Minggu, 20 November 2011

Bonus deposit

hello pak ary.

jujur saja setelah membaca "Bad Comment" tsb saya dan mungkin semua pembaca setia lainnya juga pasti ingin ikut berkomentar, termasuk pak aras yang langsung turun gunung untuk berkomentar. J

sebagaimana seperti yang pak Aras katakan, Kita para pengikut setia blog andromeda , selama ini masih tetap aktif membaca artikel-artikel blog ini, saya saja jika saat browsing tidak sah rasanya jika belum buka www.andromeda-trading.com . rasanya ada yang tertinggal jika belum membuka situs ini, seperti halnya kemarin pagi saat ikut mengomentari artikel “Bad Comment” yang saya postingkan saat berada ditempat kerja dengan menggunakan ponsel. J

Hanya saja karena semakin banyak pembaca dan semakin banyak yang bertanya maka kami yang mungkin sudah banyak bertanya beberapa waktu yang lalu untuk sekarang ini lebih memilih untuk memberi kesempatan kepada para pembaca baru diblog ini untuk ber konsultasi kepada pak ary, biar tidak menambah beban pikiran kepada pak ary. J

Ibarat seorang guru sekolah yang memberi kesempatan murid nya di kelas untuk bertanya, jika pada saat yang sama, semua muridnya ingin bertanya maka bisa dipastikan gurunya yang dibikin pusing untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan muridnya.

Menyambung Sedikit tentang broker Market Maker,

saya sendiri pernah merasakan bagaimana trading menggunakan broker market maker, dimana sekarang yang paling sering kita dengar dan kita lihat di beberapa promo broker market maker adalah bonus deposit. Kebanyakan 25% dari deposit, yang akan menambah equity tetapi masuk dalam katagori kredit.

berikut ini adalah contoh dari Promotion rules

· Bonus is instantly credited to the accounts

· No partner’s commission is paid for bonus funds trading

· The bonus cannot be added to internal transfer deposits and to deposits by contests/promotions, etc.

· The bonus can be withdrawn after the total volume of orders in an account reaches bonus size divided by 3 (rounded to the larger number). In case the account had several bonuses, this volume sums up. E.g. your deposit was 1000 USD. Your bonus will be 250 USD. The total volume must be 250/3 = 84 lots.

· The bonus can become withdrawable ONLY if by the moment of lots calculation it is still in the account. If the necessary volume reaches required number, but the bonus is already cancelled, it will not be added or compensated.

· In case the amount of your own funds becomes less than the bonus size – the bonus will be cancelled.

· In case trader’s own funds are withdrawn after the bonus added, the bonus will be cancelled.

· In case the account balance falls below zero, the company compensates the account balance to zero.

· Every client can have ONLY ONE bonus account of each type. In case several accounts of one type are found belonging to one person (or if such suspicions arise, including IP address match, contact info match, etc), all the bonuses will be cancelled.

· Profit from trading on a bonus account can be withdrawn anytime.

· Maximum bonus size is 10 000 USD (or 10 000 EUR for EUR accounts)

· Bonus funds are not included into the balance during StopOut calculation. This means that in case an order reaches StopOut level, bonus will not be considered in this calculation.

Memang terlihat menarik, apalagi bagi yang awam. Walaupun kita sudah membaca dan memahami aturan tersebut, tetapi jika diteliti apalagi dari seorang pakar seperti pak ary, pasti bisa langsung dimengerti maksud dari promo tersebut. Apalagi status brokernya “Market Maker” .Iya kan pak ary ?

Saya mulai mengerti ketika saya sudah sedikit paham perihal broker market maker , yang tentunya berkat ilmu yang saya dapatkan melalui blog ini. tepatnya saat saya trading di live akun ditambah dengan bonus tersebut, kala itu trading yang sialnya tanpa SL. tanpa sempat terbendung yang akhirnya MC....

yang membuat saya kaget kala itu,ketika melihat modal saya yang tinggal $2.85.
setelah saya teliti mungkin ini yang menyebabkan broker market maker gencar menawarkan promo bonus deposit.

saya pikir fungsi dari bonus deposit yang dikreditkan ke equity itu adalah untuk menutupi margin level supaya bisa menguras semua balance akun kita,. walau saya belum mengerti bagaimana perhitungan pastinya, mungkin pak ary bisa membantu saya untuk perhitungannya.


