untuk saling menguntungkan. Meskipun jumlah Rupiah yang diperoleh kecil, tetapi sudah terlihat adanya kejujuran dan itikad baik.

Sedangkan iklan VantageFX dimana sesuai kesepakatan awal untuk pemasangan banner di blog ini tidak harus membayar apapun, terlihat banyak juga pembaca yang berminat untuk mengklik iklan tersebut.



Nah, yang mencurigakan justru provider iklan-iklan lokal dibawah ini. Yang mengherankan, provider-provider ini sangatlah populer dan banyak digunakan oleh situs lokal, tetapi kok statistiknya tidak benar ya.

Saya sangat yakin bahwa para pembaca blog ini memberikan dukungan sepenuhnya untuk kelangsungan blog ini, apalagi hasil iklan tersebut juga untuk kepentingan para pembaca. Sehingga sangat tidak masuk akal apabila sama sekali tidak ada klik seperti ditunjukkan oleh statistik provider iklan lokal dibawah ini:







Bila melihat detil statistik diatas, terlihat sangat "aneh", iklan dapat ditampilkan dalam jumlah yang sangat banyak tetapi tidak ada klik. Bahkan terdapat satu provider (yang sangat populer), justru statistiknya kacau balau, sama sekali tidak ada data berapa jumlah penampilan, apalagi jumlah klik.

Pada situs provider-provider iklan selalu dicantumkan larangan bahwa iklan dilarang diklik oleh pemilik situs. Disamping itu, pemilik situs juga dilarang untuk meminta kepada pengunjung situsnya untuk melakukan klik iklan dengan cara apapun.

Oleh karena adanya larangan tersebut dan kebanyakan pemilik situs mengharapkan penghasilan dari iklan (yang nilainya seperti amuba bila dibandingkan hasil trading :) ), maka tidak pernah ada yang berusaha melakukan pengujian kejujuran provider iklan.

Bila provider iklan tidak jujur akhirnya mereka dapat menampilkan sebanyak mungkin iklan di berbagai situs tanpa harus membayar apapun. Toh tidak akan ada yang berani melakukan pengujian karena takut di banned oleh provider. Data statistik pun mereka yang pegang dan bisa berbuat suka-suka. Dengan cara ini maka hasil iklan sepenuhnya dinikmati oleh provider iklan tersebut tanpa harus membayar kepada yang menampilkannya, curang khan :)

Akan tetapi, karena iklan hanyalah sekedar usaha iseng-iseng saja untuk blog ini, maka mari kita bersama-sama lakukan uji kejujuran provider-provider tersebut :)

Saya tidak dapat melakukan pengujian sendirian dikarenakan provider-provider iklan tersebut melakukan deteksi berdasarkan IP address dan waktu. Klik akan dihitung bila IP address yang saat ini mengklik berbeda dengan IP address pengklik sebelumnya. Disamping itu, klik pada satu IP address hanya dihitung sekali untuk waktu tertentu.

Oleh karenanya pengujian harus dilakukan secara bersama-sama. Dengan klik dilakukan diberbagai IP address maka tentunya klik tersebut akan dianggap sah dan dihitung. Sedangkan kalau saya lakukan sendiri tentunya tidak akan dihitung karena klik dilakukan pada IP address yang sama.

Jangan takut untuk di banned, klik saja sebanyak mungkin yang Anda bisa lakukan. Bila di banned pun, tidak masalah. Akan saya buang juga banner-banner iklan provider tersebut dari halaman blog ini, penuh-penuhin tempat saja :)

Buat apa menampilkan sesuatu yang tidak berguna yang hanya mencari untung sendiri dengan cara membodohi dan merugikan yang lain.

Mungkin baru kali inilah, ada yang berani melakukan hal "gila" seperti ini :)

Nantinya bila provider iklan tersebut jujur dan beritikad baik, tentunya akan ditampilkan seluruh jumlah klik yang terjadi (seperti halnya Google Adsense diatas). Akan tetapi, setelahnya akan dilakukan koreksi karena dianggap klik tersebut tidak sah karena dianjurkan oleh pemilik situs.

Bila hal tersebut terjadi, akan saya acungi jempol dikarenakan terbukti telah jujur dan akan saya terima koreksi yang dilakukannya. Toh memang klik yang dilakukan bukanlah klik untuk mendapatkan penghasilan, tetapi klik untuk uji coba kejujuran. Sehingga memang sudah sepantasnya untuk dilakukan koreksi.

Meskipun hal ini tidak ada kaitannya dengan trading, tetapi hasil dari pengujian ini akan dapat menambah wawasan kita semua. Nantinya kita semua akan mengetahui mana saja provider yang jujur dan mana yang tidak.

Siapa tahu bila dikemudian hari diantara pembaca ada tertarik membuat situs online, maka sudah tahu harus menggunakan provider iklan yang mana yang akan memberi hubungan saling menguntungkan.

Pengujian akan dilakukan selama seminggu dan pada minggu depan akan saya tampilkan hasilnya pada artikel baru sehingga seluruh pembaca dapat mengetahuinya. Selama seminggu, klik saja iklan apapun sebanyak mungkin yang Anda mampu lakukan dan usahakan klik dilakukan merata diseluruh provider iklan.

Disamping lakukan klik sebanyak mungkin diblog ini, mohon lakukan juga di: ea.Andromeda-Trading.com dan eng.Andromeda-Trading.com.

Mohon kesediaan dan partisipasi seluruh pembaca untuk melakukan pengujian ini.

1 komentar: