Minggu, 06 November 2011

Trading Balance

Pak Ary,

mantap hasil tradingnya,saya salut pak,lanjutkan pak semoga benar bisa jadi legend juga seperti indrafxscalping ,saya tunggu sampai akhir bulan jadi berapa balancenya :D

hasil ulasannya sangat jelas, saya suka banget tulisan yg terakhir itu.

kebanyakan dari kita memang sibuk mencari metode yg tepat untuk menang,tapi tidak mencari tempat yg benar untuk bertarung.

mungkin kalau dianalogikan adalah sama seperti kita mencari cara menaklukkan seorang wanita dengan segala macam daya upaya,sementara itu wanita yg kita berusaha taklukkan itu ternyata suka mempermainkan laki2. (baca broker yg suka mainin tradernya hehe :D )

memang saya setuju soal indikator, indikator tidak ada yg sakti pak,karena indikator kan hanya membaca masa lalu. belum ada indikator yg bisa membaca masa depan setau saya...apalagi kalau ada news, indikator bubar jalan,marketlah yg berkuasa

soal pelarangan EA itu memang membuat saya tertawa pak,ada2 saja ya ulah broker Market maker itu,mau menang sendiri saja istilahnya hahaha.

salah satu yg dilarang itu juga ada yg namanya ea genius ,setau saya EA itulah yg memanfaatkan perbedaan data feed antara broker,makanya dilarang (arbitrage style)

selain itu banyak juga yg melarang trading balance,mungkin pak ary sudah pernah dengar,tapi saya yakin masih banyak pembaca blognya yg belum tau,ini saya share sedikit contoh trading balance pak,

saya quote dari forum mt5


kebetulan ada yang buka trit TB..n kebetulan jg ane pnya temen master TB
yang ane tau dengan sistem TB yang dia pake,dia berusaha mengakali broker..

misal gini..anda punya dana $2000..
dibagi ke 8 account..yaitu A,B,C,D,E,F,G,H @$250
dari ke 8 Acc tsb dibuat 2 grup
yaitu grup A,B,C,D (BUY)
Grup E,F,G,H (sell)
karena masing2 account isinya $250..jika misal qt pake broker insta dan ngambil 30% welcome bonus..maka masing2 account isinya adalah..$325
lalu grup BUY melakukan order BUY di GU,TP 100,SL 100
dan Grup Sell melakukan sell di GU,TP 100 SL 100
dengan ketahanan 100 pips,maka di masing2 account qt akan membuka lot sebesar 3,25 lot insta

nah ternyata yang menang adalah Grup Buy (A,B,C,D)
maka dana dari Grup Sell (yang d asumsikan MC) yang sebesar total 1300 akan pindah ke grup buy..
dan masing2 account di grup Buy akan ada dana 325x2=650,
total dana di grup Buy+dana yang pindah dari grup sell = kurang lebih 2600..

nah dari grup Buy tsb A,B,C,D dibikin grup lagi buy (A,B) dan Sell (C,D)
dengan asumsi masing2 account ada dana $650...maka A dan B lawan C dan D
dengan asumsi ketahanan 100 pips,opening lot = 6.5 lot

dan ternyata yang menang grup sell,sementara grup buy MC..
maka dana 650 di A dan B pindah ke C dan D

jadi C dan D sekarang ada dana masing2 650x2=$1300
nah d tandingin lagi nih buy c dan sell D (1300 VS $1300)
asumsi ketahanan 100 pips maka open lotnya 13 lot..

buy account (C) menang,,maka dana D pindah ke C..total dana C = $2600
request WD...karena jumlah lot tidak terpenuhi..(awal2 kan account C ada dana 250+75 welcome bonus) maka WD d reduksi (bonus di cancel)
nalarnya sih..$2600-$75 welcome bonus = $2525
trus mari kita itung rebatenya...dengan asumsi rebate = 1 pips
3.25x8account=$26
6.5x4 accouunt=$26
13x 2 account=26
total rebate= 26x3=$78

dengan mengandalkan rebate qt bisa mendapat $78
berapa lama dapat $78 ini?tergantung..klo 1 hari MC ya 1 hari sekali dpt...
klo ke ploting ampe 3 hari ya $78x2
dengan asumsi 1mgg 1 x TB.berarti 1 bln dr rebate dapet 78x4=$312

tp mengenai perhitungan TP dan SL tmn ane ada perhitunganY sendiri..dan disarankan menggunakan lverage 1:1000


lumayan pak,modal 2000 untung 300 ,sekitar 15% sebulan dengan resiko yg kecil (eh tapi jadi besar pak soalnya dilarang broker hehehe)

terakhir pak, mengenai sistem trading pak ary, mungkin bisa sedikit dijelaskan pak sistem tradingnya yg baru, saya ada beberapa pertanyaan setelah saya amati hasil tradenya :

