Senin, 02 Agustus 2010

Final Test

Sejak pagi ini robot baru yaitu robot Beta mulai dijalankan untuk forward test 6 minggu.

Robot Beta adalah perbaikan dari robot Revisi 1 dan Revisi 3 dimana pada robot Beta digunakan stop loss yang lebih efektif untuk meminimalkan drawdown.

Robot Beta ini diciptakan dari hasil 3 minggu penuh memperhatikan dan meneliti detil forward test robot Revisi 1 dan Revisi 3, melakukan beberapa perbaikan pada kode program, dan melihat hasil backtest setelah perbaikan.

Seperti layaknya software baru, tahapan uji coba akhir sebelum software diluncurkan ke publik dinamakan tahapan beta test. Bila beta test sukses, maka software sudah siap diluncurkan dan dijual kepada publik karena sudah tidak mengandung kesalahan-kesalahan pemprograman (bug).

Oleh karenanya, robot ini dinamakan robot Beta.

Sengaja dinamakan Beta karena kemungkinan besar robot inilah yang akan digunakan di live account. Penyempurnaan kode program robot ini maupun hasil backtest-nya memberikan hasil yang lebih meyakinkan.

Meskipun demikian, final forward test selama 6 minggu tetap harus dilakukan untuk menguji apakah kinerja dan perilaku robot ini telah sesuai dengan yang diharapkan seperti terlihat pada hasil backtest, serta untuk mengetahui apakah kode program sudah bebas dari error (bug free).

Berikut detil hasil backtest robot Beta :



Nilai drawdown sangat minimal dimana Absolute Drawdown hanya 96.57, Maximal Drawdown 4,15%, dan Relative Drawdown 13,41%.

Forward test akan dilakukan terhadap 3 jenis robot Beta, yaitu:
- Beta 1, konservatif karena menggunakan 1 trading strategy
- Beta 2, moderate karena menggunakan 2 trading strategy
- Beta 3, agresive karena menggunakan 3 trading strategy

Disamping itu, untuk yang pertama kalinya, dilakukan juga forward test multi currency dimana robot akan trading menggunakan 2 currency dan 4 currency sekaligus pada 1 account.

Robot 2 currency, menggunakan currency EURUSD dan EURJPY, sedangkan robot 4 currency menggunakan EURUSD, USDJPY, USDCHF, dan AUDUSD. Currency yang digunakan adalah currency yang memiliki spread kecil, dengan demikian kemungkinan robot untuk menghasilkan profit akan lebih tinggi.

Uji coba multi currency dilakukan untuk menguji apakah trading menggunakan multi currency pada 1 account akan lebih menguntungkan daripada trading menggunakan 1 currency saja.

Seperti diketahui, kadang kala bila trading hanya menggunakan 1 currency, loss terus menerus terjadi akibat currency tersebut sedang sideways atau ranging. Dengan trading beberapa currency sekaligus, meskipun loss terjadi di 1 currency akibat sideways, tetapi bila currency yang lain sedang trending maka loss tersebut akan ditutup dari profit currency lain yang sedang trending.

Metatrader Strategy Tester tidak memungkinkan untuk melakukan backtest trading dengan menggunakan beberapa currency sekaligus. Backtest hanya mampu menguji robot untuk 1 currency saja. Satu-satunya cara untuk menguji kemampuan multi currency hanyalah dengan dilakukan forward test.

Bila nantinya ternyata hasil forward test menunjukkan bahwa lebih menguntungkan digunakan multi currency daripada single currency, maka untuk trading di live account akan digunakan multi currency. Dengan menggunakan multi currency, maka hedging antar currency dapat terjadi sehingga akan meminimalkan drawdown akibat sideways loss.

Akibat tidak berjalannya stop loss pada robot Revisi 1 dan Revisi 3, jadwal live trading menggunakan robot yang semula ditentukan tanggal 17 Agustus 2010 sepertinya tidak dapat terpenuhi.

Perhitungan waktu, pada pertengahan September setelah cuti bersama Lebaran, Robot Beta tepat menyelesaikan 6 minggu forward test dan bila hasilnya bagus, maka siap digunakan untuk trading di live account.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar