Jumat, 18 November 2011

Bad Comment

Anonim mengatakan...

maaf yang diposting itu demo account atau real ?? Sudah berapa jauh anda mengenal tentang perkembangan Broker karena tidak selalu harus dari Australia atau UK, bagaimana dengan RUSIA, dan CROASIA ???

Terlalu Subjective dan dipaksakan selain itu sepertinya broker diatas Jelas FSP nya dan namanya ECNPROFX bukan ECNFXPRO

Terima Kasih
18 November 2011 01:39





Setelah hampir satu setengah tahun semenjak blog ini berdiri, baru kali ini menerima sebuah komentar yang agak "pedas" :)

Oleh karenanya, sengaja ditampilkan menjadi sebuah artikel dan tidak dihapus atau disembunyikan. Hal ini dilakukan agar para pembaca lain mengetahuinya sehingga dapat memberikan penilaian yang seimbang.

Perihal nama broker, mohon maaf bila salah.

Hanya saja yang perlu diketahui, hal tersebut bukan karena salah ketik tetapi dilakukan secara sengaja agar tidak mudah ditemukan oleh Google Bot.

Google Bot adalah sebuah program yang digunakan oleh Google Search Engine yang secara rutin merambah seluruh situs yang ada di internet. Bot ini mengumpulkan kata dan kalimat dari seluruh situs dimana nantinya ditampung ke dalam database Google. Sehingga setiap kali ada yang melakukan pencarian melalui Google berdasarkan kata atau kalimat maka akan dengan mudah dapat ditemukan.

Hal ini dilakukan agar artikel perihal broker diatas tidak mudah ditemukan oleh Google dan hanya dibaca oleh khalayak terbatas yaitu pembaca rutin blog ini. Oleh karenanya, pada artikel tersebut juga diberikan link yang menuju website broker tersebut sehingga para pembaca dapat mengetahui telah terdapat kesalahan pengetikan nama.

Akan tetapi, sekarang Google Bot akhirnya dapat dengan mudah menemukannya akibat komentar diatas menyebutkan nama broker tersebut dengan jelas dan benar. Yang pasti, bukan saya lho yang menyebutkan secara jelas nama tersebut :)

Penilaian terhadap broker apapun selalu diusahakan agar tetap obyektif.

Tidak seperti halnya "User Reviews" yang banyak ditemui pada situs-situs lain yang pada umumnya berisi hanya sekedar komentar dan pendapat tanpa detil teknis. Oleh karenanya, pada tiap artikel perihal broker selalu disertakan screenshot bahkan disertakan video singkat perihal detil teknis.

Screenshot dan video tersebut ditujukan agar para pembaca dapat memberikan penilaian sendiri yang lebih obyektif berdasarkan dari apa yang ditampilkan oleh broker. Selain itu, juga merupakan bukti bahwa yang saya utarakan benar adanya sehingga bila terjadi komentar yang tidak enak atau bahkan bila terjadi tuntutan hukum terdapat bukti yang sahih dan dapat dipertanggungjawabkan.

Bila kemudian dianggap subyektif dan terlalu dipaksakan, untuk itu saya mohon maaf sebesar-besarnya. Untuk selanjutnya akan diusahakan lebih obyektif dimana yang ditampilkan akan lebih banyak screenshot dan video dibandingkan tulisan. Dengan demikian, para pembaca sendiri yang akan memberikan penilaian sehingga dapat lebih obyektif.

Perlu dipahami, tidak ada niatan untuk melakukan penilaian subyektif dan dipaksakan dikarenakan saya tidak memiliki kepentingan apapun pada sebuah broker. Berkali-kali telah ditulis pada artikel terdahulu, pemilihan broker terserah selera masing-masing.

Perihal VantageFX pun sama saja, saya tidak dapat memaksakan agar semua pembaca menggunakan broker ini. Apalagi ditambah dengan adanya ketentuan minimum deposit harus USD500, tentunya tidak semua pembaca mampu memenuhinya. Selain itu, bila suatu hari nanti VantageFX berlaku curang (semoga saja tidak terjadi :) ), saya pun akan pindah ke lain broker dan tidak selamanya menjadi klien VantageFX.

