Minggu, 27 November 2011

Broker Guide #2

Pa Ary yang baik,

Benar adanya yang dikatakan pa Ary, contoh saya trading di FBS.COM sering kali terjadi reqoute dan spread tinggi, bayangkan saya bukan OP di 0,10 langsung terpotong $2 dollar yang mana agak sulit untuk profit, padahal OP sudah tepat.

terus saya coba di OP berbarengan di sama2 demo di broker nya pa ary yaitu VantageFx hasilnya tepat karena OP posisi sudah sesuai dengan analisa saya, saya belum sempat pakai SL baru pasang Trailing dan TP sudah kena TP dan Trailing bawaan broker VantageFx ini buktinya :

Trading Result

sebenarnya analisa saya dah mantap dan tepat tapi karena brokernya menggunakan spread yang tinggi akhirnya agak sulit mendapatkan profit terus trailing stop juga lama, baru kali ini saya trading nyaman di VantageFX ketimbang di broker FBS.COM walapun didemo...

saya belajar didemo sebenarnya dah hampir 3 bulan tapi baru kali ini belajar dengan hasil fantastis di VantageFX dan kesadaran saya timbul setelah pa Ary jelaskan tentang Broker Guide...

Pa Ary sayangnya broker VantageFX modalnya sangat besar, yang belum mampu saya jangkau (harus ngumpulin modal dulu) dan juga masalah transfer

Deponya masih awam bagi saya, soalnya selama ini saya pakai Liberty untuk Depo dan WD nya, kiranya pa Ary segera jadi IB broker ini atau paling tidak menjebatani proses Depo dan WD nya melalui pa Ary agar mudah dan nyaman.. he..he.. (ini pendapat saya loh)...

terima kasih dan salam sukses selalu buat pa Ary

samuti




Pak Samuti,

Tentunya yang saya tulis benar adanya, mana bisa saya berbohong :)

Menulis, apalagi yang dibaca oleh khalayak ramai, tidaklah semudah seperti berbicara. Tulisan dapat dibaca berulang-ulang sehingga bila salah atau tidak logis maka akan segera diketahui.

Sedangkan berbicara hanya terjadi sekali dan tidak mudah diingat detilnya (kecuali direkam :) ). Sehingga berbicara tidak konsisten akan jauh lebih mudah daripada menulis :)

Diperlukan konsistensi terus menerus pada setiap tulisan. Tulisan yang cenderung tidak logis atau tidak konsisten pada umumnya adalah tulisan yang menyesatkan. Bila Pak Samuti perhatikan artikel-artikel disini terlihat bahwa konsistensi terjaga terus menerus. Hanya saja kadang kala yang membaca tidak dapat segera memahami sehingga kesadaran akan kebenaran tulisan terjadinya belakangan :)

Menggunakan broker yang menerapkan spread rendah dan eksekusi cepat lebih memudahkan dalam melakukan trading. Seandainya terjadi loss maka loss tersebut akibat kesalahan sendiri dan bukan akibat dicurangi broker karena requote atau hal lain sehingga entry exit terlambat.

Pak Samuti juga tidak harus menggunakan VantageFX bila ingin menggunakan modal kecil. Silahkan gunakan GoMarkets yang tidak ada pembatasan modal minimal sebagaimana VantageFX yang mengharuskan modal minimal USD500.

GoMarkets saat ini spreadnya telah kembali normal dan tidak setinggi beberapa minggu yang lalu. Silahkan download demonya dan dicoba dahulu. Demo di broker-broker STP/ECN sama saja dengan live account dan tidak ada perbedaan apapun.

Meskipun spread GoMarkets telah normal, akan tetapi masih sedikit lebih tinggi daripada VantageFX. Selama seminggu ini saya perhatikan, rata-rata perbedaan spread sekitar 0,5 pip lebih tinggi daripada VantageFX.

Tidak ada broker yang sempurna. VantageFX memiliki kelemahan pada nilai deposit minimal yang tinggi dan juga mengenakan charge 3% bila deposit dilakukan dengan credit card. Sehingga cara deposit yang termurah adalah dengan menggunakan bank transfer. Bayangkan saja bila nilai deposit USD 5000 maka charge 3% akan bernilai USD 150 yang jauh lebih mahal daripada bank transfer yang berbiaya hanya sekitar USD 20 -30.

