Rabu, 16 November 2011

Blessing_4Pair_M30

Robi Puguh Santoso mengatakan:

Sudah satu bulan untuk EA blessing 4 Pair. Jadi kesimpulannya gmn pak ? Thanks....
- 16 November 2011 10:24





Pak Robi,

Bila melihat detil kinerja Blessing_4Pair_M30 selama sebulan, cukup baik. Dimana Nilai Pips Average Win hampir sama dengan nilai Pips Average Loss dan tingkat akurasi 70%. Best Trade($) juga lebih besar daripada Worst Trade($). Yang buruk hanyalah pada nilai Best Trade (Pips) dimana lebih kecil daripada Worst Trade (Pips).





EA lain yang pernah diuji dengan forward test pada umumnya Nilai Pips Average Win jauh lebih kecil daripada nilai Pips Average Loss. Menggunakan EA jenis ini sangat beresiko dikarenakan bila terjadi loss maka akan menggerus equity sangat dalam dan setelahnya diperlukan beberapa kali entry yang menghasilkan profit agar dapat melakukan recovery.

EA Blessing ini juga dilengkapi dengan Equity Protection dimana bila mengalami loss cukup besar pada sebuah pair maka EA secara otomatis menghentikan trading hanya di pair tersebut. Sedangkan trading di pair yang lain akan tetap berjalan. Dengan cara ini maka modal tetap aman dikarenakan EA tidak "ngotot" untuk melakukan trading terus menerus dan tetap mampu mendapatkan profit dikarenakan pada pair yang lain tidak berhenti trading.

Kelemahan EA ini (juga kelemahan EA-EA lain yang diuji) hanya satu yaitu bila trend berubah arah dan perubahan tersebut terjadi sangat kencang, maka floating loss yang terjadi akan besar. Agar EA dapat bertahan dari margin call maka satu-satunya cara adalah menggunakan lot sekecil mungkin disertai dengan modal yang mencukupi.

Selain itu, juga terdapat ide untuk menggunakan pair yang berlawanan agar EA dapat bekerja lebih baik dan lebih mampu bertahan.

Bila Pak Robi ingin menggunakan EA ini untuk live account, ada baiknya bila dilakukan forward test sekali lagi agar dapat lebih yakin. Dimana pada forward test kali ini akan digunakan pair sesuai pilihan Pak Robi, serta jumlah modal dan nilai lot yang ditentukan oleh Pak Robi.

Nantinya bila hasil dari forward test ini hasilnya baik, silahkan digunakan untuk live account.

Perlu diingat bahwa forward test yang dilakukan sebelumnya menggunakan modal $10 ribu dan 0,1 lot. Bila Pak Robi ingin menggunakan untuk live account dengan jumlah modal dan nilai lot yang sama, silahkan saja. Tetapi bila nantinya menggunakan jumlah modal, pilihan pair, serta nilai lot berbeda, sebaiknya dilakukan forward test sekali lagi agar lebih yakin.

Disamping itu, kondisi market juga selalu berubah. Hasil forward test berikutnya belum tentu akan sebagus sebelumnya dikarenakan adanya perubahan ini. Akan tetapi, bila EA tersebut tetap bekerja baik setelah dilakukan 2 kali forward test, tentunya akan lebih meyakinkan daripada yang hanya sekali.

Silahkan dipikir-pikir dulu berapa jumlah modal yang ingin digunakan, pair apa yang akan dipilih, serta nilai lot yang akan digunakan.

Bila sudah, silahkan berikan nilai-nilai tersebut disini atau kirimkan file preset Blessing melalui email blog ini. Sehingga nanti pada hari minggu EA Blessing ini akan saya pasang di VPS dengan menggunakan nilai-nilai yang diberikan oleh Pak Robi.

7 komentar:

  1. Robi Puguh Santoso17 November 2011 11.10

    Teman saya ada pasang forward test demo di broker market maker. Tapi agak nyeleneh, dia pasang di H4 di pair EURUSD - EURGBP (kelompok EUR) dan UCAD - UCHF (kelompok USD). Agak lambat profitnya, tapi memang jika kelompok EUR open buy maka kelompok USD open sell begitupun sebaliknya. Menurut saya hal ini tidak berpengaruh, karena jika kelompok EUR berubah arah maka otomatis kelompok USD juga akan berubah arah, begitupun sebaliknya, maka modalpun bisa amblas..., saya pikir acc. seperti ini tidak akan bertahan lama.

    BalasHapus
  2. Memang benar, bila ingin selamat menggunakan Blessing caranya hanya satu yaitu menggunakan lot sekecil mungkin dan digunakan modal sebesar mungkin :)

    BalasHapus
  3. Abudiva: Pak Andromeda, saya menggunakan Blessing ya sudah seminggu ini dan memang memberi profit, meskipun langsung saya pakai saja tanpa saya utak-atik karena nggak ngerti bahasa meta editor. Yang ingin saya tanyakan, waktu posisi masih open itu harga yang terus bergerak naik turun... kadang sudah profit tapi belum di close dan malah turun lagi lalu naik lagi. sepertinya EA ini membuat target tertentu untuk close supaya profit maksimal. Bikin geregetan sih waktu sudah profit kok trus turun lagi, rasanya ingin close secara manual. Menurut pengalaman bapak, kalau menggunakan EA trus kadang campur tangan secara manual ketika posisi profit, apakah itu tindakan yang benar atau justru akan mengurangi kinerja EA? Terima-kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Campur tangan bisa dilakukan dan tidak akan mengganggu EA

    BalasHapus
  5. salam kenal Pak Ari, saya punya EA evolution (yg buat sama dengan developer blessing) cuma evo ea berbayar mereka lewat subscriber dan didevelop terus, saya dikasi teman versi edunya, cuma belum sempat coba sampai sekarang, apa boleh di coba FT di VPS Pak Ari? kalau boleh saya akan share di mediafire ea nya

    BalasHapus
  6. VPS di blog ini memang ditujukan untuk melakukan percobaan berbagai EA yang dikirimkan oleh para pembaca agar hasil uji cobanya dapat dipantau bersama.

    Oleh karenanya, silahkan saja bila berminat untuk dilakukan forward test di VPS.

    Hanya saja agar tidak repot dan ribet, tidak perlu digunakan MediaFire. Cukup kirim saja via email yang tertera di dalam Profile pada sisi kanan bawah halaman ini.

    BalasHapus
  7. thanks banget Pak, sudah saya kirim ke email Bapak barusan, salam

    Ded

    BalasHapus