Perihal komisi dari VantageFX bila terdapat yang mendaftarkan diri, jujur saja, tidak terlalu saya pusingkan. Telah ditulis pada artikel terdahulu bahwa nantinya hasil dari komisi maupun dari iklan digunakan untuk pembiayaan VPS serta pembelian robot-robot yang baru beredar. Bukan saya yang diuntungkan dari hasil komisi dan iklan, tetapi untuk menguntungkan seluruh pembaca dikarenakan dapat mengetahui mana robot yang baik dan yang tidak.

Sekedar perlu diketahui, hasil komisi dan iklan tidaklah akan membuat kaya raya. Sampai hari ini belum ada satupun yang mendaftarkan diri sehingga tidak ada komisi. Hasil iklan terbesar sampai dengan hari ini hanyalah dari Google Adsense dimana totalnya USD 6,28 (sekitar Rp 55 ribu) dan dari iklan lokal IklanSitti hanya Rp 2900. Sedangkan dari provider iklan lain hasilnya masih nol besar :(

Untuk membayar biaya VPS saja tidak cukup, bagaimana bisa menjadikan kaya :)

Kepentingan saya hanya satu, yaitu dapat melakukan trading yang baik di sebuah broker yang mampu memberikan spread kecil dan tidak curang. Jujur saja, hasil dari trading jauh lebih besar daripada komisi broker atau iklan.

Blog ini hanyalah sekedar tempat berbagi ilmu dan berbagi pengalaman, bukan blog yang dikhususkan untuk memberikan rating pada seluruh broker yang ada. Oleh karenanya, saya tidak menguji seluruh broker yang ada diseluruh penjuru dunia. Karena itu, mohon maaf bila saya tidak melakukan penilaian pada broker di Rusia atau Kroasia.

Perlu juga diketahui, pengujian terhadap broker yang namanya tersebut diatas, bukanlah karena keinginan saya pribadi tetapi dikarenakan terdapat salah seorang pembaca yang meminta untuk dilakukan pengujian. Buat apa saya capek dan buang waktu menguji sebuah broker, toh broker yang baik untuk keperluan saya sendiri sudah ditemukan.

Pemilihan VantageFX sebagai broker pilihan hanyalah didasarkan pada kebutuhan saya sendiri untuk menemukan broker pengganti GoMarkets. Itupun diusahakan seobyektif mungkin dimana pengujian dilakukan tidak hanya beberapa jam saja, tetapi dilakukan berhari-hari.

Oleh karenanya, minimum deposit USD500 tidak masalah untuk saya tetapi menjadi masalah bagi pembaca yang lain dikarenakan tidak seluruhnya mampu. Nah, bagaimana saya dapat mempengaruhi pembaca yang lain dengan artikel-artikel subyektif untuk menggunakan broker tertentu kalau sejak awal saja sudah bermasalah dengan minimum deposit :)

Berkali-kali juga telah ditegaskan pada banyak artikel terdahulu, silahkan gunakan broker apapun, tidak ada paksaan untuk menggunakan sebuah broker tertentu.

Hanya saja, dengan adanya blog ini maka hal-hal yang tidak diketahui oleh yang awam dapat menjadi jelas. Tidak ada keuntungan apapun untuk diri saya, yang didapat hanya capek doang mengetik artikel dan menjawab pertanyaan :)

Meskipun begitu, menulis artikel dan menjawab pertanyaan tetap dilakukan, yang sering kali saya lakukan sampai larut malam. Tujuan saya bukan keuntungan, tetapi agar yang awam tidak mudah tertipu dan dibodohi. Kasihan, sudah modalnya pas-pasan, eh ditipu juga :)

Ibarat menanam pohon, tentunya kalau menanam pohon yang baik hasilnya akan baik juga. Soal hasilnya apa nantinya, terserah Tuhan yang menentukan. Yang pasti tujuan menulis di blog ini bukanlah untuk mendapatkan keuntungan dengan cara membodohi atau menyesatkan dengan artikel-artikel subyektif.

