Rabu, 16 November 2011

MillionDollarPips (MDP)

Pak Ary,

Terimakasih pak sudah mau mencoba EA2 saya.

Perhatikan EA bugil pak, returnnya tinggi banget per bulannya, tapi dia tidak punya exit strategi, cuma averaging murni sampai gak kuat lagi, tapi ada mericanya aja, yaitu hedgingnya sebesar lot yg kebalikannya.

Saya harap bisa diperbaiki nih performancenya, apakah dikasih indikator atau apa yg bagus nanti setelah pak ary mengamati kerjanya EA ini tentunya.

untuk MDP sampai saat ini keduanya belum juga open posisi ,kedua versi sama saja cuma diam aja,kayaknya ada yg error deh, setau saya MDP agak agresif

oh ya pak,saya mau sharing aja, perihal account saya yg MC kemarin,ternyata masih dikirim rebate senilai 122 usd, itu goodnewsnya.

jadi account saya tersebut setiap bulan dikirim rebate sebesar 1,7 pips dari setiap standar lot yg ditradingkan.

saya cuma deposit 500 usd, sudah beberapa kali WD,dan rebatenya sudah mencapai 500 usd lebih,makanya kemarin saat MC lossnya 1000 usd lebih.

badnewsnya,sekarang ini account tsb tidak bisa saya WD,karena ada bonus 30% yg nilainya 150 + 30 = 180 usd ,jadi tidak ada yg bisa ditarik,karena accountnya cuma ada 122 usd

untuk bisa ditarik harus ditradingkan lagi agar mencapai lebih dari nilai bonusnya

saya sebenarnya sudah malas trading di broker ini,karena spreadnya rata2 adalah 3 pips di major, dan terlalu beresiko buat trading dengan style saya dengan modal segini,kalau deposit lagi saya gak mau,wong saya mau pindah broker ke vantage rencananya :D

kalau bapak mau account ini buat latihan trading silahkan pak,siapa tau bisa jadi 5000 usd hehe,nanti bagi dua saja berapapun hasilnya gak masalah buat saya , ini kan lotnya mini,berarti sama juga punya uang 1220 dolar kalau di standar dengan lot 0,01

sebenarnya ada juga rencana saya pakai MDP ,itu juga kalau MDP nanti sudah jalan dengan baik hasilnya, tapi yg jelas dengan modal segini saya gak bisa main dengan strategi martingale karena terlalu beresiko

kalau pak ary mau coba atau mau pakai robot dan ditradingkan di vps boleh saja,soalnya ini juga buat bayar vps pasti gak bakal nutup hasilnya kalau saya yg tradingkan

kalau pak ary mau saya kasih no account dan passwordnya pak.

kebetulan laptop saya lagi diservis,dan PC ini juga suka mati2 overheat kipasnya sudah lemah,makanya saya susah mengontrol trading saya di vps belakangan yg menyebabkan jadi MC

okelah sekian dulu pak, terimakasih banyak atas waktunya.

Saya harap blog pak ary bisa jadi referensi juga buat orang luar mencari broker yg terbaik,saya dukung tulisannya dalam full bahasa inggris :)

Salam
Hadi




Pak Hadi,

Sayalah yang seharusnya berterima kasih dikarenakan tanpa perlu repot mencari EA kesana-kemari, Pak Hadi sudah rajin mengirimkan EA yang bagus-bagus :)

VPS yang saya gunakan saat ini kapasitasnya cukup besar dimana mampu menampung sekitar 25-30 buah EA sekaligus yang bekerja bersamaan. Oleh karenanya, silahkan Pak Hadi atau pembaca lain mengirimkan EA untuk dilakukan forward test.

Bila EA tersebut bekerja baik maka forward test akan dilanjutkan selama sebulan. Tetapi bila dalam 3 hari atau paling lama seminggu ternyata EA tersebut sama sekali tidak melakukan entry atau berhasil melakukan entry tetapi loss terus menerus menggerus modal, maka EA dihentikan dan diganti dengan EA lain.

Selama ini VPS tersebut hanya digunakan untuk backup manual trading dimana tiap kali dilakukan entry maka EA Auto Exit akan dipasang. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga bila listrik atau koneksi internet tiba-tiba mati. Exit manual sudah jelas tidak dapat dilakukan bila hal seperti ini terjadi, sehingga EA Auto Exit yang akan bekerja menggantikan untuk melakukan exit secara otomatis.

Entry yang saya lakukan selalu dilengkapi dengan SL tetapi tidak menggunakan TP agar exit dilakukan lebih fleksibel mengikuti kekuatan trend. SL selalu terpasang agar modal tetap terlindungi bila terjadi salah entry atau bila terdapat high impact news yang tiba-tiba terjadi.

Jangan sepelekan unscheduled high impact news ini, dapat terjadi tiap saat. Misalnya EU sedang downtrend dengan gerak yang stabil dan misalnya pada saat tersebut Obama meninggal mendadak karena serangan jantung :)

Nah, kalau hal ini tentunya EU langsung balik arah dengan kencang. Kalau entry selalu disiplin dilengkapi SL, tentunya modal akan tetap aman dan tidak akan mengalami margin call.