Sedangkan pada GoMarkets, cara deposit terbaik adalah menggunakan credit card dikarenakan tidak ada biaya apapun, sehingga lebih murah daripada dengan bank transfer. Modal minimal pun tidak ada pembatasan, dengan hanya USD 5 sudah bisa mendapatkan live account. Kelemahan GoMarkets hanyalah pada spreadnya yang lebih tinggi 0,5 pip daripada VantageFX.

Meskipun beberapa waktu lalu terjadi spike di GoMarkets, tetapi saya rasa GoMarkets akan mengganti seluruh kerugian yang dialami akibat spike. Spike tersebut terlihat jelas dan dapat dibandingkan dengan broker lain. Sehingga bila GoMarkets tidak mengakui adanya spike dan tidak mau mengganti kerugian klien, tentunya oleh klien dapat diadukan ke ASIC. Akibatnya akan jauh lebih mahal dibanding mengganti kerugian klien dikarenakan bisa-bisa GoMarkets ditutup dikarenakan izinnya dicabut oleh ASIC.

GoMarkets tetap jauh lebih baik daripada menggunakan broker market maker. Hanya saja bila ingin lebih baik lagi, gunakan VantageFX yang menerapkan spread lebih rendah 0,5 pip daripada GoMarkets.

Silahkan Pak Samuti coba demo GoMarkets terlebih dahulu dan kemudian pertimbangkan.




pak Ary yang saya hormati saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan seputar deposit di vantagefx:

1. Sebagaimana kebanyakan kita yg mudah tergoda dengan iming2 bonus, dan seperti yg pak Ary sampaikan akan 10% bonus first deposite, apakah ada aturan tertentu? misalnya jika setelah mendapatkan bonus first deposite tsb modal dapat ditarik? contoh, saya deposit $1000 dapet bonus 10%= $100, kemudian bolehkah jika bulan depan dana $1000 saya withdrawl, karena sebenarnya saya berniat modal kecil dulu misalnya..

2, Untuk deposite dengan CC, bagaimana caranya jika deposite/withdrawl saya melebihi limit cc saya..?

terima kasih atas jawabanynya..

salam
kandar




Pak Kandar,

Seperti dijelaskan diatas, menggunakan credit card untuk melakukan deposit di VantageFX sangatlah mahal dikarenakan adanya charged 3%. Selain itu, terdapat ketentuan bila deposit dilakukan menggunakan credit card maka tidak diperkenankan di withdraw selama 2 bulan.

Hal ini juga baru saya ketahui beberapa hari lalu saat melakukan deposit ke VantageFX sehingga baru sempat ditulis sekarang. Silahkan Pak Kandar membaca pada bagian Terms & Conditions disini: Transaction Details

Oleh karenanya, cara termurah untuk melakukan deposit ke VantageFX adalah menggunakan bank transfer dan bukan dengan credit card.

Perihal bonus, tentunya terdapat aturan perihal pemberian deposit dan pasti tidak memperkenankan deposit langsung ditarik. Kalau tidak ada aturan apapun, mendingan kita semua beramai-ramai lakukan saja deposit ke VantageFX :)

Sebagai contoh, saya lakukan deposit USD 10 ribu sehingga mendapatkan bonus 10%. Kemudian saya withdraw modal USD 10 ribu sehingga tinggal 1000. Dengan cara ini kita dapat melakukan trading tanpa modal apapun dikarenakan 1000 tersebut adalah pemberian VantageFX berupa bonus. Wah, kalau bisa seperti itu, saya juga mau :)

Tentunya VantageFX tidaklah sebodoh itu, pasti ada aturannya. Hanya saja saya masih belum sempat untuk menanyakan aturan tersebut ke customer service.

Sedangkan perihal limit credit card, Pak Kandar dapat meminta ke bank penerbit credit card tersebut untuk kenaikan limit secara permanen atau sementara. Silahkan Pak Kandar tanyakan ke bank perihal ini.

Demikian Pak Kandar, semoga dapat mencerahkan.

7 komentar:

  1. Sore pak Ary..
    Saya mau melaporkan pak.. kalau sore ini (30 Nop Nopember) sekitar jam (kurang lebih 20.10-20.19 WIB)Vantage harga tiba tiba melonjak.... tinggi sekali...
    Saya kira bukan spike..pak.. karena broker lain juga kelihatannya sama...
    Yang jadi masalah adalah... terpicunya SL... saya pasang stop los sekitar 30 pips... tapi kok hampir setengah modal saya habis ya pak..(saya coba pakai 2 lots)...
    Apa permasalahnnya ya pak? kalau dalam kondisi normal 2 lots kena SL kok ndak sebesar kalau pas ada loncatan besar tersebut... Mohon penjelasnnya...
    Salam.

    Mahfud=- Solo

    BalasHapus
  2. Lonjakan yang baru saja terjadi bukanlah spike tetapi akibat high impact news dimana candle naik sangat tinggi sekitar 200 pip. Hal ini akibat adanya press release dari Bank Sentral negara-negara besar.

    Cara termudah untuk mengeceknya, coba Pak Mahfud upload statement account tersebut ke myfxbook.com

    Untuk melakukan upload dan koneksi myfxbook.com dapat dibaca disini:
    http://www.myfxbook.com/help/metatrader-wizard

    Nantinya setelah account Pak Mahfud tampil di myfxbook.com akan terlihat berapa nilai SL yang terpasang dan berapa nilai SL yang sebenarnya terjadi.

    Seharusnya pada broker STP/ECN nilai SL terpasang dan yang terjadi adalah sama.

    Berbeda bila digunakan broker market maker, pada saat news seperti ini broker akan "panen" dikarenakan nilai SL terpasang "dibuat" berbeda jauh dengan yang terjadi.

    BalasHapus
  3. Permainan SL pada broker umumnya terjadi di live account.

    Bila Pak Mahfud saat ini masih menggunakan demo maka modal habis sampai setengah lebih cenderung disebabkan oleh hal lain dan bukan karena broker memainkan nilai SL.

    Sebaiknya upload saja ke myfxbook.com agar lebih mudah dilakukan pengecekan.

    BalasHapus
  4. Terima kasih pak infonya... saya coba nanti upload ke myfxbook.com, supaya untuk peristiwa yang kemaren bisa dipantau...
    Tapi entah di demo atau di live.. saya dulu kok pernah baca-baca artikel tentang SL Hunting ya pak? apakah kondisi saya diatas hampir sama dengan hal tersebut. Saya kira, SL saya difreeze sehingga tidak berjalan ketika terjadi high impact seperti kemaren...
    Terima kasih atas jawabannya pak..

    Mahfud-Solo

    BalasHapus
  5. SL Hunting hanya terjadi di live, kalau di demo buat apa, gak ada untungnya buat broker.

    Saat high impact kemarin, saya memantau 3 buah account live (GoMarkets, VantageFX, FXPro) dan 1 buah account demo (VantageFX).

    Seluruhnya normal, kecuali FXPro dimana terjadi freeze terminal dan kemudian disconnect beberapa menit. Hal ini memang biasa dilakukan oleh broker-broker market maker supaya trader tidak bisa entry maupun exit. Biasanya SL pun tidak jalan sehingga loss menjadi lebih besar dari yang seharusnya.

    Tetapi kemarin pada broker STP/ECN tidak pernah terjadi freeze seperti diatas, GoMarkets dan VantageFX berjalan normal di live account maupun demo.

    Supaya tidak menduga-duga yang tidak jelas, lebih baik statementnya diupload ke myfxbook sehingga diketahui penyebab sebenarnya.

    BalasHapus
  6. saya pembaca baru,, salam kenal ... saya iyan.. sudah pernah pakai insta belum pak ary ?? mohon perbandingannya dengan vantagefx.. baik kekurangan dan kelebihan masing-masing. trims

    BalasHapus
  7. Silahkan baca disini:
    http://andromeda-trading.blogspot.com/2011/09/instaforex.html
    http://ayotradefx.com/artikel-trading/artikel-broker/instaforex-2

    Blog ini pindah ke alamat baru, AyoTradeFX.com

    BalasHapus