Contohnya seperti ini:

Saya deposit $100+25% bonus maka equity $125
ditambah balance sebelumnya $14.85
Jadi total equity $ 139.85
Leverage akun 1:500

Minimal entry 0.1 lot.( seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya)
Dan kalau tidak salah Bonus akan di cancel jika margin level dibawah 100%.yang tentunya dihitung saat sudah tidak ada Open Trades.


Berikut A/C Summary:

Previous Ledger Balance: 14.85

Floating P/L: 0.00

Closed Trade P/L: -112.00

Total Credit Facility: 0.00

Deposit/Withdrawal: 100.00

Equity: 2.85

Balance: 2.85

Margin Requirement: 0.00

Available Margin: 2.85

Mengingat banyak broker-broker baru yang manawarkan promo seperti bonus depsoit, sepertinya akan sangat berguna jika pak ary mengulas trik broker yang seperti ini.

sekian dulu ya Pak Ary mohon maaf jika menambah beban pikiran dan kerjaannya.

dan mohon maaf jika tulisannya berantakan,

Terima Kasih untuk perhatiannya dan waktunya untuk selalu berusaha membantu kami.

Salam
Agus




Pak Agus,

Coba Pak Agus perhatikan detil aturan trading pada website VantageFX, GoMarkets, atau broker-broker STP/ECN lain. Nyaris tidak ada aturan apapun, trading dapat dilakukan dengan cara apapun tanpa pusing dengan aturan yang rumit seperti diatas.

Pilihlah broker yang tidak memiliki banyak aturan. Broker yang terlalu banyak aturan pada umumnya adalah broker yang maunya menang sendiri.

Perhatikan saja aturan-aturan yang dibuat oleh broker tersebut. Akan terlihat bahwa dengan aturan tersebut yang selalu menang dan diuntungkan adalah broker. Sedangkan pihak yang selalu kalah dan dirugikan adalah klien.

Buat apa memilih broker yang tidak menghargai dan memberikan kedudukan yang sama untuk diri kita? Buat apa memillih broker yang selalu menganggap bahwa diri kita yang lebih perlu mereka dan tidak pernah memberikan posisi seimbang saling membutuhkan?

Perlu diingat, Anda diharuskan membayar bila menggunakan broker tersebut dengan adanya biaya spread. Tentunya bila kita membayar, sudah pasti ingin merasa nyaman dan nikmat saat menggunakannya. Tetapi lucunya, broker-broker tersebut menganggap diri kita ini adalah pesakitan dan tukang berbuat curang sehingga perlu dibuatkan aturan yang bermacam-macam.

Nah, yang bodoh dan yang pintar siapa coba?

Yang bodoh ya kita sendiri. Sudah tahu sejak awal direndahkan, sejak awal sudah dianggap akan berbuat curang, sejak awal sudah dianggap pesakitan, kok masih mau juga menggunakan broker tersebut :)

Aturan yang rumit dan bermacam-macam menunjukkan bahwa broker tersebut memiliki rasa curiga yang berlebihan dan sejak awal menganggap diri kita layaknya seperti pencuri yang perlu dicurigai sehingga perlu dibuatkan aturan ketat untuk menjaganya.

Heran ya, padahal kita ini membayar lho, yang seharusnya diperlakukan bak raja atau ratu dan bukan diperlakukan seperti pencuri yang sejak awal sudah harus dicurigai.

Oleh karena itu, jujur saja saya lebih menyukai broker luar. Broker luar lebih menghargai diri kita sebagai klien. Mereka sadar betul bahwa hidup mereka tergantung pada ada tidaknya kliennya, oleh karenanya agar klien tetap mau bertahan tentunya harus dilayani dengan baik. Bukannya sejak awal sudah dicurigai dengan dikasih aturan bermacam-macam.

Perhatikan saja perihal pemberian bonus diatas, agar bonus tersebut sampai di tangan kita dan kemudian agar dapat di withdraw, peraturannya banyak. Broker yang baik adalah broker yang memberikan bonus tanpa aturan yang rumit.

