Minggu, 20 November 2011

Scalping Exercise

Selamat pagi Pak Ary,

Berdasarkan jawaban Pak Ary terhadap pertanyaan saya yang dimuat dengan judul perfectness, saya jadi kepikiran untuk membuat rencana latihan untuk strategi scalping saya agar lebih teratur dan ada tujuan yang spesifik, yaitu sebagai berikut :

1. Minggu ke I : Open position, set SL 5 pip, dan close position pada profit 1 pip, lakukan 5x/hari. Apabila salah satu OP terkena SL, maka diulangi dari hari pertama.
2. Minggu ke II : Open position, set SL 8 pip, dan close position pada profit 3 pip, lakukan 5x/hari. Apabila salah satu OP terkena SL, maka diulangi dari hari pertama.
3. Minggu ke III : Open position, set SL 10 pip, dan close position pada profit 5 pip, lakukan 5x/hari. Apabila salah satu OP terkena SL, maka diulangi dari hari pertama.
4. Minggu ke IV : Open position, set SL 13 pip, dan close position pada profit 8 pip, lakukan 5x/hari. Apabila salah satu OP terkena SL, maka diulangi dari hari pertama.
5. Minggu ke V : Open position, set SL 15 pip, dan close position pada profit 10 pip, lakukan 5x/hari. Apabila salah satu OP terkena SL, maka diulangi dari hari pertama.

Begitulah rencana latihan scalping saya pak, maksud dari rencana tersebut pun agar saya terlatih dan mengetahui situasi dan kondisi market seperti apa yang memungkinkan untuk mencapai target profit yang saya inginkan berdasarkan informasi yang diberikan oleh candlestick, pattern, trend line, dan moving average.

Oleh karena itu, saya minta tolong bagaimana pendapat Pak Ary perihal rencana latihan scalping tersebut, apakah ada hal2 yang perlu ditambahkan atau dikoreksi.

Atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih banyak.

Salam,
Irfansyah




Pak Irfansyah,

Perlu dipahami bahwa prinsip dasar trading adalah bagaimana caranya memperoleh profit maksimal tetapi dengan menggunakan resiko minimal.

Rencana latihan trading yang dibuat oleh Pak Irfansyah tidak memenuhi prinsip tersebut. Meskipun lama kelamaan TP makin tinggi, tetapi SL pun juga semakin melebar. Artinya semakin lama Pak Irfansyah melakukan latihan trading maka resiko yang harus ditanggung pun semakin tinggi. Hasil akhirnya akan sia-sia belaka dikarenakan tidak memenuhi prinsip diatas.

Selain itu, terlalu singkat bila penggunaan rentang waktu untuk menghafalkan 1 tahapan hanya seminggu. Trading bukanlah hal mudah, gunakan waktu minimal sebulan untuk 1 tahapan, sehingga akan menjadikan lebih paham dan lebih hafal. Bila nantinya telah hafal betul barulah pindah ke tahap selanjutnya.

Akan tetapi, bila pada tahap selanjutnya ternyata hasilnya justru buruk, maka turunkan lagi ke tahapan sebelumnya. Hasil buruk menandakan bahwa terdapat sesuatu yang salah yaitu penguasaan pada tahapan sebelumnya belum sepenuhnya dipahami dan dikuasai.

Dengan menggunakan prinsip dasar trading diatas, maka jadwal latihan yang benar adalah sebagai berikut:

1. Bulan ke I : Open position, set SL 25 pip, dan close position pada profit 5 pip
2. Bulan ke II : Open position, set SL 20 pip, dan close position pada profit 10 pip
3. Bulan ke III : Open position, set SL 15 pip, dan close position pada profit 15 pip
4. Bulan ke IV : Open position, set SL 10 pip, dan close position pada profit 20 pip
5. Bulan ke V : Open position, set SL 10 pip, dan close position pada profit 25 pip

Terlihat pada jadwal diatas bahwa lama kelamaan resiko menjadi semakin mengecil, akan tetapi perolehan profit semakin meningkat. Dengan cara ini maka prinsip dasar trading akan terpenuhi dan bila Pak Irfansyah tekun berlatih melakukannya maka lama kelamaan akan menjadi trader professional.

Trader professional bukanlah seseorang yang memiliki akurasi 100% dan selalu memperoleh profit fantastis. Definisi yang benar adalah seseorang yang mampu konsisten profit dengan menggunakan resiko seminimal mungkin tetapi mampu memberikan hasil maksimal. Dengan definisi ini maka tidaklah masalah bila akurasi tidak 100%, yang penting adalah konsisten profit dan resikonya minimal.

SL 10 pip adalah yang paling optimal. Perlu diingat bahwa harga harus memiliki ruang gerak yang cukup agar menghasilkan profit. Menggunakan SL yang terlalu sempit akan menghancurkan akurasi karena akan lebih sering mengalami loss padahal arah entry sudah benar.

Oleh karenanya pada jadwal diatas, SL maksimal adalah 10 pip. Yang selanjutnya ditingkatkan adalah nilai TP-nya dan bukan SL-nya yang makin diperlebar.

Demikian Pak Irfansyah, semoga dapat mencerahkan

1 komentar:

  1. ok deh Pak Ary,
    terima kasih banyak atas koreksinya. Minggu depan saya akan praktekan, dan nanti saya lampirkan statistiknya di mt4live.

    BalasHapus