Bila entry mengikuti downtrend tersebut dalam kondisi floating profit dan tiba-tiba harga berbalik arah ditambah lagi bila koneksi internet tiba-tiba juga mati, maka EA Auto Exit yang berada di VPS akan secara otomatis melakukan trailing stop agar floating profit yang telah diperoleh tetap terlindungi. Dengan cara ini, profit tetap diperoleh dan SL tidak terpicu berkat adanya EA Auto Exit yang selalu siap sedia di VPS.

Karena itu, meskipun saat ini saya bukan penggemar EA fanatik, tetapi memiliki VPS merupakan keharusan dikarenakan digunakan untuk backup. Meskipun PC yang saya gunakan juga dilengkapi dengan UPS (pengganti listrik mati) dan modem 3G (pengganti jalur internet kabel) sebagai upaya berjaga-jaga, penggunaan EA Auto Exit di VPS sangat menguntungkan apabila terjadi pembalikan harga tiba-tiba dikarenakan koneksi internet di VPS jauh lebih kencang sehingga lebih cepat bereaksi.

Oleh karenanya, bila diantara pembaca sudah melakukan live trading, selalu gunakan backup kalau tidak ingin konyol sendiri akibat listrik atau internet tiba-tiba mati.

Perihal robot MDP, apa yang dikatakan Pak Hadi benar adanya. Robot MDP memang dikenal agresif dan seharusnya sudah melakukan entry exit berkali-kali. Pengecekan terhadap robot MDP baik yang versi 1.1.0 maupun versi 2.1.2 (kok versinya mirip seperti Wiro Sableng ya? :) ) menunjukkan seluruhnya berjalan normal dan tidak ada error apapun sebagaimana ditunjukkan gambar dibawah ini:





Dari gambar diatas terlihat bahwa MDP versi 1.1.0 maupun versi 2.1.2 menggunakan indikator yang sama yaitu Bollinger Band.

Pada penjelasan kode MDP versi 2.1.2 dinyatakan bahwa versi ini bukanlah robot MDP yang asli. Tetapi merupakan robot yang baru dibuat berdasarkan logic MDP asli versi 1.1.0 sehingga robot ini dinamakan MDP Plus dan bukan MDP. Sedangkan MDP versi 1.1.0 adalah robot MDP asli tetapi sudah dibajak :)





Bila EA ini berjalan normal di VPS dan tidak ada error message apapun tetapi sama sekali tidak melakukan entry, maka dapat disimpulkan bahwa pada logic untuk melakukan entry terdapat kesalahan. Akibat kesalahan inilah akhirnya robot hanya diam ditempat dan tidak dapat melakukan entry.

Hanya saja, untuk versi 1.1.0 tidak dapat dilakukan decompile (pembalikan kode program dari yang semula menggunakan bahasa mesin menjadi bahasa pemprograman sehingga dapat di edit dan diubah). Seandainya dapat dilakukan proses decompiling pun tetap saja percuma dikarenakan MDP 1.1.0 ini menggunakan file DLL sebagai proteksinya. Decompiling file DLL prosesnya jauh lebih rumit daripada decompiling file EX4.

Sehingga yang mungkin dilakukan perubahan hanya robot MDP Plus dikarenakan file source code MQ4-nya tersedia. Tetapi saya masih belum sempat untuk meneliti letak kesalahannya dimana. Proses meneliti letak kesalahan (debuging) memakan waktu cukup lama dikarenakan harus memahami logic EA tersebut terlebih dahulu, baru kemudian dilakukan pengurutan proses sampai akhirnya ditemukan letak kesalahannya.

Perihal live account milik Pak Hadi, jujur saja, beberapa orang teman telah menawarkan account miliknya untuk ditradingkan. Bahkan sampai-sampai atasan saya di kantor yang sama sekali buta perihal dunia trading, bersedia memberikan uangnya kepada saya sebagai modal trading dan nantinya bagi hasil :)

Akan tetapi, seperti pernah ditulis pada artikel terdahulu, menggunakan account milik orang lain untuk melakukan trading memiliki beban psikologis yang lebih berat daripada trading dengan account milik sendiri. Apalagi account yang pemiliknya sama sekali buta perihal trading, biasanya yang seperti ini tahunya hanya mendapatkan profit saja :)

Padahal dalam trading, loss akan selalu terjadi. Tentunya bagi yang tidak paham akan dunia ini, akan panik bahkan marah-marah karena merasa tertipu bila loss terjadi :) Nah, kalau sudah terjadi seperti ini maka hubungan akan menjadi tidak enak :(

Mereka sulit memahami bahwa seprofessional apapun tradernya, pasti akan mengalami loss dan tidak mungkin terus menerus menghasilkan profit. Mereka tidak paham bahwa hasil trading yang baik adalah jumlah profit yang diperoleh harus lebih besar daripada jumlah loss. Oleh karenanya, seharusnya tidak perlu panik bila terjadi loss. Bila tradernya professional, tentunya akan mampu melakukan recovery sehingga loss yang terjadi sebelumnya dapat segera tertutup.