Salah satu contoh adalah aturan ini "The bonus can be withdrawn after the total volume of orders in an account reaches bonus size divided by 3". Dalam aturan ini juga dicontohkan sebagai berikut "Your deposit was 1000 USD, your bonus will be 250 USD, the total volume must be 250/3 = 84 lots"

Coba kita pikir bersama, dengan modal hanya 1000 dan trading hanya 0,1 lot, kapan bisa mencapai 84 lots? :)

Dengan kata lain, bonus tersebut tidak akan pernah sampai masuk ke dompet kita. Karena broker tahu betul sebelum kita mampu mencapai 84 lot, sudah pasti akan loss dan mengalami margin call. Dari ratusan atau bahkan ribuan trader yang menjadi klien broker tersebut, paling-paling hanya satu dua orang saja yang berhasil. Sehingga broker tidak rugi apapun, toh laba yang diperoleh dari yang mengalami loss sudah sangat banyak.

Perhatikan aturan lainnya, kalimat "the bonus will be cancelled" banyak sekali. Sehingga dapat diartikan bahwa setiap saat broker dapat membatalkan bonus tersebut dan klien tidak dapat berbuat apa-apa. Dengan kata lain, bonus hanyalah sekedar strategi marketing belaka untuk menarik klien sebanyak mungkin dimana nantinya bonus tersebut tidak akan pernah sampai ke dompet klien.

Yang menarik adalah kalimat ini "including IP address match" maka bonus akan dibatalkan dikarenakan adanya kecurigaan account-account yang diberi bonus ternyata hanya dimiliki oleh satu orang saja.

Coba kita pikir bersama-sama, mana ada sih koneksi internet yang IP-nya sama terus menerus. Tidak pernah ada dikarenakan IP yang diberikan oleh ISP selalu berubah tiap saat. Apalagi bila yang digunakan adalah koneksi 3G atau EVDO dimana IP akan berubah tiap kali dilakukan koneksi.

Nah, jadi mungkin saja suatu saat orang lain memiliki account di broker tersebut tetapi menggunakan IP address yang sama dengan yang kita gunakan sehari sebelumnya. Selain itu, mana pernah kita sendiri melakukan pencatatan IP Address.

Sehingga kalimat "including IP address match" adalah kalimat sakti bagi broker untuk menghindar dari kewajiban untuk memberikan bonus tanpa kita sendiri dapat berbuat apa-apa.

Selain itu, bonus juga sekedar fatamorgana dan bisa saja tiba-tiba "menghilang". Perhatikan kalimat ini "Bonus funds are not included into the balance during StopOut calculation. This means that in case an order reaches StopOut level, bonus will not be considered in this calculation."

Kalimat tersebut dapat diartikan bila belum mendekati StopOut (margin call) maka bonus tetap dihitung. Akan tetapi bila sudah mendekati StopOut maka bonus tidak dihitung alias "menghilang" :)

Padahal dalam kondisi mendekati margin call tentunya kita berdoa mati-matian agar tidak sampai kena margin call. Eh, sudah capek-capek berdoa, tiba-tiba sebagian equity berkurang akibat bonus "menghilang". Jadinya langsung kena deh margin call :(


"saya pikir fungsi dari bonus deposit yang dikreditkan ke equity itu adalah untuk menutupi margin level supaya bisa menguras semua balance akun kita"


Dugaan Pak Agus benar adanya, bonus tersebut hanyalah sekedar agar kita merasa memiliki margin level yang cukup. Padahal saat margin level mendekati StopOut, broker akan tiba-tiba menghilangkan bonus tersebut sehingga equity langsung drop. Akibatnya, modal akan langsung habis dikarenakan terkena margin call seperti yang Pak Agus alami.

Pak Agus melakukan deposit $100 dan ditambah 25% bonus sehingga total balance adalah $125. Agar lebih mudah, balance sebelumnya tidak diperhitungkan dalam contoh berikut ini.

Bonus 25% sangatlah banyak, sehingga Pak Agus merasa seolah-olah memiliki modal 25% lebih tinggi. Padahal yang tidak disadari, bonus tersebut dapat menghilang tiba-tiba dari modal karena ulah broker.