Perihal hasil trading yang ditampilkan, itu adalah demo account.

Telah ditulis pada artikel sebelumnya, dalam demo account dapat dilakukan trading gila-gilaan sampai modal minimal sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang fantastis. Berbeda bila dengan live trading, hal tersebut tidak dapat dilakukan apabila tidak ingin konyol.

Perhitungan matang perihal money management dan kehati-hatian harus lebih diutamakan. Sehingga hasil di live trading tidak akan sefantastis demo trading. Dalam live trading yang diutamakan bukanlah hasil fantastis, tetapi konsistensi. Toh dengan mampu konsisten menghasilkan misalnya USD1000 tiap hari, maka lama kelamaan akan kaya raya.

Menampilkan hasil trading demo account tersebut bukanlah untuk menyombongkan diri. Buat apa? Tidak ada gunanya dan tidak ada keuntungan apapun. Justru seperti kata bijak, tetap merendah dan tetap merunduk seperti layaknya bulir padi. Diatas langit masih banyak lapisan langit lain diatasnya. Masih banyak trader lain yang lebih jagoan dibandingkan saya sendiri, contohnya adalah indrafx.

Penampilan hasil trading tersebut ditujukan agar yang awam dapat mengetahui betapa besarnya potensi yang dapat dihasilkan apabila menekuni ilmu ini. Hanya itu saja sehingga nantinya para pembaca dapat lebih bersemangat untuk tekun belajar.

Meskipun demikian, jangan anggap sepele demo trading. Kejuaraan-kejuaraan trading pada umumnya dilakukan dengan menggunakan demo account dikarenakan memiliki kondisi yang sama seperti live trading.

Tidak sembarang orang mampu melakukan manual trading yang perolehannya mencapai puluhan kali lipat, meskipun yang digunakan adalah demo account.

Bila tidak yakin, silahkan saja coba lakukan demo trading sendiri dan lihat hasilnya. Bisa tidak mencapai puluhan kali lipat dalam waktu singkat? :)

Silahkan para pembaca memberikan komentar atas artikel ini.

Bila dianggap blog ini menyesatkan, membodohi, bersifat subyektif, dan merugikan pembaca, cara termudah bagi saya adalah menghentikan seluruh kegiatan menulis dan hanya fokus ke trading. Masih banyak kegiatan lain yang dapat saya lakukan disamping menulis, sehingga seandainya berhenti menulis pun, tidak akan menjadi masalah.

Akan tetapi, bila nantinya yang terbanyak adalah menganggap blog ini memberikan banyak manfaat, tentunya akan saya lanjutkan kegiatan menulis untuk blog ini.

Silahkan berikan komentar Anda.

12 komentar:

  1. maklum yang comment Master IBnya ECNFXPRO eh salah ntar kena omel lagi maksutnya ECNPROFX.

    BalasHapus
  2. Tentunya banyak manfaat yang saya terima baik dari segi trading maupun pemilihan broker melalui artikel2 yang bapak tulis. Karena jarang blog atau website yang membahas suatu broker dari sudut pandang trader yg objektif, yg saya tau hanya blog bapak dan forexpeacearmy,,so jangan diperdulikan pak, karena bapak telah melakukan hal yang benar. Jikalau ada yang tidak terima, seperti si penanya diatas, kenapa nggak buat sendiri dia blog khusus uji broker rusia, krosia dan skitarnya. Toh itu lebih bermanfaat daripada memberikan statement yg kurang enak di baca.
    Lanjutkan Pak Ary, kalo pak ary berhenti sharing ilmu di blog ini, wah bahaya, gak bisa konsultasi gratis dah..