1. Kenapa memilih pair Aussie? apakah pak ary lebih familiar dengan pair tsb?
atau karena karakteristiknya yg kalem (indrafx juga trade di pair sejenis UCAD)
2. Waktu trading saya lihat sepertinya tidak dibatasi ,artinya setiap saat bisa masuk asal kondisi tepat ya pak? main di TF berapa pak? sepertinya di TF maksimal 15 ya?
3 . entry strategy : yg dijelaskan sedikit di blog adalah strategi followtrend dan juga hanya melihat candle. mungkin bisa dijelaskan lebih rinci? karena indrafx kan dia agak melawan trend
4. exit strategy : saya lihat rata2 TP 20 dengan SL juga bernilai sama. tapi rasanya ditrailing juga karena ada TP yg dibawah 20,mungkin trailing sekitar 5 pips?
5. MM. saya lihat buka lot 1 dengan modal 5000 usd ,apakah berlaku kelipatannya?

semoga pak ary berkenan menjelaskannya :)

Salam,
Hadi




Pak Hadi,

Terima kasih atas doa dan pujiannya.

Saya jadi ketawa sendiri membaca strategi trading balance tersebut.

Strategi sederhana tetapi cerdas, membuat broker tidak berkutik. Membaca strategi tersebut saya menjadi teringat cerita seorang teman yang pernah lama tinggal di US. Dia bercerita bahwa orang Indonesia sebenarnya lebih cerdas dan lebih kreatif daripada bule.

Segala hal berusaha diakali, sampai-sampai mobil yang seharusnya sudah jadi besi tua pun masih bisa diakali sehingga tetap dapat dikendarai. Coba perhatikan bule, mobil yang sebenarnya masih bagus dan hanya rusak sedikit, sudah dibuang dan dijadikan besi tua.

Perihal uji coba sistem baru, sepertinya dengan uji coba selama seminggu telah mencukupi dan trading di demo account tidak lagi diteruskan.



Mulai minggu depan, saya akan beralih ke live account dengan menggunakan lot kecil terlebih dahulu selama 1-2 minggu sebagai uji coba dan untuk lebih membiasakan diri. Selanjutnya bila sukses, maka akan digunakan full lot sesuai jumlah modal.

Kelebihan trading di live account dibandingkan demo, bila melakukan kesalahan maka akan ingat selamanya :)

Bagaimanapun juga, penggunaan uang memiliki pengaruh besar ke psikologi maupun ingatan.

Karena hal inilah maka saya segera beralih ke live account (dengan lot kecil), agar kesalahan-kesalahan yang timbul dapat diingat dan dapat segera diperbaiki. Bila hal ini dilakukan terus menerus, tentunya lambat laun entry exit akan lebih sempurna.

Berbeda bila digunakan demo, lebih cenderung ceroboh dan bila melakukan kesalahan pun tidak ingat. Toh bila sampai MC pun tinggal bikin demo baru.

Meskipun demikian, demo account adalah sarana yang lebih hemat untuk melatih diri. Bayangkan bila akurasi masih kacau balau tetapi sudah menggunakan live account, tentunya pelajaran yang didapat akan sangat mahal. Akan tetapi, dengan melihat hasil trading sistem baru pada minggu lalu sudah lebih dari memuaskan, maka akan menjadi lebih baik bila segera beralih ke live account.

Sebelum menjawab pertanyaan nomor 1, terlebih dahulu saya akan bercerita sedikit.

Banyak sekali saya temui, trader masih pemula dan masih awam melakukan trading di GBPUSD dan Gold. Saya sendiri sampai terheran-heran, tetapi setelah ditanya, ternyata rata-rata jawaban mereka dikarenakan GBPUSD dan Gold geraknya kencang dan kalau profit bisa banyak. Mereka malas untuk trading di EURUSD dikarenakan lamban, nunggunya lama Pak, begitulah kata mereka.

Saya hanya tersenyum, percuma saja menceramahi, nanti juga mereka akan paham sendiri kalau salah arah :)

Tujuan kita semua melakukan trading adalah untuk mendapatkan profit.

Oleh karenanya, buat apa digunakan pair yang sulit, kenapa tidak digunakan saja pair yang mudah. Apalagi bila masih pemula, bukan profit yang akan mereka dapat, sudah pasti loss.