Tambahan informasi, rincian account yang diberikan oleh Pak Agus menunjukkan bahwa StopOut (margin call) level dari broker berada pada nilai minus. Oleh karenanya account Pak Agus langsung habis begitu hanya sekali saja terkena margin call. Bahkan sampai equity sebelumnya yang bernilai 14,85 termakan habis juga sehingga tersisa hanya 2,85 :(

Broker yang baik pada umumnya memiliki StopOut level terendah pada nilai 50% sehingga bila terkena margin call maka modal masih tersisa sedikit dan tidak habis sama sekali seperti yang Pak Agus alami.

Misalnya, entry dilakukan tanpa SL, margin untuk membeli 0,1 lot adalah 15, dan floating loss sebesar 95.

Bila bonus diperhitungkan maka pada Metatrader akan seperti ini:

Balance = 125

Equity = Balance + Profit (125 - 95 = 30)

Free Margin = Balance + Profit - Margin (125 - 95 - 15 = 15)

Margin Level = Equity : Margin ( (30 : 15) x 100% = 200% )


Bila bonus tidak diperhitungkan maka pada Metatrader akan seperti ini:

Balance = 100

Equity = Balance + Profit (100 - 95 = 5)

Free Margin = Balance + Profit - Margin (100 - 95 - 15 = -10)

Margin Level = Equity : Margin ( (5 : 15) x 100% = 33,33% )


Sudah terlihat jelas bedanya antara dengan dan tanpa bonus?

Bila terdapat bonus maka kita masih merasa tenang dikarenakan margin level masih 200%, toh masih belum dibawah 100% dimana kita biasanya mulai panik :)

Padahal kondisi yang sebenarnya, margin level hanya tinggal 33% dimana nantinya saat mencapai 0% atau dibiarkan minus oleh broker maka akan terkena margin call. Broker sengaja memberikan kondisi seperti ini agar pemilik account tidak menyadari bahwa kondisi accountnya sedang kritis dan dibuai dengan memperlihatkan bahwa margin level dalam kondisi aman akibat adanya tambahan bonus.

Oleh karenanya terdapat kalimat berikut "In case the account balance falls below zero, the company compensates the account balance to zero"

Bila membaca kalimat diatas, sepertinya broker ini baik banget ya? Mau menanggung nilai minus untuk kepentingan klien.

Padahal sebenarnya tidak, tujuan adanya kalimat tersebut adalah agar broker dapat menggerus sisa equity sebelumnya. Seperti yang dialami oleh Pak Agus, equity sebelumnya yang bernilai 14,85 turut termakan habis sehingga tersisa hanya 2,85.

Kesimpulannya, broker ini tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan deposit saat ini, tetapi juga menghabiskan deposit atau equity sebelumnya dengan menggunakan nilai StopOut minus tetapi ditutupi dengan memberikan bonus semu.

Demikian Pak Agus, semoga dapat mencerahkan.

3 komentar:

  1. Terima kasih pak ary atas jawabannya.
    Semoga dapat berguna buat para pembaca setia blog ini.
    Sebagai tambahan broker ini adalah FBS.inc. dengan standart akun.
    Ini hanyalah pengalaman masa lalu pak, sekarang broker ini sudah tidak saya gunakan.sudah lama berhenti trading di live akun, semenjak collaps.. :) Beberapa bulan ini saya isi dengan belajar trading didemo akun. Baru sekarang ingin mencoba trading di live akun,.
    Rencana kemarin buka akun di Go Market, untungnya belum sempat ngirim legalisir udah dapat berita buruk perihal spike.jadi saya batalkan.
    Jadi sementara,saya ingin mencoba dulu demo akun ventagefx yang udah saya download dari blog ini..
    Jika tidak ada halangan,bulan depan saya akan coba di live akunnya.
    Mohon kesediannya pak ary untuk membantu proses pendaftarannya.

    BalasHapus
  2. pak ary, yg dijelaskan kok mirip figfx.com, bikin aturannya buanyaak buanget...

    BalasHapus
  3. Terima kasih pak Ary atas informasinya, saya sarankan kepada teman-teman pembaca blog ini segeralah meninggalkan broker market maker apalagi yg curang. Terima Kasih

    BalasHapus