    BalasHapus
  3. hello pak ary,

    Selama ini saya sangat mendukung blog ini supaya tetap bisa update, apalagi sekarang blog ini semakin ramai..tidak seperti saat pertama membaca blog ini,dimana hanya saya dan pak aras yang sering bertanya(sedikit flashback) :)

    bagi saya blog ini lah yang memberi saya inspirasi dalam trading dan blog ini yang membuat saya tetap survive di forex market.
    blog ini merupakan inspirasi bagi para trader pemula seperti saya supaya dapat memulai trading dengan modal yang lebih baik terutama dalam hal physicology.

    Di dunia ini selalu ada pro dan kontra, contoh mudahnya,tanpa adanya perbedaan pendapat tidak akan ada pergerakan di market forex.
    Begitu juga para pembaca blog ini,semakin banyak pembaca,semakin banyak pula perbedaan pendapatnya. tidak semua yang dikatakan atau ditulis diblog ini bisa diterima oleh para pembaca.walaupun saya yakin persentase nya hanya 95 : 5. 5% itu salah satu nya saudara anonim yang memang pertama yang berani menulis komentar yang agak "pedas" untuk pak ary.
    Saya paham maksud dari komentar tersebut.perihal broker yang di rusia dsb, memang harus di akui,sebagian besar trader di indonesia lebih memilih menggunakan broker yang berada di negara tax heaven(cyprus,virginia island,dll)
    karena umumnya broker tsb lebih praktis tidak seperti broker ecn/stp yang lebih ribet (kita semua tahu orang indonesia tidak suka yang ribet-ribet). Praktis dalam hal pembukaan live akun,dimana ada beberapa broker yang hanya memerlukan scan ktp atau pasport saja kita udah bisa trading di live akun.
    Di broker seperti go market,ventagefx,dsb selain ktp atau passport,juga diperlukan legalisir identitas. Yang menurut sebagian orang agak ribet.
    Dan untuk deposit atau withdrawl broker market maker seperti di atas yang tidak jelas keberadaanny itu lebih memberikan kemudahan melalui E-currency seperti liberty reserve yang dalam hitungan menit, uang yang kita deposit bisa langsung dipakai trading.
    Sedangkan di broker yang jelas regulasinya, tidak menggunak e-currency. Sebagian besar menggunakan wire transfer.cara yang paling praktis hanya melalui kartu kredit (yang tidak semua trader di indonesia memiliki kartu kredit).
    Dari berbagai pertimbangan itulah para trader pemula lebih memilih untuk memakai broker yang lebih praktis dalam kedua hal seperti di atas.termasuk saya dulu juga menggunakan broker tsb. Tanpa tahu broker seperti itu mempunyai itikad yang tidak baik.serta banyak lagi hal negatif lainny dari broker market maker seperti itu yang sudah pernah dibahas didalam blog ini..
    Buat anonim yang koment diatas, sebaiknya anda membaca dari awal blog ini supaya lebih mengerti perihal trading dan perihal broker market maker seperti itu.
    Buat pak ary, semua pembaca setia anda akan kehilangan jika anda berhenti menulis blog ini.bisa di ibaratkan kami seperti murid yang kehilangan guru dipertengahan study kami.
    Kami semua tetap mendukungn anda.

    Mohon maaf jika koment saya kepanjangan,.

    Salam
    agus

    BalasHapus
  4. Hadir Pak...:-D
    No comment dulu (tau ah gelep..) :P
    yang penting absen
    Fitra
    ------
    LANJUTKAN...

    Nanya dikit Pak, semoga Pak Ary ada waktu luang, mengenai FT EA Bugil Jgimon EU, pada myfxbook.com saat ini pukul 17 Wita terlihat DDnya 2,02% padahal equitynya 37,9%, kenapa bisa DDnya kecil sekali Pak, padahal jika perhitungan DD mengacu kepada equity/balace bukankan DD seharusnya akan menjadi lebih besar dari 2,02%..?
    DD di myfxbook.com ini DD yang manakah dari artikel yang Pak Ary tulis tentang Drawdown (DD)
    - Absolut DD atau
    - Maks DD..
    Trims..

    BalasHapus
  5. Pada Strategy Tester Metatrader, perhitungan DD berdasarkan floating loss sehingga rumusnya equity/balance.

    Sedangkan Myfxbook berdasarkan real loss sehingga rumusnya new balance/old balance.

    BalasHapus
  6. buat pembaca, blog ini sangat bermanfaat..

    buat broker yang tersentil, kenapa musti kebakaran jenggot, koreksi aja yang salah dimana dari tulisan pak ary, (kofirmasi, benahi) ingat kebijaksanaan anda akan menarik empati calon costumer anda...

    lanjutkan nulisnya pak ary, sangat bermanfaat tulisannya.... gak perlu buang2 energy untuk ngladeni, cukup satu kali konfirmasi, selanjutnya terserah pembaca yang menilai..

    BalasHapus
  7. Teruskan perjuangan pak Ary Andromeda, sampaikan yg benar itu benar dan yg salah itu salah, supaya tidak ada lg broker yg macam-macam sama tradernya.

    BalasHapus
  8. Terus berkarya melalui blog ini pak Ary, banyak manfaat yg sy peroleh dr blog ini. Oh ya.. mau tanya unt setting ea bugil jgimon gimana? Pak Ary kalau bisa unt FT EA disertai juga settingnya.
    Terima kasih

    Mahadi

    BalasHapus
  9. Setting EA pada umumnya menggunakan setting default, tidak diubah-ubah. Yang diubah biasanya hanya nilai lot, digunakan lot terkecil agar lebih aman.

    Untuk setting ea bugil jgimon digunakan 0,01 lot, Step 20, TP 17, pembagi_balance 10 ribu, compounding true, merica true, mericafactor 1.0, levelbuy 0, levelsell 0

    BalasHapus
  10. Setahu saya, pak Ary ini orangnya objektif. Terbukti waktu Go Markets mau curang, beliau langsung membuat pernyataan, padahal pada waktu-waktu sebelumnya, Go Markets dinyatakan broker ECN yang baik berdasarkan hasil uji demonya..
    Saya termasuk yang harus berterima kasih atas informasi yang dinyatakan oleh Pak Ary, dan berusaha untuk terus belajar meski account real sudah MC.Mungkin money management saya yang salah..
    O ya pak Ary, saya sedikit penasaran, kenapa Pak Ary cenderung pakai EA, daripada mengulas manual trading.. Bisa diberi tahukan kepada kami, tentang keuntungan dan kerugian antar keduanya..
    Terus terang sampai saat ini saya kok belum yakin betul kalau EA itu menguntungkan....maksud saya dalam long termnya...
    Mohon maaf, kalau OUT the Topik.,.
    Salam dari Solo

    Mahfud

    BalasHapus
  11. jangan peimis pa, saya dukung, malah saya dapat menemukan metode trading gaya sendiri karena terinpirasi dari blog ini, saya pakai odal kecil $100 sehari bisa 100% profit, karena prinsip saya dengan modal sangat minim dan bisa konsisten apalagi dengan modal besar... nanti klau saya benar2 mantap dan yakin dengan metode ini akan saya share hasilnya sebagai penyemangat....

    BalasHapus
  12. Menggunakan EA adalah mudah dimana semua orang dapat melakukannya, tinggal pasang saja dan tanpa perlu belajar.

    Oleh karenanya, artikel perihal EA yang berjudul "Forward Test #5" sangat "laris" dibaca dan dikomentari karena kebanyakan lebih menyukai sesuatu yang cepat dan mudah :)

    Saya sendiri sependapat dengan Pak Mahfud.

    Sudah ribuan EA pernah saya buat sendiri yang ternyata tidak bertahan longterm.

    Manual trading lebih sulit dikarenakan perlu proses tahunan untuk memahami pergerakan harga dan sifatnya personal dimana sebuah sistem yang menguntungkan untuk saya, belum tentu bila digunakan oleh yang lain juga akan menguntungkan.

    Manual trading menuntut adanya pemahaman yang kompleks, tidak melulu hanya pemahaman indikator saja tetapi juga hal-hal lain seperti pola candlestick, support resistant, kekuatan trend, dll

    BalasHapus