GBPUSD memiliki spread lebih tinggi daripada EURUSD, bahkan Gold spreadnya jauh lebih tinggi lagi daripada GBPUSD. Dengan spread tinggi dapat diartikan bahwa stoploss pun harus bernilai tinggi. Artinya resiko modal tergerus menjadi lebih tinggi daripada bila digunakan pair dengan spread rendah.

Selain itu, kenapa tidak fokus dan berusaha di pair yang "jinak" dahulu sampai benar-benar menguasainya. Toh nanti bila sudah dikuasai, barulah beralih di pair yang lebih "ganas" seperti GBPUSD, EURJPY, GBPJPY, Gold, dan Silver.

Trading memerlukan kesabaran. Kebanyakan pemula tidak memiliki pengendalian emosi yang baik, mereka inginnya langsung "action". Berlama-lama menunggu adalah hal yang membosankan bagi mereka.

Trader yang baik adalah mereka yang mampu berperilaku seperti harimau. Sabar menunggu mangsa di balik kegelapan semak-semak, meskipun perlu waktu berjam-jam. Begitu mangsa terlihat dan kondisi sudah dipastikan benar-benar aman, dengan secepat kilat diterkam.

Segala hal di dunia ini memerlukan kesabaran bila ingin sukses.

Pair EU dan AU memang lamban dan geraknya tidak selebar GU atau yang lainnya. Meskipun demikian, profit tetap saja dapat dihasilkan. Toh mendapatkan 30 - 50 pip tiap hari sudah lebih dari cukup. Jadi, buat apa menggunakan pair yang sulit, gunakan saja yang mudah.

Biasanya saya hanya melakukan trading di EURUSD dan AUDUSD. Pair ini termasuk jinak dan spreadnya rendah. Akan tetapi pada minggu lalu, EU yang biasanya memiliki spread tidak jauh dari AU, ternyata mengalami sedikit kenaikan. AU tetap bertahan di spread 1,4 - 2 pip tetapi EU entah kenapa menjadi meningkat di 2 - 2,5 pip.

Oleh karenanya saya pilih saja AU untuk entry dan kebetulan tiap kali dilakukan entry EU memiliki spread lebih tinggi. Akhirnya dalam uji coba tersebut seluruhnya menjadi pair AU :)

Demikian Pak Hadi, untuk jawaban pertanyaan nomor 1.

Perihal waktu trading pada pertanyaan nomor 2, jawabannya tergantung situasi :)

Maklum saja, saya masih bekerja kantoran. Bila sedang tidak banyak pekerjaan dan ternyata formasi candlestick menunjukkan saat tepat untuk entry, ya saya lakukan saja entry. Tetapi andaikan saja saya tidak bekerja dan dapat sepenuhnya duduk di depan monitor, tentunya entry exit akan lebih banyak lagi. Pada hari rabu dan kamis, trend bergerak sangat bagus, sayangnya saat saya sampai di depan monitor, sudah tidak dapat melakukan entry dikarenakan terlambat.

Untuk exit kadangkala manual tetapi kadangkala digunakan EA bila dikarenakan kesibukan tidak dapat memantau monitor. Pak Hadi melihat trailing dikarenakan bila kriteria exit terjadi maka EA akan otomatis melakukan trailing 2 pip (jawaban nomor 4). Bila arah trend dirasa sesuai analisa, maka digunakan take profit. Oleh karenanya Pak Hadi juga melihat sebagian exit dilakukan dengan take profit.

Manual trading tidaklah seperti trading yang dilakukan oleh EA. Trading dengan EA hasilnya lebih mudah dibaca dan dikira-kira dikarenakan trading dilakukan berdasarkan pola sama yang tertanam di logic EA. Akan tetapi kalau trading manual, hasilnya "gado-gado" dan lebih sulit dibaca dikarenakan tidak berdasarkan pola yang sama, tetapi tergantung pada kondisi market saat itu.

Disinilah letak perbedaan dengan EA, manual trading lebih mampu beradaptasi dengan kondisi market seperti apapun sedangkan EA tidak.

Perihal SL 20 pip, sebenarnya hal ini adalah sebuah kesalahan. SL yang optimal seharusnya maksimal hanya 15 pip. Akan tetapi dikarenakan masih belum terbiasa dengan system ini, saat terjadi salah entry, SL saya lebarkan sedikit menjadi 20 pip dengan harapan candle akan berbalik arah. Eh, ternyata salah beneran dan akibatnya SL 20 pip terpicu :(

Time frame yang digunakan adalah M15.

Di M15 gelombang trend lebih mudah terbaca. Sedangkan bila digunakan M5, cenderung menyesatkan dikarenakan masih banyak sinyal palsu. H1 pun tidak digunakan dikarenakan terlambat untuk melakukan entry agar SL 15 pip tidak terpicu. H1 memerlukan SL yang sedikit lebih besar daripada M15.

Saya lebih menyukai menaiki gelombang M15, bila dirasa gelombang akan berbalik maka segera exit. Oleh karenanya, kadang kala exit dilakukan dengan nilai pip kecil dikarenakan entry terlambat dan harus segera exit bila ingin tetap selamat. Tetapi bila dirasa trend bergerak kencang dan hanya melakukan retrace kecil, maka saya biarkan saja sampai maksimal.

Strategi yang digunakan adalah trend follower. Trend bergerak seperti gelombang, entry hanya dilakukan bila gelombang sesuai arah trend. Tetapi kadang kala entry juga dilakukan di retrace bila dirasa retrace yang terjadi cukup dalam.

Sehingga seperti yang telah dijelaskan diatas, manual trading lebih cenderung "gado-gado" :)

Bagi yang penasaran perihal indikator, saya menggunakan stochastic 9,3,3 sebagai indikator utama penentu entry exit. Silahkan dicoba sendiri dan hasilnya pasti loss :)

Nah, kalau sudah loss, kemudian menyalahkan dengan mengatakan saya telah berbohong dan menyesatkan :)

Padahal tidak, memang benar yang digunakan adalah stochastic 9,3,3. Tetapi untuk dapat melakukan trading dengan baik selain diperlukan pemahaman perilaku indikator, juga diperlukan pemahaman formasi candlestick, analisa karakteristik trend, dan berbagai hal lainnya.

Tidak bisa hanya berpatokan pada stochastic saja, perlu pengalaman agar dapat diperoleh pemahaman yang baik.

Sekali lagi, tidak ada indikator "sakti", yang "sakti" adalah tradernya.

Strategi yang digunakan indrafx adalah flat/ranging trading. Trading dilakukan saat kondisi market sepi dimana candle bergerak naik turun di tempat yang sama. Bila candle di bawah maka yang dilakukan adalah entry buy, sedangkan bila candle berada diatas maka dilakukan sell.

Bila Pak Hadi perhatikan detil history statement indrafx, akan terlihat penyebab indrafx berhenti trading setelah 7 jam. Indrafx berhenti trading bukan dikarenakan profitnya sudah mencapai 13 juta, tetapi dikarenakan stoploss-nya terpicu.

Dengan stoploss terpicu, artinya market tidak lagi flat tetapi mulai bergerak trending. Hal inilah yang menyebabkan indrafx berhenti trading dikarenakan kondisi market sudah tidak memungkinkan. Bila pada saat tersebut kondisi market tetap flat dan stoploss tidak terpicu, indrafx sudah pasti akan terus melakukan trading dan tidak terbayang berapa jumlah profit yang dihasilkan :)

Perihal money management, dikarenakan yang digunakan hanyalah demo account, maka dimaksimalkan sampai free margin mencapai sekitar 200%. Dengan penggunaan SL 15 pip, modal akan tetap mencukupi dikarenakan tidak akan banyak menahan floating loss. Hanya saja, entry harus dipertimbangkan matang-matang sebelum dilakukan. Meskipun SL hanya 15 pip, tetapi dengan penggunaan lot besar maka bila SL terpicu akan menggerus modal dengan nilai yang cukup besar.

Entry tidak dilakukan sekaligus dalam jumlah besar. Seperti diketahui, candle selalu bergerak naik turun. Lebih menguntungkan bila entry dilakukan hanya 1 lot sebanyak 5 kali di harga berlainan daripada sekaligus 5 lot. Bila modal makin bertambah, maka lot pun juga ditambah tetapi tetap menggunakan strategi yang sama yaitu dengan lot kecil dan tidak sekaligus besar.

Demikian Pak Hadi, semoga dapat mencerahkan.




teknik pak ary kok agak mirip king scalper ini ya :

http://www.carigold.com/portal/forums/showthread.php?t=135019

no indi , chart candle only , TF 15 ,TP 15 SL 15 ,akurasi 70 - 80%

dan ada yg coba buat EAnya juga ,gak tau sukses atau gak,perlu dicompile dulu tuh soalnya pak

http://www.carigold.com/portal/forums/showthread.php?t=139786

kebetulan aja mirip ya pak? hehe

ok lah pak saya ,saya ucapkan terimakasih telah berbagi kepada kami semua pembaca blog setianya pak ary

btw rating blog naik gak pak belakangan ini? tulisannya dan hasil tradingnya saya yakin menginspirasi banyak orang.


selamat berlibur pak :)

Salam,
Hadi

12 komentar:

  1. Setelah membaca ulasan diatas saya mau menanyakan sesuatu pak, apa bedanya trading balance dan hedging??? terus apakah di broker ECN/STP terutama gomarkets boleh melakukan trading balance/hedging ??? mohon jawabannya.....trims

    BalasHapus
  2. Hedging = buy dan sell di satu account

    Trading Balance = buy di beberapa account + sell di beberapa account lain + welcome bonus + rebate

    GoMarkets memperkenankan hedging, tetapi tidak memberikan welcome bonus dan rebate sehingga strategi trading balance tidak akan dapat digunakan.

    Strategi ini hanya cocok digunakan di broker market maker yang memberikan welcome bonus dan rebate sebagai upaya menarik klien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misalnya Pak,Buy GU dan Sell GU sekaligus dalam satu account adalah hedging.Dan ini adalah pd satu pair saja yaitu GU.Lalu,ditambahkan satu pair lagi misalnya EU dgn Buy EU dan Sell EU.Menurut sepengetahuan Bapak apakah ada broker yg melarang gaya trading seperti ini?Tks

      Hapus
  3. Jangan lupa Pak, biar kami menyaksikan trading bapak di Myfxbook.com, agar kami juga termotivasi dengan hasil Bapak.

    Yulianto

    BalasHapus
  4. Barusan sy gunakan indi Bp sama Tf.pair,Mantap.Sy cuma ambil eur 25 pip sama aud 15 pip sudah reached.Mantap.Tx Pak Ary petunjuknya.Farrel

    BalasHapus
  5. wah indinya apa nih pak? kok gak bagi2.. :lol:, oh iya pak ary, kapan nih di tulis tentang strategy yg lebih fokus untuk menentukan entry dan exit diberbagai kondisi market (terlebih market saat ini)

    salam
    kandar

    BalasHapus
  6. Pak Kandar, coba tanya Pak Farrel saja :)

    BalasHapus
  7. Hari ini sy juga mencoba indinya Pak Ary, sy gunakan jg RSI dan SMA 5, 10, dg lot size 1, sy OP buy 2 kali menghasilkan profit $ 198 dan $ 105 di pair AU. Mudah-mudahan sy bs memahami karakter Stochastic lebih dalam

    BalasHapus
  8. wah pak mahadi juga dapet tuh... @pak farrel, baca komentnya pak ary kan?, menunggu yang berbaik hati aja, email : diduk2203@gmail.com *ngemis.com*

    BalasHapus
  9. Waktu itu sy kagum sama hasil manual Pak Ary yg fenomenal sy tanya time frame dan indikator yg beliau gunakan,sy coba tapi tidak ambil Tp 30-50pip seperti Pak Ary,sy ambil 15 pip untuk AUD/USD,dan 25pip untuk EUR/USD ternyata Hijau semua.Mantap.Ditulisan beliau bilang pakai Time frame 15 dan Indikator only stochastic 933 dan ternyata memang MANTAP!!Tx.Pak Ary sy banyak belajar tulisan BP yg sangat bermakna.Sampai saat ini masih PROFIT PROFIT.Salam Profit dari FARREL

    BalasHapus
  10. mohon maaf pak farrel dan pak ary, stochastic 933 ya.. terus kapan saat op..? apkah saat terjadi cross..? kok sepertinya terlalu rapat ya pak..? susah menurut saya..

    bagaimana dengan mfi 4 pak.. cmiiw

    salam
    kandar

    BalasHapus
  11. Pak Kandar, trading adalah personal. Gunakan cara yang menurut Pak Kandar mudah.

    Kalau menggunakan stochastic 9,3,3 diarasa sulit, ya tinggalkan saja dan gunakan cara lain.

    Selain itu, tidak ada indikator yang sakti dikarenakan dalam trading yang dilihat tidak hanya sekedar indikator. Perlu pengalaman sehingga paham betul arah tend menuju kemana.

    Pak Farrel dapat menerapkan dengan baik karena beliau sudah 6 tahun melakukan trading forex. Demikian pula Pak Mahadi.

    BalasHapus