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, saya lebih memilih melakukannya dengan perlahan seperti menaiki anak tangga.

Mulai minggu depan saya akan mentradingkan sebuah account milik sahabat dengan modal awal sebesar USD 5000 bersamaan dengan account milik saya sendiri. Bila nantinya hasilnya baik dan beban psikologis sudah mulai berkurang, barulah ditambah live account milik teman-teman lain yang saat ini sudah mengantri menunggu giliran :)

Broker yang digunakan adalah sama untuk seluruh account yaitu di VantageFX. Dengan cara ini maka timing entry exit akan tidak berbeda jauh dan profit yang dihasilkan pun juga tidak berbeda jauh dikarenakan nilai spread tidak bergerak dalam rentang lebar. Digunakan software CopyTools agar mampu melakukan entry exit secara bersamaan pada kedua account hanya dengan sekali klik.

Tetapi jangan harap hasilnya akan fantastis seperti halnya di demo. Trading di live account lebih memerlukan kehati-hatian dan money management yang baik agar resiko terjaga tetap minimal. Toh teman pemilik account cukup senang meskipun nantinya perolehan profit hanya 50% modal, sudah cukup banyak katanya :)

Sekedar nasehat bagi yang baru belajar, jangan terpaku dan mengejar target profit, misalnya harus menghasilkan 100% profit, nantinya akan berakibat babak belur sendiri.

Memiliki target profit tertentu mengakibatkan memaksakan diri untuk mengejar dengan melakukan banyak entry. Padahal tidak setiap saat market bergerak dengan kencang dan mudah ditebak. Akibatnya, bukan target profit yang segera terpenuhi tetapi loss yang akan terjadi.

Lebih baik lakukan saja dengan santai. Bila kondisi market meragukan, ya jangan lakukan entry. Sesuaikan diri dengan kondisi market dan jangan terpaku harus memenuhi target profit. Yang pasti, ada saatnya nanti dimana market bergerak sangat kencang sehingga meskipun hanya dengan sekali entry maka hasilnya dapat melebihi target profit .

Oleh karenanya, saya tidak pernah memberikan janji muluk-muluk setinggi langit kepada teman-teman tersebut. Saya tidak mau semenjak awal sudah terikat dengan janji target profit yang nantinya justru dapat membikin konyol kondisi account. Lebih baik katakan saja "akan diusahakan yang terbaik" yang lebih nyaman dan aman :)

Nah, pasti penasaran khan perihal berapa prosentase bagi hasilnya?

Kita ini sebagai orang Indonesia sukanya membayangkan dan bermimpi. Kerja belum dimulai, uang belum diperoleh, profit juga belum dihasilkan, tetapi yang terjadi pada umumnya sudah saling ngotot mempermasalahkan bagi hasil :)

Justru kalau hal-hal seperti ini dilakukan sebelum kerja dimulai, biasanya nantinya akan menghasilkan sesuatu yang buruk.

Oleh karenanya, tidak usah pusingkan dulu soal bagi hasilnya. Yang penting saat ini fokus hanya 1 hal saja yaitu bagaimana caranya agar profit diperoleh. Soal lain-lainnya, dipikir nanti saja.

Bagaimana kalau teman itu kabur dan tidak membagi hasil? Juga tidak apa-apa, yang rugi dia sendiri dan bukan saya. Kerugian saya hanyalah kerugian jangka pendek karena tidak memperoleh bagi hasil saat ini, tetapi kerugian teman tersebut adalah kerugian jangka panjang dikarenakan accountnya tidak ada lagi yang mentradingkan. Silahkan saja dia coba lakukan trading sendiri, pasti hasilnya loss :)

Oleh karenanya Pak Hadi, dikarenakan account milik Pak Hadi bukanlah di jalur antrian yang pertama, maka mohon maaf sebesar-besarnya bila tidak dapat saya tradingkan :)

Ditambah lagi dengan penggunaan broker berbeda dan dengan nilai spread lebih tinggi, maka hal ini akan sangat beresiko bila dilakukan copy trade. Karena bisa saja pada account milik saya entry exit tersebut hasilnya profit tetapi di account Pak Hadi hasilnya loss atau profitnya lebih kecil dikarenakan perbedaan spread dan adanya jeda waktu eksekusi akibat beda broker.

Perihal tulisan dalam bahasa Inggris, sebenarnya saya sendiri juga tidak terlalu fasih bila menulis dalam bahasa Inggris. Untung saja saat ini tersedia Google Translate, tinggal copy paste saja dan langsung diubah menjadi Inggris. Oleh karenanya mohon dimaklumi bila artikel-artikel di alamat eng.andromeda-trading.com bahasanya agak kacau balau dikarenakan seluruhnya hasil copy paste dari Google Translate :)

Sedangkan untuk robot bugil maupun MDP, nanti saat sabtu minggu akan saya coba untuk teliti lebih mendalam. Siapa tahu dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi agar hasilnya dapat lebih baik.

Demikian Pak Hadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar